Objek Wisata Medan - Menara Air yang merupakan ikon kota Medan

Advertisement.
Objek Wisata Medan - Menara Air yang merupakan ikon kota Medan - Menara air Medan yang bernama Tirtanadi ini dahulu menjadi bangunan untuk menandakan kota Medan. Inilah ikon dari kota Medan yang sebenarnya. Tidak hanya sebagai landmark saja, akan tetapi juga Menara Air ini sangat berguna untuk mengalirkan air bersih ke seluruh pelosok kota Medan. Seiring dengan Perkembangan jaman dan Pertumbuhan kota yang semakin membutuhkan pasokan air lebih banyak sudah pasti tidak mungkin lagi dilayani menara air yang masih berdiri dengan megah di kota Medan ini. Sekarang menara air ini sudah bukan menjadi landmark kota Medan lagi karena sudah mulai terhimpit bangunan tanpa cita rasa dan tanpa tertata di sekelilingnya. Dan kemacetan parah disekitarnya.
Menara Air Tirtandi Medan
Menara Air Tirtandi Medan
Menara ini adalah peninggalan sejarah pemerintahan kolonial Belanda dengan Nomor Bangunan No. 3D-036 dan tahun penyelesaian 1908. Klo gak salah dibangun mulai tahun 1896 mendahului perusahaan-nya yang dibentuk kemudian. Nama resminya adalah Menara Air di jalan Pandu, kalo dulu cukup dengan Menara Air saja. Namun lebih dikenal sebagai Menara Air Tirtanadi. Alamat resmi Menara Air ini di JL.Sisingamangaraja No.1. Lokasinya pas di persimpangan jalan Sisingamangaraja, Jl. Pandu, Jl. Cirebon, dan Jl. Hj. Ani Idrus.
Menara Air Tirtandi Medan
Menara Air Tirtandi Medan
Menara Air Medan ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi yang didirikan pada tanggal 23 September 1905 dengan nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih yang berkantor pusat di Amsterdam negeri Belanda. Sepertinya akrab tuh dengan istilah 'Leiding', 'Ajer Beresih', hehehe. Dengan dikeluarkannya Peraturan Daerah Sumatera Utara No.11 tahun 1979 perusahaan ini resmi menggunakan nama yang sekarang (Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi) disingkat PDAM Tirtanadi yang berlokasi di Jl.Sisingamangaraja No.1 Medan.

Menara air ini dekat sekali dengan Hotel 'Novotel' Soechi International Medan di Jl. Cirebon 67A, Medan. Cukup jalan kaki dari hotel ke menara air ini. Bahkan dari depan hotel kita sudah dapat melihat menara air ini.

Reffensi : jalanjalandiindonesia blog

Subscribe to receive free email updates: