Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

by Ahmad Wafa Aminudin , at 4:10 PM
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu - yoshiewafa - Tawangmangu sudah dikenal sebagai obyek wisata yang berada di pegunungan lereng barat Gunung Lawu yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dengan jarak waktu sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo). Lokasi air terjun ini sudah menjadi area wisata sejak masa kolonial Belanda.

Obyek wisata yang menjadi tujuan utama adalah air terjun Grojogan Sewu dengan tinggi sekitar 81 m. Di tempat tetirah ini sudah tersedia berbagai macam sarana pendukung wisata seperti adanya kolam renang dan berbagai macam bentuk penginapan. Dari Tawangmangu bisa dimulai melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari tempat ini juga terdapat jalan yang tembus menuju ke Telaga Sarangan yang ada di Magetan lewat Cemorosewu.

Selain udara disini sejuk, keindahan alam yang ada di sekitarnya tidak kalah menariknya dengan kawasan wisata lain yanga ada di indonesia, terlebih lagi daerah ini juga terkenal dengan produksi pertanian sebagai penghasil sayur mayur selain keberadaan obyek wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Tawangmangu sudah menjadi pilihan untuk orang-orang yang berasal dari perkotaan untuk membangun villa-villa, maupun berinvestasi dengan mendirikan hotel-hotel mapun penginapan.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu masih termasuk tempat wisata di Solo dan sekitarnya yang bernuansa alam dan paling paling terkenal. Terdapat di sisi barat dari Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan sebuah air terjun yang indah dan menyimpan banyak sekali misteri. Lokasi air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu pun juga tidak jauh dari kota Solo, hanya berjarak sekitar 27 km di sebelah timur kota Solo, lebih tepatnya di Kabupaten Karanganyar dan Air terjun Grojogan Sewu juga masih merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.. Harga tiket masuk Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sekitar Rp 18,000,- perorang pada tahun 2014 ini.

Grojogan Sewu memiliki arti air terjun seribu. Walaupun air terjun yang ada di sini tidak berjumlah seribu, namun disini ada beberapa titik dari air terjun yang bisa dinikmati. Kata sewu yang artinya adalah seribu disini pada awalnya berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan pada saat itu yang adalah tinggi air terjun.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Satu pecak adalah satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang tingginya ada sekitar 80 meter. Ada juga sebuah air terjun yang tidaklah terlalu tinggi namun pancurannya meluas dan sampai membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, di sekeliling tebing akan dihujani oleh air terjun, tetapi saat musim panas, akan banyak air terjun yang kering.

Hutan Wisata Grojogan Sewu mempunyai luas sekitar 20 Ha. Kawasan hutan ini juga banyak ditumbuhi berbagai macam jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera yang jinak. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan toko cinderamata, mushola dan MCK.

Untuk Anda yang liburan ke tempat wisata di Jogja dengan budger pas-pasan bisa memesan hotel murah di jogja dan juga Anda bisa mampir ke tempat wisata Air terjun Grojogan Sewu ini. Jarak Jogja ke Solo yoshiewafa rasa sangatlah dekat karena saya pernah touring kesana menggunakan sepeda motor dari Kediri. Selamat libura ke Solo-Jogja dan sekitarnya!!
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 4:10 PM, categorized as Wisata Solo
Comment disabled