Taman Nasional Way Kambas Lampung

by Ahmad Wafa Aminudin , at 4:21 PM
Taman Nasional Way Kambas Lampung - yoshiewafa - Merupakan sebuah taman nasional tempat perlindungan gajah yang berada di Lampung, lebih tepatnya lagi berada di kecamatan labuhan ratu lampung timur, Pulau Sumatera, Indonesia.

Selain ada di Way Kambas, sekolah gajah atau Pusat Pelatihan Gajah  juga dapat ditemukan di Minas, Riau. Gajah sumatera atau Elephas maximus sumatranus yang hidup di kawasan ini semakin lama jumlahnya semakin berkurang.

Taman Nasional Way Kambas ini sudah berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah yang pertama ada di Indonesia. Pada awalnya bernama Pusat Latihan Gajah (PLG) akan tetapi sejak beberapa tahun terakhir ini kemudian namanya berubah jadi Pusat Konservasi Gajah (PKG).

Pusat Konservasi Gajah Diharapkan mampu untuk menjadi sebuah pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan juga konservasi. Sampai sekarang PKG ini sudah melatih lebih dari sekitar 300 ekor gajah yang telah disebar menuju ke seluruh penjuru Tanah Air.

Di Taman Nasional Way Kambas ini juga tedapat International Rhino Foundation yang tugasnya adalah menjaga spesies badak supaya tidak terancam punah.
Taman Nasional Way Kambas Lampung
Taman Nasional Way Kambas Lampung
Disini terdapat cukup banyak hewan yang hampir punah diantaranya seperti Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba , Buaya sepit. Sedangkan untuk spesies tanaman disini banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan.

Pada bagian pesisir dari Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga cukup sering ditemukan berbagai macam jenis burung antara lain seperti Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan berbagai macam burung yang lainnya.

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang lokasinya ada di ujung selatan Pulau Sumatera, berjarak sekitar 110 km dari pusat Kota Bandar Lampung. Tempat ini adalah salah satu cagar alam yang tertua di Indonesia dan menempati  lahan yang luasnya sekitar 1.300 km² dan berupa dataran rendah di sekitar kawasan Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.

Fasilitas di Taman Nasional Way Kambas


Fasilitas utama yang ada di dekat tempat wisata TNWK jaraknya sekitar 500 meter dari pintu masuk. Tempat ini disebut dengan nama Satwa Gajah Eco Lodge. Yaitu taman bertembok yang ditumbuhi banyak pohon buah-buahan tropis.

Satwa Gajah Eco Lodge juga menawarkan empat cottage yang masing-masing dengan kamar dan dapat menampung sampai dengan empat orang dan memiliki faslitas tempat tidur pegas, kipas angin, air panas dan juga toilet yang bergaya barat. Semua cottage, fasilitas dan juga kantor didukung dengan listrik bertenaga surya.

Di sini Anda juga bisa menemukan sebuah restoran terbuka yang menyediakan cukup banyak menu makanan Indonesia dan juga meneydiakan sarapan dengan menu makanan barat untuk memulai aktifitas di hari Anda.

Berjarak sekitar 30 km dari pintu masuk TNWK berada Way Kanan. Di sini Anda dapat menemukan beberapa jenis penginapan sederhana yang disewakan dengan harga antara Rp100.000,- sampai dengan Rp200.000,00.

Akomodasi yang tersedia disini sederhana namun sangat layak dan bersih, dengan dilengkapi kelambu. Di sini Anda tidak akan menemukan toko maupun warung makanan jadi sangat penting untuk Anda yang datang kesini membawa makanan sendiri.

Terdapat sebuah warung yang ada di Pusat Pelatihan Gajah akan tetapi hanya dibuka pada waktu siang hari jadi akan lebih baik jika Anda membawa makan malam sendiri. Disini Anda bisa menemukan pasar di Rajabasa Lama yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli barang kebutuhan seperti halnya beli kopi, mie maupun makanan kaleng di toko pintu masuk Plang Hijau.

Way Kanan Resort

Merupakan Satu-satunya resort yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Way Kambas ini banyak didatangi berbagai macam kalangan, mulai dari wisatawan lokal sampai mancanegara, hingga para peneliti yang berasal dari penjuru dunia.

Way Kambas tidak sekedar menjadi rumah untuk gajah Sumatera saja, akan tapi juga berbagai macam jenis flora dan fauna yang sering menjadi objek untuk penelitian para ilmuwan dan biolog.

Dengan tarif kamar Rp 200ribu tiap kamar, resort ini juga menyediakan fasilitas tour sepanjang sungai yang menggunakan alat transportasi perahu bermotor berkapasitas maksimal 6-7 orang, dengan harga mulai dari Rp 750rb sampai dengan Rp 1.5 jt.

Tips Masuk Taman Nasional Way Kambas


Izin masuk ke TNWK bisa Anda dapatkan di pintu masuk taman dan juga bisa dari pihak konservasi di kantor pusat yang ada di Bandar Lampung (Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11). Kantor ini jaraknya sekitar setengah kilometer jika dari terminal bus Rajabasa Lama, letaknya ada di sisi kiri dan di depannya ada sebuah patung gajah. Petugas disini akan dengan senang hati untuk membantu Anda tentang informasi Way Kambas.

Jangan harap Anda dapat meminta para penjaga untuk mengantarkan Anda menuju ke pinggiran taman, karena ini tidaklah diizinkan. Jika Anda mau bersabar dan tidak membuat keributan mungkin saja Anda bisa beruntung dan dapat melihat beberapa hewan liar yang ada disini, kemungkinan besar adalah seperti gajah liar.

Transportasi menuju Taman Nasional Way Kambas


Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum maka cara yang paling sederhana bisa mengunakan bus dari Terminal Raja Basa yang ada di Bandar Lampung menuju arah Way Jepara. Kemudian bisa turun di Gajah Batu, Desa Rajabasa Lama, Setelah sampai di Way Jepara Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Way Kanan atau ke Pusat Pelatihan Gajah (PLG) yang menjadi pintu masuk ke TNWK.

Perlu Anda ketahui bahwa bus terakhir yang akan berangkat dari Rajabasa Lama adalah sekitar pukul 15.00 sore dan akan jauh lebih baik jika Anda sudah tiba sebelum senja, karena tukang ojek tidak akan bersedia untuk mengantarkan Anda setelah lewat senja.

Alternatif yang lainnya dari Bandar Lampung Anda dapat naik bus menuju ke arah Metro dan kemudian naik bus yang akan menuju Rajabasa Lama.

Jida Anda datang dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan dari Bandar Lampung maka bisa mengambil rute Kota Bumi utara dan ikuti saja rute yang ditunjukan oleh marka gambar gajah untuk dapat sampai di TNWK. Anda juga dapat menggunakannya dari Bandar Lampung menuju ke Way Kambas akan tetapi harganya jauh lebih mahal.

Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Lampung yang populer dan sangat tepat untuk Anda jadikan tempat liburan bersama dengan kerabat maupun keluarga Anda. yoshiewafa selamat Liburan ke TNWK.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Taman Nasional Way Kambas Lampung - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 4:21 PM, categorized as Wisata Lampung
Comment disabled