Tempat Wisata Bali - Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan

by Ahmad Wafa Aminudin , at 12:48 PM
Tempat Wisata Bali - Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan - Beraban merupakan salah satu desa yang terletak di kawasan kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Bali, Indonesia. Pada tahun 2001, desa Beraban yang berjarak sekitar 24 km dari Kota Tabanan ini telah dinyatakan sebagai desa wisata yang ditandai dengan penandatanganan sebuah prasasti oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia I Gede Ardika.

Desa wisata Beraban ini mempunyai potensi yang besar dalam bidang agrowisata. Desa Beraban dapat ditempuh dengan jarak sekitar 55 km dari Bandara Udara Ngurah Rai, sekitar 1,5 jam waktu perjalan menggunakan mobil. Lokasi Desa Beraban juga sangat strategis terletak di dekat Jalan Raya Tanah Lot , sehingga membuat desa wisata di Kota Tabanan ini sudah cukup dikenal dalam dunia pariwisata. Jika Anda tidak mempunyai sebuah kendaraaan untuk berkujung menuju desa wisata ini, maka Anda dapat menyewa sepeda motor ataupun mobil yang ada di rental kendaraan yang sudah begitu banyak terdapat di Pulau Bali. Biasanya harga untuk menyewa sebuah kendaraan adalah sebesar Rp 175.000,- untuk mobil dan Rp 50.000,- untuk sepeda motor.
Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Image Credit : www.amazinghomesandproperties.com
Desa Wisata Beraban ini terdiri dari 15 banjar adat dan kurang lebih dihuni 1.700 kepala keluarga. Seperti umumnya,  Masyarakat Desa Wisata Beraban menjunjung tinggi konsep Tri Hita Karana (Hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya). Sama seperti di desa yang lain di Tabanan pada umumnya, sebagian besar dari penduduk yang ada di Desa wisata Beraban berprofesi sebagai seorang petani. Desa wisata yang terletak di Tabanan ini juga pernah manjadi duta kabupaten dalam lomba desa pekraman pada seluruh pulau Bali. Desa ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap stok beras yang ada di pulau Bali karena Desa wisata Beraban memiliki kawasan sawah yang cukup luas.
Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Image Credit : www.amazinghomesandproperties.com
Di Desa Beraban juga terdapat sebuah suangai besar yang bermuara sampai ke Samudera Hindia, sungai tersebut bernama Sungai Payung (Tukad Payung). Arus yang ada di Sungai Payung ini cukup deras dan juga terdapat banyak jeram-jeram yang bagus, sehingga sungai ini cocok untuk para wisatawan yang menggemari olahraga rafting, dan untuk para penggermar bangunan berarsitekur Bali, adalah sebuah pilihan yang tepat jika anda berkunjung menuju Desa Wisata Beraban. Di desa ini anda dapat melihat keindahan arsitekur dari rumah penduduk asli yang masih sangat kental dengan berbagai ukiran yang ada di gapura pintu masuknya.
Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Image Credit : yukpegi.com
Dari desa ini berjalan terus menuju arah barat, anda akan menemukan sebuah objek wisata yang sudah tidak asing lagi, yaitu Pura Tanah Lot. Pura ini adalah sebuah bangunan suci dari umat Hindu yang terletak di atas batu karang. Pantai Tanah Lot akan menjadi sangat ramai dikunjungi ketika hari-hari besar umat Hindu seperti Galungan, Kuningan, Tumpek Landep, dan Purnama. Untuk anda yang gemar dengan wisata bahari, maka anda bisa melanjutkan perjalanan menuju salah satu pantai yang ada di desa wisata kota Tabanan ini, yaitu Pantai Beraban. Pantai Beraban mempunyai pasir hitam dan ombak yang bagus dapat di jadikan selingan sewaktu anda sedang lelah.
Villa di Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan
Image Credit : baliaccommodation.com
Untuk para wisatawan, jika anda ingin bermalam di Desa Wisata Beraban, ada banyak sekali hotel ataupun penginapan kecil yang sudah tersedia sebagai tempat untuk beristirahat. Jika anda Ingin mencari tempat untuk berbelanja makanan atau barang unik untuk dijadikan cindera mata, maka anda dapat berkunjung menuju pasar adat desa setempat.

Hotel Murah di Bali
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Tempat Wisata Bali - Beraban, Selemadeg Timur, Tabanan - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 12:48 PM, categorized as Desa Budaya Bali , Pantai Bali , Wisata Alam Bali , Wisata Bali
Comment disabled