Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Advertisement.
Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak - Kebutuhan otak Anda untuk berolahraga itu seperti otot jika anda sedang bergerak. Jika Anda sering menggunakannya dengan cara yang tepat, Anda akan menjadi seorang pemikir yang lebih terampil dan dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk selalu fokus.

Tetapi jika Anda tidak pernah menggunakan otak Anda, atau menyalahgunakannya dengan menggunakan bahan kimia berbahaya, kemampuan Anda untuk berpikir dan belajar akan memburuk.

Berikut ini adalah 5 cara meningkatkan kecerdasan otak, dan setiap orang dapat menekankan produktivitas sedikit lebih keluar dari materi abu-abu tua.
Gambaran untuk Otak yang Cerdas
Gambaran untuk Otak yang Cerdas

1. Minimalkan Menonton Televisi


Ini merupakan pengaruh yang buruk jika terlalu sering menonton televisi. Orang yang suka berdiam diri di depan televisi, termasuk saya sendiri lebih sering menonton daripada yang saya inginkan. Masalahnya adalah jika Anda menonton televisi dan tidak menggunakan kapasitas mental yang lebih akan sangat memungkinkan untuk mengisi ulang kembali. Seperti memiliki energi yang melemahkan dan keluar dari otot yang tidak bermanfaat seperti kesehatan dari olahraga.

Anda merasa lelah setelah beberapa jam menonton TV? Mata Anda jadi terasa sakit dan lelah karena terfokus pada kotak cahaya untuk waktu yang begitu lama. Anda bahkan jadi tidak punya energi untuk membaca buku. Ketika Anda sedang santai, cobalah untuk membaca buku sebagai gantinya. Jika Anda sudah terlalu lelah, Anda dapat mendengarkan musik sekedar untuk hiburan. Ketika Anda sedang bersama teman atau dengan keluarga, untuk beberapa waktu meninggalkan TV dan Anda akan memiliki teman untuk sebuah percakapan atau pembicaraan. Atau sedang melakukan semua hal yang menggunakan pikiran Anda lebih dari sekedar menonton televisi dan memungkinkan Anda untuk lebih santai.

2. Latihan atau Berolahraga


Dulu saya pernah berpikir bahwa saya akan belajar lebih banyak dengan tidak berolahraga dan lebih menggunakan waktu yang saya miliki untuk membaca buku sebagai gantinya. Tapi kemudian saya menyadari bahwa waktu yang dihabiskan untuk berolahraga akan mengarah pada pembelajaran yang lebih besar karena dapat meningkatkan produktivitas selama waktu setelah berolahraga. Menggunakan tubuh Anda membersihkan kepala Anda dan menciptakan gelombang energi. Setelah itu, Anda merasa segar kembali dan akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

3. Membaca Buku yang Menantang


Banyak orang suka membaca fiksi ketegangan yang populer, tetapi umumnya buku-buku ini tidak merangsang mental. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan pikiran Anda dan kemampuan untuk menulis, Anda harus membaca buku-buku yang dapat membuat Anda fokus. Seperti membaca novel klasik dapat mengubah pandangan Anda tentang dunia dan akan membuat Anda berpikir lebih tepat. Jangan takut untuk mencari tahu jika Anda tidak tahu tentang itu, dan jangan takut pada bagian padat. Luangkan waktu Anda, membaca kembali bila diperlukan, dan lama kelamaan Anda akan segera terbiasa untuk membaca dengan gaya seorang penulis.

Setelah Anda jadi terbiasa untuk membaca buku yang menantang, saya pikir Anda akan menemukan bahwa Anda tidak tergoda untuk kembali ke halaman tukang bubut. Tantangan untuk belajar dengan ide-ide yang baru jauh lebih menarik.

4. Tidur Lebih Awal


Akan membuat lebih sulit untuk berkonsentrasi jika Anda kurang tidur. Anda akan merasa paling diremajakan jika Anda pergi tidur lebih awal dan tidak tidur lebih dari 8 jam. Jika Anda tidak tidur sampai larut malam dan tidur terlambat, ketika Anda bangun akan lesu dan akan mengalami kesulitan untuk fokus. Dalam pengalaman saya di pagi hari adalah waktu yang paling tenang dan produktif. Bangun lebih awal akan memberikan Anda waktu lebih banyak untuk menjadi lebih produktif dan memaksimalkan ketajaman mental Anda di sepanjang hari.

Jika Anda mempunyai kesempatan, tidurlah di siang hari 10-20 menit ketika Anda sedang menahan rasa kantuk. Tidur singkat di siang hari akan menyegarkan Anda.

5. Luangkan Waktu untuk Renungan


Seringkali hidup kita menjadi begitu sibuk dan kita jadi kewalahan dengan aktifitas kita sehari-hari bahkan tanpa kita menyadarinya. Menjadi sulit untuk berkonsentrasi karena pikiran yang mengomel terus saja mengganggu. Menghabiskan waktu sendirian dalam refleksi akan memberikan Anda kesempatan untuk mengatur pikiran dan dapat memprioritaskan tanggung jawab Anda. Setelah itu, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang penting dan apa yang tidak. Hal-hal penting tidak akan mengganggu Anda lagi dan pikiran Anda akan tidak terbebani.

Saya tidak mengatakan Anda harus duduk di lantai dan bersila sambil menyanyikan 'ommm'. Apa saja yang memungkinkan untuk kesendirian akan tetapi jangan melakukannya secara berkepanjangan. Salah satu favorit pribadi saya adalah berjalan-jalan sendirian. Seseorang yang terkenal berkata, "Semua ide-ide terbaik  dapat muncul ketika sedang berjalan." Percobaan untuk menemukan aktivitas untuk Anda bekerja lebih baik lagi.

Kesimpulan - Saya harap Anda tidak kecewa karena tidak ada teknik saya yang telah diusulkan dalam revolusioner. Tapi sederhana, jawaban tanpa kegirangan seringkali yang paling sah. Tantangannya adalah memiliki kemauan untuk mematuhi mereka. Jika Anda berhasil mengikuti 5 cara meningkatkan kecerdasan otak ini, Anda akan dihargai dengan ketajaman mental yang meningkat dan retensi pengetahuan yang luas. yoshiewafa Selamat mencoba dan semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates: