Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat

by Ahmad Wafa Aminudin , at 5:39 PM
Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat - yoshiewafa - Menuju kota Bukittinggi di Sumatera Barat tentunya dapat menjadi pengalaman wisata tersendiri. di pulau Sumatera Kota ini sudah sangat terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang menawan, keragaman budayanya yang menarik, banyak pula tempat wisata belanja yang memanjakan dan nikmatnya kuliner wisata yang terdapat di kota Bukittinggi.

Seperti halnya kota wisata Bandung, kota Bukittinggi juga merupakan sebuah kota wisata yang memiliki banyak sekali peminat karena banyaknya tempat wisata yang menarik. Tahun 2012, jumlah wisatawan yang berasal dari mancanegara yang mengunjungi kota Bukittinggi ini mencapai kurang lebih 26.000 orang. Siapa yang tidak tahu kota wisata Bukittinggi yang dahulunya pernah menajadi Ibukota negara Indonesia pada waktu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.
Jam Gadang Bukittinggi Sumatera Barat
Jam Gadang Bukittinggi Sumatera Barat
Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Bukittinggi yang menarik dan dapat Anda jadikan destinasi liburan di kota Bukittinggi.

1. Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai
Lokasinya berada di pinggir jalan antara Padang dan Bukittinggi. Air terjun ini adalah bagian dari kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Cagar alamnya adalah sebuah kawasan hutan lindung dengan hutan tropis dan beraneka ragam jenis flora dan fauna. Alam yang hijau, flora dan faunanya, menjadi sebuah daya tarik tersendiri yang dimiliki Lembah Anai.

2. Benteng Fort de Kock
Benteng Fort de Kock
Benteng Fort de Kock
Benteng ini dibangun di atas Bukit Jirek dan awalnya diberi nama Sterrenschans. Kemudian namanya berubah menjadi Fort de Kock, oleh Hendrik Merkus de Kock, yang merupakan salah satu tokoh militer Belanda.

Beberapa tahun kemu­dian, kota di sekitar benteng ini berkembang menjadi sebuah kota yang juga diberi nama Fort de Kock, yang lalu bernama Bukittinggi. Kini, kawasan Benteng Fort de Kock menjadi Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park).

3. Jam Gadang
Jam Gadang
Jam Gadang
Landmark Kota Bukittinggi ini berada di pusat kota. Suasana yang ada di sekitar Jam Gadang ini sangat ramai, terutama pada waktu malam Minggu ketika orang-orang sekitar sedang menghabiskan liburan. Simbol khas kota Bukittinggi dan propinsi Sumatera Barat ini mempunyai cerita yang unik dalam perjalanan sejarahnya.

4. Lobang Jepang
Lobang Jepang
Lobang Jepang
Lobang Jepang ini lokasinya berada di Bukit Sianok Bukittinggi dan pernah menjadi basis pertahanan Jepang pada waktu Perang Dunia II dan ketika Perang Asia Timur Raya pada tahun 1942. Lobang Jepang ini hampir menyerupai seperti gua, merupakan sebuah bunker peninggalan dari jaman penjajahan Jepang di Indonesia.

5. Museum Rumah Adat Baanjuang
Museum Rumah Adat Baanjuang
Museum Rumah Adat Baanjuang
Museum ini pertama kalinya didirikan oleh orang Belanda yang bernama Mondelar Countrolleur tahun 1935. Ini merupakan sebuah bangunan yang berupa rumah tradisional dan memiliki anjuang kiri dan kanan. Bangunan museum ini masih terlihat tradisional, atap bangunan ini juga masih menggunakan ijuk, dinding yang terbuat dari kayu, serta masih berlantaikan kayu. Koleksi yang terdapat di Museum Rumah Adat Baanjuang ini adalah sekelompok etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan lain sebagainya. Binatang ini terlahir secara tidak normal, karena memiliki beberapa anggota tubuh yang berlebih.

6. Ngarai Sianok
Ngarai Sianok
Ngarai Sianok
Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah yang curam atau jurang. Di bawahnya terdapat aliran sebuah anak sungai yang berliku-liku dan menelusuri celah-celah tebing. Latar Ngarai Sianok ini adalah Gunung Merapi dan juga Gunung Singgalang. Jurang yang terdapat di Ngarai Sianok ini dalamnya sekitar 100 meter yang membentang sepanjang 15 Km dengan lebar kurang lebih sekitar 200 meter. Pemandangannya nampak sangat indah sekali dan terhampar bagaikan lukisan alam.

7. Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan atau juga disebut Kebun Binatang, adalah sebuah kebun binatang yang tertua di Indonesia.

8. Jembatan Limpapeh merupakan penghubung antara Kebun Binatang dan Benteng Fort De Kock.

9. Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga, lokasinya berada di pusat Kota Bukittinggi tepatnya di depan taman Jam Gadang.

10. Janjang 40 yang dibangun pada tahun 1908 pada awalnya merupakan penghubung antara Pasar Atas dengan Pasar Bawah.

11. Janjang Koto Gadang merupakan destinasi wisata yang masih baru di Bukittinggi. Lokasinya berada tidak jauh dari Lobang Jepang.

12. Museum Tri Daya Eka Darma, lokasinya berada didepan Taman Panorama.

13. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, lokasinya berada di Jl Soekarno Hatta, dibangun sekitar tahun 1860-an, merupakan saksi bisu klahiran Bung Hatta.

Nah bagaimana, menarik sekali bukan? berminat untuk liburan menuju wisata di Bukittinggi? selamat berlibur ke Bukittinggi. Sumber wikipedia.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 5:39 PM, categorized as Sumatera , Sumatera Barat
Comment disabled