Pesona Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung

by Ahmad Wafa Aminudin , at 10:51 AM
Pesona Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung - yoshiewafa - Salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki keindahan pantai yang mempesona. Lebih tepatnya terletak di Desa Sinar Baru yang jaraknya kira-kira sekitar 30 kilometer di sebelah utara dari kota Pangkalpinang. Pantai ini mempunyai kontur tanah yang landai dan memiliki ombak yang relatif kecil. Pantai ini adalah pantai yang menjadi andalan dari kepulauan Bangka Belitung.

Di Pantai Parai Tenggiri terdapat hamparan pasir putih yang masih begitu bersih dan batu-batu granit yang masih alami. Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang cukup besar dan alami, hal tersebut semakin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

Wilayah pantai ini juga ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau atau lebih terkenal dengan nama sebutan Parai green resort. Sebabnya karena pengelola mempunyai kepedulian yang sangat besar terhadap usaha untuk penyelamatan lingkungan, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa mengakibatkan wilayah pantai jadi tercemar.

Sebagai contohnya adalah seperti mengurangi pemakaian bahan plastik dan menanam lebih banyak pohon di kawasan pantai. Pihak Pengelola di lokasi ini juga begitu memperhatikan faktor keamanan serta kenyamanan para wisatawannya. Hal ini begitu jelas terlihat dari lingkungan pantai yang begitu bersih dan masih sangat asri serta terdapat juga beberapa penjaga pantai yang memantau para pengunjung yang sedang berenang, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung
Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung
Wisatawan yang berkunjung kesini tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, namun juga bisa untuk melakukan rekreasi bahari menarik lainnya. Di pantai Parai Tenggiri ini, pihak pengelola juga melayani penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan semua peralatannya untuk para wisatawan yang memiliki hobi memancing.

Selain itu, di sini para pengunjung juga bisa menikmati sensasi yang menantang, ditawarkan oleh banana boat. Pengunjung juga bisa melakukan penyelaman jika ingin melihat indahnya terumbu karang di dalam laut yang langsung berbatasan dengan laut cinta selatan.

Objek wisata Pantai Parai Tenggiri ini juga bisa dikatakan sebagai pantai yang termahal dan tercantik diantara banyaknya deretan timur Pulau Bangka. Kalau pengunjung dibebaskan untuk masuk kapan saja tanpa diharuskan untuk membayar di pantai Bangka pada umumnya, akan lain halnya dengan si cantik Parai Tenggiri.

Pantai yang menjadi primadona ini pantas disebut sebagai salah satu surga yang tersembunyi dari dunia. Tentu saja pantai ini juga tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang terdapat di Pulau Bangka Belitung. Selain air lautnya yang masih bersih dan sangat bening, pantai ini juga memiliki gugusan batu karang yang berukuran besar dan membentuk sebuah formasi yang terlihat begitu indah jika disatukan dengan banyak pohon-pohon kelapa serta pasirnya yang juga putih bersih.

Perjalanan untuk dapat sampai menuju Pantai Parai Tenggiri bisa wisatawan tempuh dengan memakan jangka waktu kira-kira sekitar 45 menit jika menggunakan motor dari Pelabuhan Pangkal Balam ataupun dari Bandara Depati Amir.

Selain itu, para wisatawan juga dapat menggunakan jenis kendaraan yang dapat disewa dari bandara tersebut. Adapun beberapa cara alternatif yang lain adalah seperti bisa menggunakan angkutan umum dari Pangkalpinang. Para Pengunjung bisa menggunakan angkot dengan jurusan Pinan - Sungai Liat. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan becak bermotor untuk sampai ke kawasan pantai Parai Tenggiri.

Para pengunjung tidak perlu lagi merasa khawatir karena di kawasan pantai Parai Tenggiri sudah dilengkapi dengan fasilitas adanya penginapan dan hotel berbintang empat dan juga terdapat berbagai sarana hiburan yang menyenangkan. Pantai indah di Bangka Lainnya seperti Pantai Penyusuk.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Pesona Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 10:51 AM, categorized as Bangka Belitung
Comment disabled