Wisata Desa Budaya Pampang Samarinda Kalimantan Timur

by Ahmad Wafa Aminudin , at 7:00 PM
Wisata Desa Budaya Pampang Samarinda Kalimantan Timur - Desa Pampang merupakan sebuah desa budaya yang terletak di Sungai Siring, Kota Samarinda, Propinsi Kalimantan Timur yang merupakan objek wisata andalan dari kota Samarinda. Sejarah dari desa Pampang ini bermula dari Sekitar tahun 1960-an, Pada waktu itu Suku Dayak Apokayan dan Kenyah berdomisil di wilayah Kutai Barat dan Malinau, yang kemudian hijrah karena tidak mau bergabung atau tidak ingin ikut ke dalam wilayah Malaysia dengan motif dan harapan taraf pendapatan atau ekonomi yang menjanjikan. Rasa nasionalisme mereka inilah yang kemudian membuat mereka memilih tinggal dan tetap bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian Mereka menempuh perjalanan panjang dan berpindah-pindah selama bertahun-tahun, hanya dengan berjalan menggunakan kedua kaki. Untuk bertahan hidup, mereka singgah di tempat-tempat yang di lewatinya dan kemudian berladang. Kehidupan mereka terus saja berpindah-pindah untuk berladang. Sehingga akhirnya mereka sampai di kawasan Pampang. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk hidup di Desa Pampang dan melakukan berbagai kegiatan masyarakat, seperti bergotong-royong, merayakan natal, dan panen raya bersama-sama.
Desa Budaya Pampang
Desa Budaya Pampang
Image Credit : Wisatanews.com
Desa Pampang kemudian diresmikan sebagai desa budaya pada bulan Juni tahun 1991 oleh Gubernur Kalimantan Timur HM Ardans. Karena Pemerintah merasa sangat antusias dengan desa budaya ini yang memiliki kegiatan positif dan bisa menjadi aset wisata unggulan baik di tingkat wisata lokal bahkan sampai menuju ke mancanegara.
Setiap tahunnya, di desa Pampang digelar acara untuk memperingati hari ulang tahun, yang disebut dengan nama Pelas Tahun.
Satu lagi ritual yang hingga kini masih tetap dilestarikan adalah upacara Junan. Upacara Junan merupakan tradisi yang sudah berumur ratusan tahun, namun hingga sekarang masih tetap dilaksanakan. Junan adalah ritual yang mengambil gula dari batang tebu dengan cara diperas menggunakan kayu ulin.

Melewati desa ini, pemerintah berharap desa ini bisa terus untuk memelihara dan melestarikan adat istiadat dan kebudayaan masyarakat Dayak. Desa Budaya Pampang, kini sering dikunjungi oleh tamu-tamu VIP yang datang menuju Kalimantan Timur baik itu turis lokal dan turis dari mancanegara.
Turis dan para pengunjung yang merasa penasaran ingin melihat langsung eksotisme budaya desa Pampang, adat istiadat dan sosok masyarakat Dayak, yang memang sudah terkenal di dunia.
Selain itu, pemerintah juga mendukung agar warga Masyarakat Dayak yang menghuni Desa Pampang untuk bisa mengembangkan potensi-potensi lainnya, contohnya membuat cindera mata seperti manik-manik dan sejenisnya.
Desa Budaya Pampang Samarinda
Desa Budaya Pampang Samarinda
Image credit : farm3.static.flickr.com

Jika Anda sering bepergian ke Samarinda, Kalimantan Timur. Mungkin pernah berkunjung ke Desa Budaya Pampang, sekalipun anda belum pernah mengunjunginya meski sering ke Kota Samarinda.
Desa Budaya Pampang terletak sekitar 20 km dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Desa ini ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya yang memperlihatkan kesenian serta kebudayaan  oleh Pemerintah Daerah, dan menjadi tempat tinggal masyarakat suku Dayak Kenyah.
Ketika Anda berkunjung ke kawasan tersebut, Anda akan menemukan kuatnya tradisi dan nilai-nalai yang di pegang oleh masyarakatnya.

Beragam kegiatan yang selalu menjadi agenda aktivitas masyarakat Desa Budaya pampang ini, Setiap Minggu, masyarakat Dayak Kenyah di Desa Pampang selalu menggelar pertunjukan budayaseperti Kancet Lasan, Kancet Punan, Kancet Nyelama Sakai, Enggang Terbang, Manyam Tali, dan masih banyak lagi.
Biasanya lokasi pertunjukan tersebut dilaksanakan di bangunan Lamin Adat "rumah adat suku Dayak", Bangunan Lamin yang megah dan penuh dengan ukiran-ukiran khas Dayak akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin datang untuk berkunjung.

Untuk Anda yang mungkin berniat mengunjungi Desa Budaya Pampang, Anda dapat berangkat dari Kota Samarinda atau Kota Bontang. Dari Samarinda, perjalanan ke desa ini dapat ditempuh sekitar 40 menit.
Sedangkan dari Bontang, Anda akan memerlukan waktu lebih banyak, kurang lebih 2 jam perjalanan melewati jalan raya Samarinda-Bontang.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Wisata Desa Budaya Pampang Samarinda Kalimantan Timur - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 7:00 PM, categorized as Kalimantan , Kalimantan Timur , Wisata Samarinda
Comment disabled