Wisata Sejarah Museum Satria Mandala Jakarta

Advertisement.
Wisata Sejarah Museum Satria Mandala Jakarta - yoshiewafa - .Bagi Anda yang suka dengan tempat bersejarah, museum ini adalah sebuah tempat menarik dimana Anda bisa menemukan sejarah perjuangan dari Tentara Nasional Indonesia. Lokasi museum ini terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta dan diresmikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia pada tahun 1972, Soeharto, ini pada awalnya merupakan sebuah rumah milik salah satu istri dari mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yang bernama Ratna Sari Dewi Soekarno.

Dalam museum ini dapat Anda termukan berbagai macam koleksi peralatan perang negara Indonesia, mulai dari masa lalu sampai dengan modern seperti halnya koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan juga ada helikopter dan pesawat terbang (salah satunya adalah pesawat Cureng yang dulu pernah diterbangkan oleh seorang Marsekal Udara Agustinus Adi Sucipto).

Tidak hanya itu saja, Museum Satria Mandala ini juga menyimpan berbagai jenis benda bersejarah yang memiliki kaitan dengan TNI seperti macam-macam senjata berat ataupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji serta lambang-lambang yang berada di lingkungan TNI. Di museum ini juga dipamerkan sebuah tandu yang pernah digunakan untuk mengusung seorang Panglima Besar Jenderal Soedirman saat beliau sedang bergerilya dalam keadaan sakit untuk melawan pendudukan kembali Belanda pada era tahun 1940 an.
Museum Satria Mandala
Meriam di Museum Satria Mandala
Masih di dalam kompleks Museum Satria Mandala ini juga terdapat sebuah Museum Waspada Purbawisesa yang mempertunjukkan diorama ketika angkatan TNI bersama-sama dengan rakyat sedang menumpas segerombolan separatis DI/TII di kawasan Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan pada era tahun 1960-an. Fasilitas lainnya yang terdapat di Museum TNI Satria Mandala ini antara lain adalah seperti Taman Bacaan Anak, Kios Cinderamata, Kantin serta Gedung Serbaguna yang memiliki kapasitas sekitar 600 kursi.

Sekarang Museum Satria Mandala ini merupakan salah satu tempat wisata di jakarta yang bertemakan sejarah untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita di masa lalu. Sekian untuk artikel ini yang yoshiewafa.blogspot.com ambil dari sumber Wikipedia bahasa Indonesia untuk menambah wawasan.

Subscribe to receive free email updates: