Pantai Parangkusumo di Bantul, Jogja

Advertisement.
Pantai Parangkusumo di Bantul, Jogja - yoshiewafa - Salah satu objek wisata alam yang ada di jogja yang tidak kalah menariknya dengan wisata alam pantai jogja yang lain. Lokasinya di Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 30 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Wisatawan bisa menikmati suasana pantai selatan di Pulau Jawa dengan ombak yang besar. Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah petilasan yang dipercayai sebagai jejak sejarah dari Panembahan Senopati. Pada cerita masyarakat Yogyakarta ada sebuah legenda tentang pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul. Setiap tahunnya, Kraton Yogyakarta menyelenggarakan sebuah upacara labuhan di pantai ini, dan bertepatan dengan peringatan hari kelahiran dari sultan yang berkuasa.

Bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Yogyakarta ataupun Bantul. Pantai ini juga dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki jika Anda dari terminal Parangtritis. Karena Pantai Parangkusumo lokasinya berdampingan dengan Pantai Parangtritis, tersedia banyak akomodasi yang ada di sekitar pantai ini.

Hanya pada waktu-waktu tertentu saja para pengunjung dapat melihat sebuah upacara atau prosesi labuhan, yang biasanya diselenggarakan dan bertepatan dengan hari kelahiran sultan yang berkuasa. Selain itu Anda juga dapat berkendara keliling pantai dengan menggunakan kereta kuda, Anda dapat menikmati setiap sudut pantai dengan menggunakan kereta kuda, dari barat ke timur ataupun sebaliknya. Anda juga akan meletwati Batu Cinta dan dapat menikmati pemandangan alam berupa hempasan ombak yang besar dan desau angin yang semilir. Ongkos untuk sewa kereta kuda dan kusir tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 20.000 untuk satu kali keliling.
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Foto oleh : pantai.org

Hotel murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: