Wisata Kapal Apung Lampulo Banda Aceh

by Ahmad Wafa Aminudin , at 11:56 AM
Wisata Kapal Apung Lampulo - masih dipertahankan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengenang Musibah besar Tsunami yang pernah melanda Kota Banda Aceh. Merupakan Sebuah kapal yang terbawa Gelombang Tsunami dan terdampar di perumahan penduduk di kawasan Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam. Kapal Lampulo adalah kapal nelayan yang sering digunakan oleh masyarakat Lampulo di Banda Aceh untuk melaut. Tetapi sebuah tragedi besar di Aceh pada tahun 2004 silam, membuat kapal ini jadi memiliki keunikkan tersendiri yang kini menjadi salah satu objek wisata bersejarah di Banda Aceh.

Monumen ini tercipta karena bencana alam tsnami pada bulan Desember tahun 2004, yang terletak di Kampung Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Pada Kota Banda Aceh.
Kapal ini hanya salah satu dari dari kapal-kapal yang terdampar sampai kedaratan pada saat terjadi bencana  alam Tsunami beberapa waktu lalu. Sampai saat ini keberadaan kapal ini tetap dipertahankan sebagai obyek wisata untuk mengenang akan peristiwa Tsunami tersebut, dan dijadikan salah satu situs untuk Peringatan Tsunami.

Kapal apung Lampulo yang terdampar terletak tidak jauh dari pelabuhan perikanan, sekitar 1 Kilometer dari dermaga, untuk menuju ke lokasi ini para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan becak bermotor.

Tidak ada angkutan umum yang melintasi daerah ini. Jika ingin menggunakan becak motor, dapat mencarinya di terminal bus atau di pasar Aceh yang berada di pusat kota. Dengan tarif sekitar Rp 20.000,- maka pengunjung akan diantar langsung menuju situs kapal apung Lampulo ini dengan menggunakan becak bermotor.

Alternatif lainnya dapat menggunakan atau menyewa taksi dari bandara. Taksi di bandara ini memiliki jenis seperti mobil avanza atau APV. Dengan tarif yang ditawarkan sekitar Rp 400.000,- dalam waktu kurang lebih 10 jam dan itu sudah termasuk mobil,sopir dan bensin. Sopir taksi akan membawa anda langsung menuju ke lokasi kapal apung Lampulo ini dan akan mengantarkan anda menuju ke tempat lain sesuai kehendak anda.
Wisata Kapal Apung Lampulo Banda Aceh
Kapal Apung Lampulo
Tips berkunjung
1.Sebelum menggunakan becak bermotor, bertanyalah terlebih dahulu berapa ongkos yang harus anda bayar.
2.Jika anda menyewa mobil,pastikan anda sudah tau objek wisata yang akan dikunjungi,karena sewa mobil disini hanya berlaku untuk waktu 10 jam/hari. Jangan menyiakan waktu anda di dalam mobil hanya untuk mencari-cari objek wisata yang ada.
3.Bawalah topi atau penutup kepala lainnya,karena cuaca di Banda Aceh cukup panas, atau anda bisa menyiapkan sunblock.
4.Jika ingin Berkunjung lebih baik datanglah kesini pada pagi atau sore hari karena cuaca akan lebih bersahabat.

Kalau ada ajaklah teman teman anda untuk menuju ke lokasi ini, agar perjalanan anda jadi lebih terasa ramai, mengasikkan dan begitu menyenangkan. Dalam perjalanan wisata anda ke Banda Aceh akan belum lengkap sebelum berkunjung ke monumen kapal apung Lampulo ini. Dan selamat Liburan.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Wisata Kapal Apung Lampulo Banda Aceh - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 11:56 AM, categorized as Sumatera , Wisata Aceh
Comment disabled