Daftar Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan

Advertisement.
Daftar Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan - Kota Palembang yang menjadi ibukota dari propinsi Sumatera Selatan memiliki potensi wisata yang menarik dan indah untuk Anda kunjungi. Sungai Musi yang menjadi sebuah sungai terpanjang di pulau Sumatera adalah salah satu objek wisata menarik di Palembang.

Berkunjung ke kota Palembang pasti akan sangat menyenangkan sekali, disini Anda dapat menemukan cukup banyak objek wisata yang dapat Anda jadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Kota Palembang ini juga merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah kota Medan.

Banyak wisata kuliner yang dapat Anda cicipi, banyak seni budaya dan sejarah, banyak pula objek wisata alam dan religi yang terdapat di Palembang. Berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata di Palembang yang akan yoshiewafa ulas dan yang dapat Anda jadikan destinasi wisata.
Sungai Musi
Sungai Musi
1. Sungai Musi, merupakan sungai yang paling di Pulau Sumatera. Sejak dulu Sungai Musi sudah menjadi urat nadi dari perekonomian yang ada di Kota Palembang dan Sumatera Selatan. Pada sepanjang tepi sungai Musi ini terdapat banyak sekali objek pariwisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, Jembatan Musi II, kilang minyak Pertamina, pantai Bagus Kuning, pabrik pupuk PUSRI, Masjid Al Munawar, dan lain sebagainya.
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
2. Jembatan Ampera, merupakan jembatan yang megah dengan panjang sekitar 1.177 meter yang dibangun di atas Sungai Musi dan menjadi penghubung daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Jembata Ampera juga merupakan salah satu ikon dari Kota Palembang. Jembatan ini pertama kalinya dibangun pada tahun 1962 dengan menggunakan harta rampasan dari Jepang serta menggunakan tenaga ahli dari Jepang.
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang
3. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang, lokasinya berada di pusat Kota Palembang, masjid ini juga merupakan sebuah masjid yang terbesar di Sumatera Selatan dan memiliki kapasitas banyak yang mampu untuk menampung hingga 15.000 jama'ah.
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
4. Benteng Kuto Besak, lokasinya berada di tepi Sungai Musi dan letaknya tidak jauh dengan Jembatan Ampera, Benteng ini adalah salah satu bangunan peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam. Pada bagian dalam benteng ini juga terdapat sebuah kantor kesehatan yaitu Kodam II Sriwijaya serta rumah sakit. Benteng ini adalah satu-satunya benteng yang ada di Indonesia yang menggunakan dinding batu dan juga memenuhi syarat perbentengan atau pertahanan. Benteng ini dibangun menggunakan biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari berbagai serangan musuh bangsa Eropa serta tidak diberi nama pahlawan Eropa.
Gedung Kantor Walikota Palembang
Gedung Kantor Walikota Palembang
5. Gedung Kantor Walikota Palembang, lokasinya berada di pusat kota, pada mulanya bangunan ini di fungsikan sebagai menara air yang berfungsi untuk mengalirkan air menuju keseluruh kota sehingga gedung Kantor Walikota ini juga dikenal juga sebagai Kantor Ledeng. Sekarang gedung ini berfungsi sebagai sebuah Kantor Walikota Palembang dan juga terdapat lampu sorot yang terdapat di puncak gedung untuk mempercantik wajah kota ketika di malam hari.

6. Kambang Iwak Family Park, merupakan sebuah danau wisata yang letaknya berada di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal dari wali kota Palembang. Di tepi danau ini juga terdapat banyak sekali arena rekreasi keluarga yang ramai dikunjungi pada waktu hari libur. Selain itu di tengah-tengah danau ini juga terdapat air mancur yang nampak cantik pada waktu malam hari.

7. Hutan Wisata Punti Kayu, adalah sebuah hutan wisata kota yang lokasinya berada sekitar 7 km dari pusat kota dengan memiliki luas sekitar 50 ha dan sejak tahun 1998 sudah ditetapkan sebagai hutan lindung. Dalam hutan ini juga terdapat area rekreasi keluarga yang menyenangkan dan menjadi tempat tinggal dari sekelompok monyet lokal.

8. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, merupakan sebuah site peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya yang lokasinya terletak di tepi Sungai Musi. Disini juga terdapat sebuah prasasti batu peninggalan dari Kerajaan di area ini.

9. Taman Purbakala Bukit Siguntang, lokasinya berada di perbukitan sebelah barat dari Kota Palembang. Di tempat ini juga terdapat banyak peninggalan serta makam-makam kuno dari Kerajaan Sriwijaya.

10. Monumen Perjuangan Rakyat, lokasinya juga di tengah kota, tidak jauh dengan Masjid Agung dan juga Jembatan Ampera. Sesuai dengan namanya, di dalam bangunan ini juga terdapat banyak benda-benda bersejarah peninggalan dari masa penjajahan.

11. Museum Negeri Balaputradewa, merupakan sebuah museum yang menyimpan banyak sekali benda - benda peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya.

12. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, lokasinya berada di dekat Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak yang dulunya merupakan salah satu peninggalan dari Keraton Palembang Darussalam. Didalamnya terdapat banyak sekali benda - benda bersejarah Kota Palembang.

13. Museum Tekstil, lokasinya berada di Jl. Merdeka museum ini fungsinya untuk menyimpan benda - benda tekstil dari seluruh kawasan yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Nah selain 13 tempat wisata di Palembang tersebut juga terdapat beberapa kawasan wisata menarik untuk dikunjungi seperti :
  1. Kawah Tengkurep
  2. Masjid Cheng Ho Palembang
  3. Kampung Kapitan
  4. Kampung Arab Al Munawwar 13 Ulu
  5. Fantasy Island
  6. Bagus Kuning
  7. Pusat Kerajinan Songket
  8. Pulau Kemaro
  9. Kilang Minyak Pertamina
  10. Pabrik Pupuk Pusri
  11. Sungai Gerong
  12. Jakabaring Sport City (JSC)
  13. Waterboom OPI Jakabaring
  14. The Amanzi Waterpark CitraGrand City
  15. Rumah Mak Bani Montok
Cobalah untuk berkunjung ke beberapa objek wisata palembang diatas apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Palembang Sumatera Selatan. Sekian ulasan tentang potensi pariwisata di kota Palembang yang yoshiewafa ambil dari sumber id.wikipedia.org.

Subscribe to receive free email updates: