Daftar Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

Advertisement.
Daftar Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah - yoshiewafa - Kota Magelang dan Kabupaten Magelang terdapat di Jawa Tengah, wilayah ini memiliki tempat wisata yang menarik dan sudah terkenal sampai ke penjuru dunia karena termasuk dalam salah satu tujuh keajaiban dunia yang terletak di Negara Indonesia. Sebuah situs yang menjadi warisan bersejarah dunia yang terletak di Magelang yaitu Candi Borobudur yang telah populer sejak menjadi salah satu keajaiban dunia pada tahun 1991 yang di tetapkan oleh UNESCO dan termasuk dalam Daftar Peninggalan Sejarah Dunia World Wonder Heritages.

Kota Magelang terletak di tengah kabupaten Magelang. Dahulunya Kota Magelang merupakan ibukota dari Kabupaten Magelang sebelum mendapatkan kebijakan untuk mengurus sendiri sebagai kota baru. Kota Magelang mempunyai letak yang strategis, berada di jalur utama antara Semarang - Yogyakarta. Kota Magelang terletak sekitar 14 km sebelah Utara Kota Mungkid yang menjadi Ibukota dari Kabupaten Magelang sekarang, sekitar 74 km arah selatan Kota Semarang, dan 44 km arah utara Kota Yogyakarta. Tidak jauh dengan kota Surakarta dan Wonosobo.

Selain Candi borobudur yang sudah menjadi favorit banyak orang, di Magelang juga terdapat tempat-tempat wisata menarik lainnya. Berikut ini adalah Daftar nama tempat wisata di Magelang beserta sedikit deskripsinya untuk Anda yang berminat jalan-jalan ke Magelang, dan dapat Anda jadikan salah satu tempat tujuan wisata untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

Tempat wisata di Kota Magelang

Alun-alun Kota Magelang
Alun alun Magelang kota
Alun alun Magelang kota
Alun-alun Kota menjadi pusat Kota Magelang karena lokasinya yang sangat strategis di tengah kota. Banyak sekali kendaraan angkutan kota dengan berbagai jalur melewatinya. Dari alun-alun ini orang dapat menjangkau Pecinan atau Jl. Pemuda. Kawasan Pecinan merupakan salah satu kawasan pusat perdagangan di Kota Magelang, yang sudah ada sejak zaman pemerintah Kolonial Belanda.

Wisata Bukit Tidar Magelang
Bukit Tidar Magelang
Bukit Tidar Magelang
Bukit ini terletak di Bagian Magelang Selatan dan terletak di dalam kompleks Akademi Militer, dan terkenal sebagai Paku pulau jawa, di sini juga terdapat beberapa makam dan petilasan leluhur masyarakat Magelang; salah satunya adalah petilasan penyebar agama Islam di Jawa Tengah yakni petilasan Syekh Subakir dari persia. Bukit Tidar memang tidak terlalu tinggi, tapi pohon-pohonan di sini berfungsi sebagai paru-paru kota sehingga udara Kota Magelang selalu segar,dari sini juga anda dapat menikmati pemandangan Kota Magelang dari atas Tugu Akademi Militer. Letak Bukit Tidar tepatnya di Kelurahan Magersari, kecamatan Magelang Selatan. Untuk mengunjunginya anda bisa melewati dua jalan,yaitu lewat Pasar Burung dan lewat samping Akademi Militer dengan naik angkot jalur 6, 8, 10, dari Terminal Soekarno-Hatta turun di Perempatan Pasar Burung, untuk melalui jalan samping Akademi Militer anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot jalur 2 setelah turun di Shopping Centre. Sekarang telah dibangun jalan pintas menuju bukit tidar tempatnya di belakang terminal lama. http://yoshiewafa.blogspot.com

Wisata GOR Samapta Magelang
Gor Samamta Magelang
Gor Samamta Magelang
GOR (Gedung Olah Raga) Samapta terletak di wilayah Kecamatan Magelang Utara. Saat ini lingkungan sekitarnya, yang dkenal dengan Kawasan GOR Samapta, mulai ditata dan dibenahi karena pada kawasan ini akan dibangun beberapa sarana olah raga, di antaranya adalah: Stadion Madya dengan kapasitas 15.000 penonton, Kolam Renang standar Internasional kapasitas 5.000 penonton, Wisma Atlet, Lapangan Tennis Indoor, serta beberapa sarana olah raga dan rekreasi lainnya. Penataan dan pembenahan mulai dilakukan dengan membuat akses jalan baru yang lebih lebar. Saat ini, akses menuju GOR ini dapat ditempuh melalui 2 akses jalan, yaitu 1) Jl. Kapt. S. Parman melewati Universitas Tidar - selanjutnya ke Jl. Tentara Geni Pelajar (melewati Griya Asri) dan akses ke-2) Jl. Jeruk- RSI - GOR. Pengembangan Kawasan GOR Samapta juga ditujukan untuk menyebarkan keramaian kota agar tidak terkonsentrasi di kawasan pusat kota.

Wisata Taman Panca Arga
Taman Panca Arga
Taman Panca Arga
Sebuah perumahan tempat tinggal para pemimpin dan anggota TNI-AD yang berkantor di AKMIL. Panca Arga berasal dari panca berarti 'lima' dan arga berarti 'gunung'. Dengan kata lain, Panca Arga adalah kawasan yang dikelilingi lima gunung besar seperti Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang saat ini merupakan salah satu gunung yang paling aktif di Pulau Jawa. Gunung Tidar-lah gunung yang terletak di tengahnya. Panca Arga tidak hanya merupakan perumahan TNI-AD. Di sana terdapat sekolahan dan taman rekreasi yang cukup terkenal bernama "Taman Rekreasi Panca Arga". Di taman tersebut bukan hanya terdapat ayunan dan berbagai macam jenis permainan anak saja. Namun terdapat tank-tank peninggalan Belanda dan meriam-meriam yang digunakan saat perang kemerdekaan Indonesia. Dengan begitu, selain sebagai taman bermain anak, taman Panca Arga merupakan salah satu sarana untuk menanamkan jiwa kemerdekaan, nasionalisme dan rasa hormat terhadap para pejuang TNI-AD yang gugur di medan perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Wisata Taman Badaan
Taman Badaan Magelang
Taman Badaan Magelang
Salah satu taman yang ada di Jl. Pahlawan selain Kyai Langgeng yang ada di Kota ini. Taman Badaan lebih terpusat pada rekreasi anak - anak, hal ini dibuktikan dengan banyaknya patung gajah, jerapah dan lainnya yang mengundang minat anak-anak. Di sini terdapat beragam jenis bakso, mulai bakso tenis sampai bakso yang super kecil. http://yoshiewafa.blogspot.com

Wisata Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgeng terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Cempaka. Merupakan satu-satunya taman di Kota Magelang dengan luas seluruhnya meliputi 28 hektar, letaknya sekitar 1 kilometer dari pusat kota ke arah selatan. Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian, patung-patung Dinosaurus dalam ukuran asli, aneka fasilitas permainan, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang. Obyek wisata ini terletak sekitar 19 Kilometer dari Candi Borobudur, 35 kilometer dari Kopeng atau 50 Kilometer dari Candi Pramabanan dan 42 kilometer dari Monumen Jogja Kembali. Di Taman Kyai Langgeng, khususnya pada hari libur anda akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga. Lebih jauh, kunjungi www.taman-kyailanggeng.com di sebelah Taman ini terdapat fasilitas Arung Jeram Progo Asri, dikhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri Sungai Progo. Sepanjang 9 kilometer kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian Sungai Progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya. Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di Sungai Progo. Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain seperti makan, asuransi dan tranportasi kembali ke pos pemberangkatan. http://yoshiewafa.blogspot.com

Pecinan atau Jl. Pemuda dan pusat belanja
Pecinan Magelang
Pecinan Magelang
Jalan Pemuda atau yang lebih dikenal dengan nama Pecinan sering disebut Malioboro-nya Magelang. Pecinan ini merupakan pusat perbelanjaan sekaligus bisnis yang ada di Kota Magelang. Di sisi kiri dan kanan jalan sepanjang 1,5 kilometer ini berdiri banyak toko dan minimarket serta restoran. Pecinan terdiri atas 2 ruas jalan. Ruas pertama adalah ruas jalan untuk kendaraan bermotor yang merupakan ruas jalan satu arah. Sedangkan satunya lagi merupakan jalan khusus untuk becak. Ruas jalan ini dulunya dilalui kereta api yang kini sudah tidak ada lagi di Magelang. Pecinan merupakan landmark Magelang di samping tempat lainnya. Yang jelas di ruas jalan ini tidak ada satupun ruang kosong karena semuanya telah dipadati oleh pertokoan. selain itu sekarang di kota magelang sudah membangun lapangan golf internasional tepatnya jadi pada tahun 2006 yang bernama "Borobudur International Golf".magelang juga memiliki stadion sepak bola "ABU BAKRIN" dan yang masih dalam tahap pembangunan Stadion Madya.

Tempat Wisata di Kabupaten Magelang

Wisata situs Bersejarah di Magelang
  1. Candi Borobudur
  2. Candi Mendut
  3. Candi Pawon
  4. Candi Ngawen
  5. Candi Canggal
  6. Candi Gunungwukir
  7. Candi Selogriyo
  8. Candi Gunungsari
  9. Candi Lumbung
  10. Candi Pendem
  11. Candi Asu
  12. Museum Senirupa Haji Widayat
Wisata Alam di Magelang
  1. Kopeng
  2. Kolam Renang Kalibening-Payaman
  3. Gardu Pandang Ketep Pass
  4. Air terjun Kedung Kayang
  5. Gardu Pandang Babadan
  6. Curug Silawe
  7. Losari Coffee Plantation
  8. pemandian air panas Candi Umbul
  9. Air terjun Sekar Langit
  10. Kali Progo
  11. Kali Elo
Wisata Religi di Magelang
  1. Langgar Agung Pangeran Diponegoro
  2. Makam Kyai Condrogeni
  3. Makam Sunan Geseng
  4. Makam Raden Santri
Sekian ulasan dari yoshiewafa tentang daftar tempat wisata di Magelang yang salah satunya adalah Candi Borobudur yang sudah terkenal di dunia dan menjadi situs warisan dunia.

Subscribe to receive free email updates: