Taman Nasional Komodo Indonesia

Advertisement.
Taman Nasional Komodo Indonesia - yoshiewafa - Lokasinya terdapat di Pulau Komodo dan terletak di antara propinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia membuat pulau Komodo menjadi banyak diminati oleh wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara belahan dunia.

Taman nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Kawasan wilayah darat taman nasional ini sekitar 603 km persegi dan dengan wilayah keseluruhan adalah 1817 km persegi.

Pada tahun 1980 taman nasional Komodo ini didirikan untuk melindungi komodo serta habitatnya. Di kawasan Pulau Komodo dan sekitarnya ini terdapat kurang lebihnya 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan antara hewan yang berasal dari Asia dan Australia.

Terdiri dari sekitar 32 spesies mamalia, sekitar 128 spesies burung, dan sekitar 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya ada 25 spesies hewan darat dan juga burung masih termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang sangat terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.
Taman Nasional Komodo Indonesia
Taman Nasional Komodo Indonesia
Selain itu, di kawasan ini juga terdapat terumbu karang. Setidaknya terdapat kurang lebih 253 spesies karang pembentuk terumbu yang telah ditemukan di sana, dengan terdapat sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan dari terumbu karang ini menarik minat para wisatawan asing untuk ingin berenang atau menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang yang ada di perairan ini.

Pulau-pulau ini asalnya merupakan pulau vulkanis. Jumlah penduduk yang ada di wilayah ini kurang lebih adalah sekitar 4.000 jiwa. Pada tahun 1991 taman nasional Komodo ini sudah diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pada tanggal 11 November 2011, New 7 Wonders sudah mengumumkan pemenang sementara, dan Taman Nasional Komodo juga masuk dalam jajaran pemenang tersebut bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Taman Nasional Komodo ini mendapatkan suara terbanyak.

Informasi selengkapnya dapat Anda baca dari sumber : id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Komodo

Subscribe to receive free email updates: