Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan

Advertisement.
Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan - yoshiewafa - Suka dengan lukisan? jika Anda menyukai seni lukis melukis, mungkin Museum Pelita Harapan adalah tempat yang tepat sekali untuk dikunjungi. Museum Universitas Pelita Harapan (MUPH) adalah sebuah pusat studi seni yang lokasinya berada di Desa Lippo, Kota Tangerang. Museum ini masih merupakan bagian dari Universitas Pelita Harapan, dan memang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan institusi pendidikan dalam bidang seni rupa negara Indonesia yang sekarang ini perkembangannya sudah sangat pesat.

Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk memberikan para pengunjung nuansa dan pemahaman dalam bidang seni pada kehidupan masyarakat, memberikan ruang pengembangan untuk ilmu pengetahuan dan menjadi wujud dari apresiasi terhadap seni rupa Indonesia.

Sampai saat ini, MUPH letaknya berada di Lantai 3 Gedung Menara Matahari sudah mempunyai koleksi sekitar 880 lukisan, dengan memiliki keaneka ragaman perupa mulai dari Raden Saleh, kelompok perupa Mooi Indie, yang juga terdiri dari perupa Eropa yang pernah tinggal di Indonesia pada masa kedudukan kolonial Belanda, kelompok perupa Persagi, perupa modern Indonesia, sampai dengan perupa karya-karya kontemporer. Sayangnya, karena keterbatasan dari ruangan yang tersedia, galeri hanya bisa menampilkan sekitar 35 sampai dengan 40 karya seni rupa.
Lukisan
Lukisan
Alamat lengkap dari Museum Pelita Harapan ini berada di Jl. Menara Asia Lt.10, Bulevard, Diponegoro 101, Lippo Karawaci, Tanggerang. Sangat tepat sekali untuk dikunjungi jika Anda menyukai seni lukis melukis. Untuk itu yoshiewafa ingin memberikan informasi ini kepada Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Koleksi dan Fasilitas

Galeri MUPH
Kegiatan persiapan dari MUPH sudah dimulai sejak tahun 1993, dengan dimulai dari pengoleksian karya-karya senirupa.

Perpustakaan MUPH
Selain itu MUPH mempunyai perpustakaan yang berisikan buku-buku referensi pilihan yang terkait seni rupa Indonesia bahkan dunia serta memiliki katalog pameran dan lelang karya. Total ada sekitar 1850 buah buku dan katalog tersebut adalah alat bantu riset yang sangat baik sekali.

Pendidikan dan Penelitian
Sebagai bagian dari Universitas Pelita Harapan yang tak terpisahkan, MUPH juga memberikan sarana kepada seluruh mahasiswa UPH maupun para pengunjung lain yang datang kesini untuk melakukan penelitian baik itu primer maupun sekunder.

Penelitian Primer
Mahasiswa maupun pengunjung lain memungkinkan untuk meneliti hasil karya seni yang ada di galeri MUPH secara langsung. Kunjungan-kunjungan tersebut (baik itu dalam kelas-kelas apresiasi seni ataupun kunjungan perorangan) bisa memberikan gambaran serta pengalaman yang terkait dengan sejarah dan keindahan seni rupa kita.

Penelitian Sekunder
Buku-buku yang terdapat didalam koleksi Perpustakaan MUPH sudah menjadi sumber referensi yang sangat baik dan memiliki koleksi yang cukup lengkap serta sangat membantu pengerjaan tugas-tugas para mahasiswa.

Museum ini masih tergolong dalam kawasan tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya yang lokasinya berada di Tangerang. Bagi siapapun yang suka dengan karya seni Lukis bisa berkunjung, baik itu hanya ingin melihat-lihat ataupun ingin meneliti lukisan yang ada.

Subscribe to receive free email updates: