Daftar Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat

Advertisement.
Daftar Tempat Wisata di Cirebon Jawa Barat - yoshiewafa - Daerah kota Cirebon dan Kuningan serta Sekitarnya memiliki potensi wisata alam, kuliner, bersejarah dan lain sebagainya. Wilayah Kabupaten Cirebon dibatasi oleh Kabupaten Indramayu di utara dan di Barat laut Kabupaten Majalengka, arah Selatan Kabupaten Kuningan, serta di bagian Timur Kota Cirebon dan Kabupaten Brebes (Jawa Tengah).

Cirebon terletak di jalur pantura, sebagai salah satu pintu gerbang utama dari propinsi Jawa Barat di bagian timur, yaitu di Kecamatan Losari. Ketika waktu musim mudik telah tiba, jalur ini adalah salah satu yang menjadi jalur pilihan di Indonesia. Di Cirebon juga ada jalan tol Palimanan - Kanci.

Berikut ini merupakan tempat wisata di Cirebon Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia yang dapat Anda jadikan pilihan jika ingin liburan ke wisata Cirebon yang cukup menarik dan dapat Anda jadikan destinasi wisata :

Wana Wisata di Kota Cirebon Jawa Barat

Lapangan GOLF Ciperna

Lapangan GOLF Ciperna
Kawasan lapangan golf ini terletak di tepi jalan raya Cirebon-Kuningan dengan kontur tanah berbukit dan berjarak sekitar 5 km ke arah selatan dari kota Cirebon, berada di ketinggian 200 m di atas permukaan laut.

Daya tarik utama kawasan ini adalah keindahan dari pemandangan kota Cirebon dengan latar belakang laut lepas ke arah utara, sedangkan ke arah selatan ada Gunung Ciremai, suasana yang menarik.

Berdasarkan Perda nomor 25 tahun 1996, kawasan wisata Ciperna ini ditetapkan seluas 300 Ha yang diperuntukkan bagi 5 (lima) ruang kawasan pengembangan antara lain sebagai berikut :
  1. Kawasan wisata Agro Griya. Pembangunan Agro Griya dalam bentuk rumah kebun yang dapat disewakan dengan fasilitas Hotel Bintang.
  2. Kawasan wisata Agro Tirta. Pembangunan Agro Tirta dalam bentuk pembuatan danau buatan yang dilengkapi rekreasi air.
  3. Kawasan Agro Wisata I
  4. Kawasan Agro Wisata II. Agro wisata I dan II diarahkan dalam bentuk pembangunan kawasan perkebunan mangga gedong gincu, srikaya, atau tanaman jenis lainya. Di samping itu membangun track olahraga yang dapat menyesuaikan dengan kontur tanah sekitarnya.
  5. Kawasan Land Mark.
Tempat Wisata Belawa Cirebon

Tempat WIsata Belawa
Lokasi tempat wisata ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Sumber menuju arah timur. Objek wisata ini mempunyai daya tarik dari kura-kura yang memiliki ciri khusus pada punggung dengan nama latin "Aquatic Tortose Ortilia norneensis".

Menyimpan legenda yang menarik tentang keberadaannya di Desa Belawa Kecamatan Sedong. Menurut beberapa penelitian merupakan spesies kura-kura langka dan patut untuk dilindungi keberadaannya. Rencanannya objek wisata ini akan dikembangkan menjadi sebuah kawasan yang lebih lengkap lagi, yaitu taman kura-kura (turle park) atau taman reptilia.

Wisata Situ Sedong Cirebon

Situ Sedong
Terletak di Kecamatan Sedong yang berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Sumber, dengan lahan seluas 62,5 Ha. Selain memiliki panorama alam yang indah, situ ini juga sering disebut dengan nama situ pengasingan yang juga merupakan tempat rekreasi air dan pemancingan.




Wisata Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan
Objek wisata Cirebon ini lokasinya di Kecamatan Palimanan yang jaraknya sekitar 16 km dari Cirebon menuju arah Bandung, merupakan sebuah pemandian air panas yang memiliki kadar belerang dan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Pemandian air panas ini berada di sekitar bukit Gunung Kapur, Gunung Kromong, yang memiliki keistimewaan mata air selalu berpindah pindah.


Objek Wisata Plangon

Objek wisata plangon
Objek wisata plangon lokasinya di Desa Babkan Kecamatan Sumber berjarak kurang lebih sekitar 10 km dari kota Cirebon. Tempat rekreasi yang memiliki panorama alam yang indah ini dihuni oleh sekelompok kera liar. Selain sebagai tempat rekreasi, disini juga terdapat makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan.

Puncak acaranya biasa di waktu ziarah Plangon tanggal 2 syawal, 11 Dzulhijjah, dan 27 Rajab. Untuk pengembangan dari objek wisata ini meliputi lahan sekitar 10 Ha, dan status tanah ini adalah milik Kesultanan. Pengunjung yang datang rata-rata sekitar 58.000 pengunjung/tahun.

Objek Wisata Situ Patok

Situ Patok
Luas Situ Patok sekitar 175 Ha dan terletak di Desa Setu Patok yang berjarak sekitar 6 km dari Kota Cirebon menuju arah Tegal, objek wisata ini selain memiliki panorama alam yang indah juga terdapat sarana rekreasi air serta pemancingan.

Lokasi ini memiliki rpotensi untuk dikembangkan sekitar lahan 7 Ha, dengan status tanah milik negara. Prasarana yang diperlukan adalah pembuatan sebuah dermaga, pengadaan perahu motor, sarana pemancingan, serta pembangunan rumah makan yang artistik. Jalan menuju arah lokasi ini cukup baik dan lebar, aliran listrik sudah tersedia dan saat ini minat pengunjung untuk berkunjung ke wisata ini cukup banyak.

Tempat Rekreasi Cikalahang

Telaga Remis
Kawasan Cikalahang adalah daerah yang masih baru berkembang dengan daya dukung alam. Sasaran para wisatawan pada mulanya adalah objek wisata Telaga Remis yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Kuningan dan terletak di wilayah Kuningan.

Sampai saat ini kawasan Telaga Remis masih dapat menarik para wisatawan yang bisa diandalkan dari segi pendapatan. Jalan untuk menuju objek wisata ini adalah melewati Desa Cikalahang yang lokasinya di wilayah Kabupaten Cirebon, sehingga keberadaannya dapat memberikan keuntungan untuk masyarakat di sekitar usaha lain sebagai sarana pendukung wisata. Di samping itu kawasan Cikalahang sudah berkembang jadi sebuah kawasan yang memiliki daya tarik sendiri yaitu dari usaha restoran/rumah makan ikan bakar.

Dengan banyaknya peminat yang berkunjung, wilayah itu kemudian berkembang pesat menjadi daya tarik wisata makan, sehingga waktu hari-hari libur penuh dikunjungi oleh wisatawan.

Keadaan alam yang menarik dengan sumber air yang berasal dari kaki Gunung Ciremai yang tidak pernah kering, sangat memungkinkan sekali untuk membuka peluang usaha kolam renang yang bersifat alami dengan fasilitas modern serta bumi perkemahan.

Kawasan wisata Cikalahang lokasnya berada sekitar 6 km dari Kota Sumber dan 1 km dari jalan alternatif Cirebon-Majalengka dengan lingkungan alam yang masih asri.

Wanawisata Ciwaringin

MAN Ciwaringin
Hutan wisata di Cirebon dengan menampilkan keindahan alam dan banyak ditumbuhi oleh pohon kayu putih. Menyediakan lokasi bagi para penggemar jalan kaki dan arena motor cross. Di lokasi ini juga terdapat Danau Ciranca bagi penggemar memancing. Berlokasi di Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin, 17 km dari Kota Sumber.



Tempat Wisata Religi / Ziarah di Cirebon
  1. Makam Sunan Gunung Jati
  2. Situs Batu Tulis huludayeuh
  3. Petilasan Cimandung
  4. Situs Pasanggrahan Balong Biru
  5. Balong Keramat Tuk
  6. Makam keramat Megu
  7. Situs Lawang Gede
  8. Makam Nyi Mas Gandasari
  9. Makam Syekh Magelung Sakti
  10. Makam Talun
  11. Makam Buyut Trusmi
  12. Makam P. Jakatawa dan Syeh Bentong
Tempat Wisata Religi, Keraton dan Lain-Lain di Cirebon
  1. Kaprabonan
  2. Keraton Kasepuhan
  3. Mesjid Agung Sang Cipta Rasa
  4. Keraton Kanoman
  5. Keraton Kacirebonan
  6. Goa Sunyaragi
  7. Kelenteng Talang
  8. Kelenteng Welas Asih
  9. Masjid Merah Panjunan
  10. Patilasan Pangeran Drajat
  11. Pendopo Kabupaten Cirebon
  12. Balai Kota Cirebon
  13. Dalem Agung Pakungwati
  14. Gedung PT. British American Tobaccos (P.T B.A.T)
  15. Gedung Karesidenan Cirebon
  16. Patilasan Sunan Kalijaga
  17. Bank Indonesia Cabang Cirebon
  18. Situs Pasanggrahan Balong Biru
  19. Pasir Paniis
  20. Situs Pejambon
  21. Prasasti Huludayeuh
  22. Makam Gunung Sembung
  23. Kompleks Buyut Trusmi
  24. Vihara Budidharma
  25. Makam Nyi Mas Ratu Gandasari
  26. Keraton Gebang
  27. Talun (Cirebon Girang)
  28. Makam Keramat Syekh Magelung
  29. Klenteng Dharma Rakita
  30. Klenteng Dharma Sukma
  31. Taman Wisata Siwalk
Demikian info tempat rekreasi di Cirebon yang yoshiewafa sadur dari berbagai sumber dari google.com dengan sumber utama id.wikipedia.org. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi tempat wisata Cirebon dan Selamat Liburan!! ^_^.

Subscribe to receive free email updates: