Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung

by Ahmad Wafa Aminudin , at 3:14 PM
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung - yoshiewafa - Salah satu Gunung yang menjadi objek wisata alam andalan di Bandung dan termasuk dalam kategori wisata Bandung yang banyak diminati para wisatawan baik itu lokal maupun asing ini juga tidak kalah menariknya dari Gunung Patuha Kawah Putih Ciwidey.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu sudah tersohor sampai ke seluruh pelosok penjuru Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Salah satu tempat wisata menarik di Bandung ini dapat memberikan Anda pengalaman yang luar biasa, karena Anda dapat melihat aktifitas dari Gunung Berapi yang masih aktif secara langsung dengan jarak yang sangat dekat sekali.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang lokasinya di Bandung, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Jaraknya sekitar 30 km menuju ke arah utara dari Kota Bandung, dengan banyak sekali pohon pinus yang rimbun dan hamparan luas kebun teh yang ada di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter.
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Bentuk dari Gunung Tangkuban Perahu adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur menuju ke barat. Jenis bebatuan yang dikeluarkan dari letusan-letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, dan mineral yang dikeluarkan ialah sulfur belerang, sedangkan mineral yang dikeluarkan ketika gunung sudah mulai tidak aktif adalah uap belerang.

Pengelola Gunung Tangkuban Parahu

Kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini dikelola oleh Perum Perhutanan. Dengan memiliki suhu rata-rata sekitar 17 oC pada waktu siang hari dan 2 oC pada saat malam hari. Gunung Tangkuban Parahu juga memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Legenda Gunung Tangkuban Parahu

Asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu berkaitan erat dengan legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya Sangkuriang jatuh cinta kepada ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya untuk menikahinya, Kemudian Dayang Sumbi mengajukan berbagai syarat agar Sangkuriang membuat perahu dalam waktu semalam. Sewaktu usahanya gagal, Kemudian Sangkuriang pun marah dan menendang perahu tersebut sehingga mendarat dalam keadaan yang terbalik. Perahu inilah yang pada kisahnya membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu.

Aktifitas Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu ini juda termasuk dalam kategori gunung berapi aktif yang statusnya terus diawasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya juga masih menunjukkan tanda tanda dari keaktifan gunung ini. Beberapa tanda aktivitas dari gunung berapi ini ialah munculnya gas belerang serta sumber-sumber air panas yang berada di kaki gunungnya, di antaranya terdapat di kasawan Ciater, Subang.

Akses menuju Lokasi Gunung Tangkuban Parahu

Rute perjalanan untuk dapat mencapai kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban perahu adalah melalui pintu tol Pasteur, yang kemudian dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lalu ke Pasirkaliki - terus Sukajadi - Setiabudi - Lembang kemdian sampai di lokasi Tangkuban Parahu (Gerbang bagian Atas).

Jika Anda keluar dari pintu tol Padalarang (via Cipularang), dapat mengambil arah menuju Cimahi kemudian belok ke arah kiri melewati Jl. Kolonel Masturi, jalan terus saja mengikuti jalan Kolonel Masturi sampai ke ujungnya (lewat daerah kec. Cisarua dan kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat), ketika Anda sudah bertemu dengan pertigaan Jl. Raya Lembang, lanjutkan perjalanan dengan belok kiri dan terus saja mengikuti jalan melalui markas Brimob dll., ketika Anda sudah melewati plang Tahu Tauhid yang berada di sebelah kiri maka tidak jauh lagi sekitar 200 meter akan sampai di Gerbang akses ke wisata kawah Tangkuban Perahu (di kiri jalan).

Waktu yang di butuhkan untuk menuju Gunung Tangkuban Parahu di butuhkan waktu kurang lebih sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor jika Anda dari kota Bandung.

Keindahan Alam Gunung Tangkuban Parahu

Panorama alam di daerah Lembang, kurang lebih sekitar 30 km arah utara kota Bandung, menyajikan keindahan pesona alam yang sungguh mengagumkan. Gunung Tangkuban Perahu ini jika terlihat dari kejauhan akan nampak seperti sebuah perahu yang terbalik, yang konon menurut legendanya diakibatkan oleh kesaktian dari Sangkuriang yang telah gagal meyelesaikan tugasnya.
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung
Pesona alam yang dimiliki gunung Tangkuban Perahu ini sungguh mengagumkan, bahkan, pada waktu cuaca sedang cerah, lekukan tanah yang terdapat pada dinding kawah bisa terlihat dengan jelas, tidak hanya itu saja, dasar dari kawah pun dapat di nikmati keindahannya yang sangat mengagumkan.

Keindahan alam inilah yang membuat Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang andalan dengan kategori wisata alam, khususnya Bandung. Setiap akhir pekan, kawasan Gunung Tangkuban Perahu selalu dipadati oleh para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan panorama alam gunung Tangkuban Perahu. Belum lagi, pada waktu libur panjang, pangunjung yang datang menuju lokasi wisata ini bisa mencapai ribuan wisatawan setiap harinya.

Disadur dari berbagai sumber seperti id.wikipedia.org dan jabarprov.go.id. oleh yoshiewafa.blogspot.com.

Tentang Bandung :

Paket Wisata Bandung
Hotel Murah Bandung
Liburan Sekolah ke Bandung
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Gunung Tangkuban Perahu Wisata Favorite Bandung - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 3:14 PM, categorized as Wisata Bandung
Comment disabled