Pantai Matras yang Terpanjang di Bangka

Advertisement.
Pantai Matras yang Terpanjang di Bangka - yoshiewafa - Sebuah pantai yang berada di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, terletak di sebelah timur laut Pulau Bangka dan mempunyai jarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau sekitar 7 km dari kota Sungailiat. Pantai Matras ini sangat indah dan juga landai. Sangat berbeda dengan kebanyakan pantai pada biasanya, Matras mempunyai hamparan pasir putih yang ditambah dengan teksturnya yang begitu halus.

Panjang dari pantai Matras yang indah ini mencapai 3 km dan lebarnya sekitar 20-30 meter. Pantai ini adalah sebuah pantai yang banyak dikunjungi di Pulau Bangka Belitung selain Pantai Parai Tenggiri, baik itu dikunjungi oleh masyarakat Bangka sendiri, wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara.

Namun selama beberapa tahun ini, pantai Matras telah mengalami abrasi yang begitu hebat, terutama pada saat bulan November sampai dengan Maret. Hal ini disebabkan pantai matras langsung menghadap ke arah Laut Cina selatan dan di tambah lagi dengan meningkatnya kekuatan gelombang pada setiap tahunnya.
Pantai Matras Terpanjang di Bangka
Pantai Matras Terpanjang di Bangka
Para wisatawan yang datang berkunjung akan menemukan pemandangan yang indah di sini. Hamparan dari pasir yang menyatu dengan banyaknya bebatuan indah di sekitarnya membuat pantai Matras ini tampak bagai mutiara yang membentang di depan mata.

Dengan di latar belakangi pemandangan pepohonan kelapa yang indah, laut yang bening, serta sungai yang masih alami, orang-orang acapkali juga biasa menyebutnya dengan nama Pantai Surga. Selain itu, Pantai Matras ini juga sering disebut sebagai sebuah pantai rakyat, karena selain mudah untuk dijangkau, biaya yang dikeluarkan untuk liburan ke pantai ini juga tergolong murah.

Pemandangan indah di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan bagian utara. Pada bagian utara adalah pemandangan hamparan pasir pantai yang serasa tidak memiliki ujung karena Pantai Matras ini merupakan pantai yang terpanjang di Bangka.

Sedangkan pemandangan di selatan, yang terlihat oleh mata justru ujung tanjung yang terdiri dari batu-batuan granit khas dari Pulau Bangka yang eksotis. Ditambah lagi dengan sebuah sungai air tawar yang dapat ditemukan di sekitar pantai.

Lokasi pantai Matras ini juga sangat nyaman dan tenang dan akan memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang datang pengunjung dan juga dapat menikmati keindahan alam suasana pantai.

Pada waktu malam hari para pengunjung juga bisa menikmati suasana dari pantai sambil melihat kapal-kapal nelayan yang berlayar di tengah-tengah lautan dan ditemani dengan ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, maupun minuman hangat yang bisa Anda beli di restoran terdekat.

Keistimewaan lain yang dimiliki Pantai Matras adalah ikan tenggiri bakar yang segar dan disajikan dengan sambal kecap dan juga sambal belacan, hmm nyami.

Perjalanan dari Pangkalpinang menuju lokasi pantai kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan melewati medan jalan yang naik turun (bergelombang).

Di tempat ini para pengunjung yang masuk untuk berwisata hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja perorang.

Para pengunjung yang datang untuk berlibur juga tidak perlu khawatir lagi karena di dekat pantai Matras ini sudah terdapat akomodasi untuk tempat istirahat seperti hotel-hotel, penginapan, juga tempat hiburan.

Disini juga terdapat pusat-pusat penjualan souvenir dan juga makanan khas Bangka seperti halnya Kemplang Panggang, Kerupuk Ikan, Keretek ikan/ cumi, Rusip, Belacan/ Terasi, Lada Bubuk, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kawasan Pantai Matras ini sudah banyak dibangun tempat peristirahatan berupa ''bungalow'' sederhana yang semakin menambah kenyamanan para pengunjung.

Selain itu, disini para pengunjung juga dapat menemukan sebuah resort yang berupa hotel bintang empat yaitu Parai Beach Resort.

Kurang lebih hampir semua fasilitas sudah tersedia di tempat ini, mulai dari restoran, bar and grill, kafe, kolam renang, bahkan juga terdapat sport centre.

Untuk dapat mencapai pantai ini, pengunjung bisa menggunakan bermacam jenis kendaraan yang dapat disewa di Bandara Depati Amir. Jika pengunjung ingin menggunakan transportasi angkutan umum, bisa naik angkutan kota jenis Colt dari daerah Pangkalpinang.

Nah menarik sekali bukan salah satu tempat wisata di Bangka belitung yang satu ini sayang sekali jika dilewatkan, yoshiewafa selamat liburan ke Bangka belitung!!

Subscribe to receive free email updates: