Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Sari

Advertisement.
Tempat Wisata di Yogyakarta - Candi Sari - yoshiewafa - Setelah berjalan dari Candi Gampingan kita akan menuju Candi Sari yang juga merupakan sebuah candi Buddha dan terletak tidak jauh dari Candi Sambi Sari, Candi Kalasan dan Candi Prambanan, tepatnya di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta, dan tidak terlalu jauh dari Bandara Adisucipto.

Candi Sari pertama kali dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada waktu jaman Kerajaan Mataram Kuno dengan memiliki bentuk yang sangat indah. Di Bagian atas Candi Sari ada 9 buah stupa seperti yang tampak pada stupa yang ada di Candi Borobudur, dan tersusun rapi dalam 3 deretan sejajar.
Candi Sari
Candi Sari
Foto Oleh : Wikipedia

Arsitektur bangunan candi dan ukiran relief yang ada pada dinding Candi Sari mirip dengan relief yang ada di Candi Plaosan. Beberapa ruangan bertingkat dua tepat berada di bawah masing-masing stupa, diperkirakan, digunakan untuk tempat meditasi para pendeta Buddha (bhiksu) pada jaman dahulunya. Candi Sari pada jaman dahulu adalah sebuah Vihara Buddha, yang digunakan sebagai tempat untuk belajar dan berguru bagi para bhiksu.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: