Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya

by Ahmad Wafa Aminudin , at 5:57 AM
Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya propinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup berpotensi untuk ditawarkan kepada wisatawan mancanegara. Gunung Galunggung adalah sebuah gunung berapi yang memiliki ketinggian kurang lebihnya sekitar 2.160 meter di atas permukaan air laut.

Lokasinya berada sekitar 17 km jika dari pusat kota Tasikmalaya. Disini terdapat beberapa objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri antara lain seperti wanawisata dengan luas area sekitar 120 hektar yang berada di bawah naungan pengelolaan Perum Perhutani. Obyek lainnya memiliki luas kurang lebih sekitar 3 hektar yang berupa pemandian air panas (Cipanas) yang telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kolam renang, kamar mandi serta bak rendam air panas.

Untuk sementara waktu ini kebanyakan yang berkunjung menuju obyek wisata Gunung Galunggung adalah wisatawan lokal, sementara wisatawan yang berasal dari mancanegara masih berada di bawah rata-rata hitungan 100 orang per tahun. Rata-rata jumlah wisatawan dalam ataupun luar negeri yang datang berkunjung ke Gunung Galunggung sejumlah 213.382 orang setiap tahunnya.
Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya
Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya
Melihat potensi dan daya tarik yang mungkin bisa digali, serta posisi geografis yang terbilang cukup strategis, serta mempunyai ciri khas dari kondisi alamnya wisata Gunung Galunggung sebenarnya cukup potensial untuk dikembangkan dan dijual kepada wisatawan mancanegara. Hanya saja untuk waktu ini obyek wisata tersebut masih belum dikemas dalam bentuk paket wisata yang profesional.

Gunung Galunggung di Jawa Barat ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menyukai wisata alam pegunungan, terutama untuk Anda yang berasal dari Jakarta, Bandung, Bogor, Pulau Jawa ataupun wilayah Indonesia lainnya. Selamat berwisata Alam dari yoshiewafa!!
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Gunung Galunggung di Kabupaten Tasikmalaya - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 5:57 AM, categorized as Jawa Barat
Comment disabled