Situ Gede atau Setu Gede di Bogor yang Indah

Advertisement.
Situ Gede atau Setu Gede di Bogor - yoshiewafa - Punya rencana liburan ke Bogor? Situ Gede bisa Anda jadikan pilihan tujuan wisata alam yang menarik ketika sedang berkunjung ke Bogor. Situ atau Setu adalah bahasa Sunda yang memiliki arti telaga atau danau, yang lokasinya berada di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Berada di tepi Hutan Dramaga, yaitu sebuah hutan penelitian miliknya Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan.

Sebuah Telaga yang mempunyai luas kurang lebih sekitar 6 hektar ini adalah tempat rekreasi harian untuk warga Bogor. Para pengunjung yang datang kesini bisa naik perahu, memancing, atau hanya sekedar berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun juga cukup sering digunakan sebagai sebuah lokasi untuk pembuatan film dan sinetron.

Lokasi obyek wisata ini berjarak kurang lebih sekitar 10 km jika dari pusat Kota Bogor, atau berjarak sekitar 3 km di sebelah utara Terminal Bubulak. Situ Gede sebenarnya berdekatan, atau masih berada dalam satu lingkungan, dengan beberapa situ lain yang ada di dekatnya. Yaitu seperti Situ Leutik (yang sekarang sudah hilang), Situ Panjang, dan juga Situ Burung. Yang terakhir ini lokasinya berada di Desa Cikarawang, Kec. Dramaga, Kab. Bogor.
Situ Gede atau Setu Gede di Bogor
Situ Gede atau Setu Gede di Bogor
Terletak tidak begitu jauh dari danau ini juga terdapat sebuah Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research; dan ICRAF, The World Agroforestry Center), sebuah Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan juga Kampus IPB Dramaga. Wikipedia.

Bagi Anda yang ingin enghabiskan akhir pekan di Bogor, pasti akan terbayang ingin menghirup udara segar yang ada di sekitar Istana Bogor di dalam Kebun Raya Bogor atau Puncak Bogor. Selain sebuah Kebun Raya, Bogor juga memiliki banyak tempat yang berhawa sejuk yaitu Situ Gede dan Hutan Dramaga yang ada di area Kampus IPB.

Selain kuliner, Bogor juga menawarkan banyak tempat wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Penatnya kesibukan di perkotaan dapat diobati dengan rimbunnya hutan yang mempunyai udara sejuk dan situ Gede letaknya juga tidak begitu jauh dari jantung Kota Bogor.

Hutan Dramaga ini sangat layak sekali untuk dijadikan tujuan wisata Bogor di akhir pekan untuk sekadar ingin memecahkan penatnya pikiran karena kesibukan sehari-hari. Untuk Anda yang sudah bosan berwisata ke arah Puncak karena sering terjadi macet dan sudah sering liburan ke Kebun Raya Bogor. Bisa mencoba untuk berwisata ke arah hutan Dramaga.

Di sini Anda beserta kerabat maupun keluarga terdekat dapat menikmati udara segar dengan sekedar hanya berjalan-jalan di sepanjang danau yang indah ini. Ketika Anda sudah merasa bosan untuk berjalan-jalan, bisa menyewa sebuah perahu untuk keliling di danau.

Sedangkan di hutan penelitian, Anda dapat bercengkrama dengan rusa-rusa yang juga dipelihara di hutan ini. Atau hanya sekadar menghirup udara segar dan berfoto-foto bersama. Tempat wisata yang satu ini juga dapat Anda jadikan tempat alternatif untuk Anda yang ingin foto pre-wedding atau bisa juga untuk foto session lain.

Sebelumnya jangan lupa untuk meminta izin pada petugas yang ada di sekitar kandang rusa jika ingin melakukan sebuah aktivitas di hutan penelitian ini. Untuk dapat mencapai tempai ini, Anda bisa lewat Kampus IPB maupun dari arah Terminal Bubulak. Disini terdapat penunjuk arah yang membuat Anda tidak akan tersesat. yoshiewafa selamat liburan ke Situ Gede dan semoga liburan Anda menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates: