Persiapan Sebelum Menuju Gunung Bromo

by Ahmad Wafa Aminudin , at 1:38 PM
Persiapan Sebelum Menuju Gunung Bromo - yoshiewafa - Siapkan diri Anda sebelum liburan menuju gunung Bromo untuk melihat Sunrise, padang pasir, bukit teletubbies dan kawah gunung Bromo. Sebuah persiapan untuk perjalanan wisata Anda itu penting, terutama bagi Anda yang masih belum berpengalaman dalam berwisata menuju Bromo. Singkat cerita, ketika saya ingin mendaki gunung Bromo sudah membawa dua buah jaket supaya tidak kedinginan ketika sudah sampai di puncak.

Persiapan yang matang merupakan sebuah kunci perjalanan yang jauh lebih menyenangkan. Terlebih lagi jika Anda ingin menginap di hotel yang dekat dengan gunung Bromo. Berikut ini merupakan persiapkan yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan menuju Gunung Bromo.

Mungkin bagi beberapa orang yang belum berpengalaman menuju Gunung Bromo, masih belum mengetahui jika suhu udara di kawasan Gunung Bromo bisa sampai dibawah 10 derajat celcius. Bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan iklim tropis pastinya tidak dapat membayangkan seberapa dingin udara dengan suhu di bawah 10 derajat celcius.
Pemandangan Gunung Bromo
Pemandangan Gunung Bromo
Berikut ini beberapa rekomendasi dari yoshiewafa untuk pakaian yang harus disiapkan sebelum Anda melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Bromo.

Perlengkapan dan Pakaian

1. Membawa jaket atau pakaian penahan dingin
Rekomendasi dari saya adalah menggunakan jaket yang mampu menahan hawa dingin, bukan sekedar jaket untuk fashion saja. Membawa beberapa T-Shirt cadangan untuk berjaga-jaga jika menggunakan jaket masih merasa kedinginan, Anda dapat memakai T-Shirt lebih dahulu sebelum menggunakan jaket.

2. Membawa Syal, topi, dan sarung tangan
Apabila jaket dirasa tidak mampu untuk menghangatkan bagian leher. Ada baiknya jika Anda juga membawa syal untuk berjaga-jaga jika leher Anda menggigil. Begitu juga dengan membawa topi dan sarung tangan. Jika Anda tidak mempunyai peralatan seperti ini, tidak perlu merasa khawatir karena di kawasan wisata gunung Bromo terdapat penjual berbagai macam syal, topi, dan sarung tangan, meskipun harganya akan sedikit lebih mahal dari harga biasanya.

3. Menggunakan Sepatu.
Jangan berpikir untuk menggunakan sandal biasa, karena sebagian besar jalan yang akan Anda lewati adalah jalan berbatu dan licin. Menggunakan sepatu boot ataupun sepatu hiking akan jauh lebih berguna daripada menggunakan sepatu sneakers, selain sepatu jenis ini lebih kuat juga mampu melindungi Anda dari cedera.

4. Membawa Lampu Senter / Flashlight.
Jika Anda ingin menikmati indahnya sunrise di puncak bukit, Anda harus memulai pendakian ketika langit masih dalam kondisi gelap gulita. Penerangan dari lampu senter akan dapat membantu Anda menemani perjalanan Anda di jalan yang terjal.

5. Membawa dan Menggunakan Masker.
Kawasan wisata Gunung Bromo lebih cenderung berpasir serta berangin. Dengan adanya masker dapat melindungi hidung dan mulut Anda dari debu dan pasir yang bisa saja menyebabkan batuk dan rasa perih pada tenggorokan.

Makanan serta Minuman

Di kawasan wisata Gunung Bromo, Anda memang akan menemukan cukup banyak warung yang menjual jajanan. Akan tetapi ada baiknya juga jika Anda juga membawa beberapa makanan kecil dan minuman untuk antisipasi rasa lapar dan dahaga, karena harga makanan di kawasan wisata Gunung Bromo relatif lebih mahal.

Uang Secukupnya

Sebaiknya Anda membawa uang secukupnya, jangan membawa terlalu banyak juga jangan sampai kekurangan uang, karena di kawasan wisata Bromo tidak terdapat mesin ATM untuk mengambil uang.
Pemandangan Gunung Bromo
Pemandangan Gunung Bromo
Sekian tips dan persiapan perjalanan sebelum Anda wisata menuju Gunung Bromo, untuk mempermudah Anda dalam perjalanan menuju Gunung Bromo, saya juga menawarkan kepada Anda Paket wisata Bromo.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Persiapan Sebelum Menuju Gunung Bromo - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 1:38 PM, categorized as Tips Trick , Wisata Bromo , Wisata Probolinggo
Comment disabled