Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang

by Ahmad Wafa Aminudin , at 1:06 AM
Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang - yoshiewafa - Merupakan salah satu potensi wisata alam yang dimiliki kawasan Malang, tepatnya berada di Desa Pandesari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Propinsi Jawa Timur. Disini hawanya sejuk dan bahkan bisa di katakan dingin untuk Anda yang kurang terbiasa dengan suhu dingin.

Air Terjun Coban Rondo mempunyai ketinggian kurang lebihnya sekitar 84 m dan terdapat di ketinggian 1.135 meter jika dari permukaan air laut. Airnya berasal dari sebuah sumber yang terdapat di Cemoro Dudo, kawasan lereng Gunung Kawi dengan kapasitas air 150 liter tiap detik ketika musim hujan dan sekitar 90 liter tiap detik sewaktu musim kemarau. Curah hujan rata-rata adalah 1.721 mm/th, bulan basah pada bulan November sampai dengan bulan Maret dan untuk bulan kering pada bulan April sampai dengan bulan Oktober dengan suhu rata-rata lebih dari - 22°C.

Sebelum namanya menjadi Coban Rondo, sebenarnya di atasnya lagi terdapat air terjun kembar yang sering disebut dengan nama Coban Manten. Kemudian mengalir ke bawah lagi, air terjun itu menjadi satu dengan Coban Dudo. Uniknya lagi, Coban Dudo tersebut yang mengalir ke bawah lagi sehingga menjadi Coban Rondo. Dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di malang yang cukup populer.
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo
Alamat Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Lokasinya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur.
Koordinat GPS : 7° 53' 5.86" S  112° 28' 38.28" E

Petunjuk Arah Menuju Air Terjun Coban Rondo

Jaraknya sekitar 12 km jika dari Kota Batu atau kurang lebih sekitar 24 km jika dari Kota Malang dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Akses untuk menuju ke air terjun Coban Rondo ini sangatlah mudah karena jalananya sudah memiliki aspal yang baik.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika Anda dari jalan raya menuju arah Batu - Pujon, Malang, setelah melewati tanjakan yang landai dan jalanan yangberkelok-kelok yang terkadang tajam, maka Anda akan sampai di puncak sebuah perbukitan. Terdapat sebuah papan nama yang berukuran besar akan memberikan Anda petunjuk untuk belok menuju ke arah kiri keluar dari jalan raya untuk menemukan obyek wisata Coban Rondo.

Dari patung sapi, perjalanan dapat Anda lanjutkan kembali kurang lebih sekitar empat kilometer lagi untuk sampai ke wisata air terjun Coban Rondo. Dua kilometer sebelum Anda memasuki kawasan wisata, akan menjumpai sebuah papan yang bertuliskan "Welcome to Wana Wisata Coban Rondo" Kemudian jalanan akan terus menurun dan rindangnya suasana hutan juga akan semakin terasa. Di tempat-tempat yang melandai, gubuk-gubuk para pedagang serta berbagai macam jenis kendaraan akan berjajar. Di situlah terminal akhir para pengunjung yang menggunakan kendaraan. Selanjutnya Anda akan melintasi sedikit tanjakan yang tidak kurang dari dua menit akan sampai ke lokasi air terjun.

Menggunakan Kendaraan Umum

Untuk Anda yang yang menggunakan angkutan umum, dapat mengambil bus jurusan Malang jika dari Surabaya harganya sekitar (Rp. 12.000,- tiap orang). Kemudian Anda dapat naik bemo dari Terminal Arjosari, Malang, dengan jurusan Landungsari biaya sekitar (Rp. 1 .500,- tiap orang). Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus tujuan Kediri lewat Pujon, kemudian turun di Patung Sapi yang merupakan sebuah pintu gerbang untuk ke Coban Rondo dengan biaya sekitar (Rp. 2.500,-).  Dari sana, akan tersedia ojek yang siap untuk mengantarkan Anda sampai ke lokasi. Setelah Anda sampai di lokasi tempat parkir perjalanan bisa dilanjutklan dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 200 m untuk menuju lokasi air terjun Coban Rondo berada.

Tiket dan Parkir di Air Terjun Coban Rondo

Tiket untuk masuk ke air terjun ini akan dikenakan biaya sekitar Rp 3000. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda empat sekitar Rp 3.000 dan bila kendaraan roda dua sekitar Rp 1000.

Fasilitas dan Akomodasi di Air Terjun Coban Rondo

Di dalam area wisata alam Air Terjun Coban Rondo terdapat banyak sekali warung-warung yang menjajakan berbagai macam makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Disini juga sudah tersedia sarana untuk tempat beribadah bagi umat muslim / Islam, panggung terbuka, area camping ground dan toilet.

Untuk Anda yang ingin mencari hotel murah di malang atau tempat penginapan yang berada di kawasan air terjun Coban Rondo dapat diperoleh di kawasan wisata Songgoriti, yang berjarak sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo. Harga penginapan yang berada di daerah itu berkisar antara harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 150.000 tiap malam. Sumber : sites.google.com
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 1:06 AM, categorized as Wisata Malang
Comment disabled