Patung Buddha Empat Wajah di Surabaya

Advertisement.
Patung Buddha Empat Wajah yang ada di Surabaya ini memiliki delapan tangan dan hampir mirip seperti Patung Buddha yang ada di Thailand, keberadaan patung seperti ini mungkin tidak banyak di Indonesia.

Keberadaan beberapa patung Buddha kini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Untuk Anda yang tertarik dengan Patung Buddha Empat Wajah simak ulasan ragamtempatwisata.com berikut ini.

Di Surabaya, Jawa Timur, terdapat salah satu patung Buddha yang cukup terkenal. Bedanya dengan patung buddha yang lainnya, patung Buddha yang ada di Surabaya ini mempunyai 4 wajah dan 8 tangan. Menarik sekali bukan!

Keberadaan patung Buddha yang menarik ini di kawasan sekitar Pantai Ria Kenjeran, jika Anda dari Kota Surabaya jaraknya sekitar 9 km saja.

Patung Buddha ini sangat mudah sekali untuk ditemukan karena bangunan patung yang tinggi dan berada dekat dengan Kelenteng Sanggar Agung.
Patung Buddha Empat Wajah
Patung Buddha Empat Wajah
Warna dari Patung Buddha ini adalah emas, Tingginya mencapai 36 meter jika digabungkan dengan tinggi sampai ke puncak kubahnya. Patung Buddha empat wajah ini sudah diresmikan pada November 2004 yang lalu.

Empat Wajah yang dimiliki patung Budhha ini merupakan sebuah lambang dari sifat kebaikan sang Buddha itu sendiri, yaitu melambangkan murah hati, pengasih, adil, dan meditasi.

Delapan tangan yang dimiliki melambangkan kekuatan dari sang Buddha dan masing-masing tangan memegang benda-benda yang berbeda pula.

Tangannya ada yang memegang tasbih, ada yang pegang tongkat kebesaran, juga cakram, ada juga yang membawa cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Salah satu tangan kanannya pun juga memegang dada.

Ukuran dari patungnya pun mengandung angka 9, seperti halnya panjang sisi alasnya dan tinggi dari patung Buddha. Angka 9 tersebut adalah sebuah angka tunggal yang tertinggi, sekaligus merupakan sebuah lambang kesempurnaan.

Suasana disini sangat asri dan dapat menemani Anda waktu sedang melihat patung Buddha empat wajah ini dari jarak yang dekat.

Di sekitar patung Buddha ini terdapat taman-taman yang dipenuhi dengan pepohonan rindang. Selain itu, disini juga ada patung gajah dan ruangan untuk meditasi di sekitar patung Buddha ini dan dapat digunakan untuk beribadah bagi yang memeluk agama Buddha.

Tidak heran jika ada beberapa umat Buddha sering berdoa di dekat patung Buddha ini. Karena patung Budha 4 wajah yang ada di Surabaya ini mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau juga biasa disebut Tao Maha Phrom yang berada di Altar Erawan, Bangkok, Thailand.

Wisatawan yang berkunjung kesini bisa melihat patung ini dari jarak yang dekat. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memotretnya atau jika ingin berpose dengan patung Buddha empat wajah ini sebagai latarnya.

Tapi Anda harus ingat satu hal, Anda harus bisa menjaga perilaku dan bisa menghormati umat Buddha yang beribadah di sekitarnya. Sekian dari ragamtempatwisata.com yang dikutip dari detik travel, selamat jalan-jalan ke wisata di Surabaya!

Subscribe to receive free email updates: