Masih adakah Museum Adam Malik Jakarta Sekarang?

Advertisement.
Masih adakah Museum Adam Malik Jakarta Sekarang? - yoshiewafa - Sepertinya sebuah Museum yang sebelumnya menjadi salah satu tempat wisata di jakarta ini sekarang hanya tinggal sebuah nama. Disadur dari news.detik.com mengatakan bahwa Museum Adam Malik yang berlokasi di kawasan elit Jl Diponegoro No 29, Jakarta Pusat ini telah dijual sejak tahun 2006 yang lalu. Museum yang sebelumnya sudah berisikan sekitar 50 ribu benda koleksi milik mantan wakil presiden Indonesia yang ke 3 tersebut dilego kepada seorang pengusaha bernama Hary Tanoesoedibjo.

Telah Dijual kepada Harry Tanoe atas nama istrinya, ujar dari anak pertama Adam Malik, yaitu Otto Malik, seusai diskusi kenegaraaan yang diselenggarakan di gedung DPD, Senayan, Jakarta, hari Rabu (26/11/2008).

Otto Malik mengatakan, bahwa museum itu dijual karena memang sudah tidak terpelihara lagi semenjak diputusnya dukungan dari pihak pemerintah. "Kalau dahulunya masih aktif adalah karena mendapatkan dukungan dari pemerintah. Akan Tetapi ketika sudah diputus, kami merasa agak berat untuk mempertahankannya" kata Otto Malik.

Sementara itu seorang sejarahwan LIPI Asvi Warman Adam menilai bahwa penjualan ini memang sangat memprihatinkan. Walaupun pemerintah tidak memiliki kewajiban secara hukum dari pemerintah untuk harus mempertahankan warisan salah seorang tokoh nasional ini, akan tetapi harusnya ada sebuah kewajiban moral untuk menghargai tokoh-tokoh bangsa.

"Museum milik seorang tokoh nasional seperti Soekarno, Hatta sampai dengan Adam Malik seharusnya juga mendapatkan perhatian pemerintah. Harus diperhatikan juga, karena ini kan termasuk aset bangsa," pinta Asvi.
Museum Adam Malik Jakarta Pusat
Museum Adam Malik Jakarta Pusat
Sumber : news.detik.com

Tentang DKI Jakarta :

Tempat Wisata di Jakarta
Hotel Murah di Jakarta

Subscribe to receive free email updates: