Tempat Wisata Yogyakarta - Kraton Ratu Boko

Advertisement.
Tempat Wisata Yogyakarta - Kraton Ratu Boko - Situs Ratu Boko adalah sebuah situs purbakala yang merupakan sebuah kompleks sisa bangunan yang berada sekitar 3 km sebelah selatan kompleks Candi Prambanan, dan sekitar 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km sebelah barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Pulau Jawa, Indonesia. Luas komplek secara keseluruhan sekitar 25 hektar.

Diperkirakan Ratu Boko ini sudah digunakan orang pada abad ke-8 ketika masa Wangsa Sailendra atau Rakai Panangkaran yang berasal dari Kerajaan Medang atau Mataram Hindu. Jika dilihat dari letak pola dari sisa-sisa bangunan, diduga kuat bahwa situs ini adalah bekas kraton atau istana raja. Pendapat ini adalah berdasarkan kenyataan karena kompleks ini bukan candi atau sebuah bangunan yang bersifat religius, melainkan seperti istana yang memiliki benteng dengan bukti adanya sisa dari dinding benteng dan parit kering sebagai sebuah struktur pertahanan. Sisa-sisa dari permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi kawasan situs ini.
Kraton Ratu Boko Jogja
Kraton Ratu Boko Jogja
Foto Oleh : Wikipedia

Nama dari "Ratu Boko" berasal dari legenda kuno masyarakat setempat. Ratu Boko berasal dari Bahasa Jawa, yang artinya harafiah "raja bangau" merupakan ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama sebuah candi utama yang terdapat pada komplek Candi Prambanan.

Situs ini terletak di wilayah Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga terdapat pada ketinggian hampir 200 meter di atas permukaan laut. Situs ini sudah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan sebuah Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Hotel Murah di Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: