Wisata Alam Telaga Permai Batu Besaung Di Samarinda

Advertisement.
Wisata Telaga Permai Batu Besaung Samarinda - yoshiewafa Telaga Batu Besaung merupakan salah satu objek tempat wisata alam di kota Samarinda yang menawarkan keindahan alam Pulau Kalimantan, tempat ini memiliki beberapa air terjun yang besar dan berada di beberapa titik dari wilayah Telaga Batu Besaung ini. Para pengunjung yang pernah datang ke Tempat ini seringkali menyempatkan waktu menuju telaga air yang berada dibawah air terjun. Kemudian berendam dan bermain air di telaga air terjun.

Dan keberadaan telaga-telaga yang tersebar di beberapa titik di daerah ini kemungkinan adalah salah satu alasan kenapa objek wisata alam ini diberi nama Telaga Permai Batu Besaung. Karena benturan dari air terjun pada permukaan tanah dibawahnya yang menyebabkan terbentuknya sebuah telaga yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri.
Telaga Batu Besaung
Foto Oleh : Jalan2.com

Pada umumnya telaga memiliki kedalaman yang relatif dangkal, sampai sinar matahari dapat dengan mudah untuk menembus sampai ke dasar telaga. Namun di karenakan telaga yang terdapat di Telaga Permai Batu Besaung terbentuk akibat gerusan dari air terjun, kemungkinan sinar matahari jadi agak sulit untuk menembus  sampai ke dasar telaga walau kedalamannya relatif dangkal. Di karenakan air terjun tersebut dapat membuat pasir di dalam dasar telaga jadi berhamburan. karena itulah airnya tidak sejernih telaga lain yang tidak terbentuk karena gerusan air terjun.

Keindahan alam dan lingkungannya dipenuhi dengan pohon hijau, sehingga membuat Telaga Permai Batu Besaung menjadi sebuah tempat yang cocok untuk berkemah jika anda ingin berkemah di daerah ini. Kegiatan rekreasi diluar ruangan ini pada umumnya dilakukan untuk sementara waktu menjauh dari keramaian dan kebisingan kota. Telaga Permai Batu Besaung dapat menyediakan suasana tenang seperti itu. Dengan kawasan yang dikelilingi oleh hutan, Telaga Permai Batu Besaung dapat menciptakan lingkungan nyaman jauh dari keramaian. Pihak pengelola memang menyediakan kawasan Telaga Permai Batu Besaung sebagai tempat berkemah bagi mereka yang ingin melakukan aktifitas tersebut.

Kawasan Telaga Permai Batu Besaung dilewati oleh beberapa aliran sungai kecil, membuat beberapa pengunjung merasa kalau mungkin akan jauh lebih menyenangkan jika mendirikan sebuah kemah di tepi sungai kecil tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena sungai yang mengalir di Telaga Permai Batu Besaung relatif dangkal, dan tidak sampai kedalaman lutut kaki orang dewasa. sehingga akan tetap aman walaupun anda mendirikan tenda di tepi sungai.

Jika anda datang untuk berkemah maka anda harus menjaga kebersihan lingkungan di kawasan Telaga Permai Batu Besaung ini, Contohnya tidak membiarkan api unggun dalam keadaan menyala waktu anda ingin tidur didalam tenda. Sekedar Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum anda pulang tidak ada salahnya untuk mengumpulkan sampah-sampah selama kegiatan berkemah. Walaupun sederhana namun dapat menjaga kebersihan lingkungan di kawasan Telaga Permai Batu Besaung  Agar pengunjung lain yang datang berikutnya juga dapat menikmati keindahan alam yang ada di kawasan Telaga Permai Batu Besaung tanpa harus terganggu dengan sampah-sampah yang berserakan.

Kawasan Telaga Permai Batu Besaung berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Samarinda. Lokasi tersebut memberikan akses yang cukup mudah untuk para pengunjung. Terutama untuk pengunjung yang berasal dari wilayah kota Samarinda. Karena sudah tersedia transportasi umum yang bisa mengantarkan para pengunjung  untuk menuju ke lokasi Telaga Permai Batu Besaung  Tentu saja anda juga bisa datang menuju Telaga Permai Batu Besaung menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Di karenakan lokasinya yang berada ditengah kota, jadi fasilitas jalan untuk menuju ke kawasan Telaga Permai Batu Besaung akan terlihat mulus. Jalanan ini juga akan menunjukkan keindahan alamnya. Terutama jalanan yang sudah dekat dengan lokasi Telaga Permai Batu Besaung Dimana pada sisi jalanan tersebut anda bisa menemukan sebuah tambak ikan dan peternakan ayam. Selain itu di sepanjang jalan anda juga dapat melihat beberapa bangunan vila ditambah dengan satu rumah kapal. Bangunan-bangunan tersebut berdiri dengan dikelilingi oleh hijaunya pesona hutan alami Kalimantan.

Untuk anda yang datang membawa kendaraan sendiri, pengelola Telaga Permai Batu Besaung sudah menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Walaupun Telaga Permai Batu Besaung merupakan kawasan yang menyediakan objek wisata panorama alam, bukan berarti lahan tempat parkirnya hanya berupa tempat terbuka yang berada ditengah hutan. Namun untuk fasilitas parkir kendaraan sudah dibangun dengan baik. Dan permukaan lahan parkir yang sudah diaspal.

Di sekeliling lahan parkir ini juga bukan hanya hutan rimba saja, akan tapi berupa kompleks yang sudah dihias dengan taman-taman. Tidak jauh dari lahan tempat anda parkir terdapat gedung utama milik pengelola Telaga Permai Batu Besaung Jadi anda bisa dengan tenang menitipkan kendaraan anda selama berekreasi di Telaga Permai Batu Besaung.

Refrensi : Wikipedia, Jalan2.com

Subscribe to receive free email updates: