Jalan Jalan ke Prasasti Batutulis di Bogor Selatan

by Ahmad Wafa Aminudin , at 7:48 AM
Jalan Jalan ke Prasasti Batutulis di Bogor - yoshiewafa - Keliling bogor dan berjalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah, Prasasti Batutulis bisa Anda jadikan pilihan tujuan wisata sejarah di bogor. Walaupun peminat wisata sejarah tidak sebanyak wisata alam ataupun wahana wisata akan tetapi sejarah itu kalau menurut saya pribadi sangat menarik, karena saya dulu jaman SMA adalah orang IPS, hehe :).

Di Bogor, lokasi wisata yang paling sering dikunjungi saya pilih Puncak Bogor, karena saya pernah nonton di televisi kalau sering terjadi kemacetan di perjalanan menuju Puncak, hehehe. Memang sih, selain itu juga banyak sekali artis-artis maupun orang jakarta yang suka liburan ke Puncak sekedar untuk refresing dan menghilangkan penat.

Kembali ke Prasasti Batutulis yang lokasinya berada di Jalan Batutulis, Kel. Batutulis, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor. Kompleks dari Prasasti Batutulis ini mempunyai luas sekitar 17 x 15 meter. Dan Prasasti Batutulis ini dianggap terdapat di situs ibu kota Pajajaran dan masih berada disitu, yaitu masih berada di lokasi yang aslinya dan juga menjadi nama dari desa dimana lokasi situs ini berada.

Batu Prasasti dan banyak benda-benda lain yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sunda ini terdapat dalam sebuah komplek. Pada batu ini juga terukir kalimat-kalimat yang tertulis dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno. Tertulis juga kalau prasasti ini ada angkanya yaitu tahun 1455 Saka (1533 Masehi).
Prasasti Batutulis di Bogor Selatan
Prasasti Batutulis di Bogor Selatan

Beginilah isi dari Prasasti Batutulis ini yang saya kutip dari wikipedia :

Isi Prasasti Batutulis


  • Wangna pun ini sakakala, prebu ratu purane pun,
  • diwastu diya wingaran prebu guru dewataprana
  • di wastu diya wingaran sri baduga maharaja ratu haji di pakwan pajajaran seri sang ratu dewata
  • pun ya nu nyusuk na pakwan
  • diva anak rahyang dewa niskala sa(ng) sida mokta dimguna tiga i(n) cu rahyang niskala-niskala wastu ka(n) cana sa(ng) sida mokta ka nusalarang
  • ya siya ni nyiyan sakakala gugunungan ngabalay nyiyan samida, nyiyan sa(ng)h yang talaga rena mahawijaya, ya siya, o o i saka, panca pandawa e(m) ban bumi

Dan artinya secara bebas kira-kira seperti berikut yang saya kutip dari wikipedia :

Arti Isi Prasasti Batutulis


  • Semoga selamat, ini tanda peringatan Prabu Ratu almarhum
  • Dinobatkan dia dengan nama Prabu Guru Dewataprana,
  • dinobatkan (lagi) dia dengan nama Sri Baduga Maharaja Ratu Aji di Pakuan Pajajaran Sri Sang Ratu Dewata.
  • Dialah yang membuat parit (pertahanan) Pakuan.
  • Dia putera Rahiyang Dewa Niskala yang dipusarakan di Gunatiga, cucu Rahiyang Niskala Wastu Kancana yang dipusarakan ke Nusa Larang.
  • Dialah yang membuat tanda peringatan berupa gunung-gunungan, membuat undakan untuk hutan Samida, membuat Sahiyang Telaga Rena Mahawijaya (dibuat) dalam (tahun) Saka "Panca Pandawa Mengemban Bumi".

Begitulah kira-kira adanya, kali aja ada yang berminat untuk wisata sejarah, hehehe... kalau saya, penulis di blog yoshiewafa ini secara pribadi sih ya suka wisata sejarah yang terpadu dengan alam seperti Istana Bogor yang lokasinya ada di dalam Kebun Raya Bogor, walaupun masuknya sedikit susah ya tapi nilai historisnya tinggi sekali.

Nah saya kira hanya seperti itu saja ya informasi mengenai Prasasti Batutulis yang sekarag ini menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang bisa saya berikan untuk Anda. Informasi saya kutip dari wikipedia. Semoga bermanfaat.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Jalan Jalan ke Prasasti Batutulis di Bogor Selatan - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 7:48 AM, categorized as Wisata Bogor
Comment disabled