Pantai Ngobaran di Jogja / Yogyakarta Menakjubkan

Advertisement.
Pantai Ngobaran di Jogja / Yogyakarta Menakjubkan - Merupakan salah satu objek wisata alam jogja yang berada di gugusan laut pantai selatan lebih tepatnya terletak di Desa Kanigoro, kec. Saptosari Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Kurang lebih sekitar 2 km dari pantai Ngrenehan. Dengan jarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Dan membutuhkan sekitar 2 jam waktu perjalanan untuk sampai ke lokasi pantai ini jika Anda dari Yogyakarta.

Pantai ini terlihat sangat indah ketika air laut sedang surut akan nampak kolam kolam kecil yang unik dan terbentuk dari karang karang yang tertutup alga atau rumput laut hijau yang menjadi bahan baku kosmetik, disini juga terdapat banyak biota laut lain yang berkemungkinnan terjebak di kolam karang tersebut.

Hal ini menjadi penopanng kehidupan dari nelayan darat yaitu para nelayan yang tidak menggunakan kapal atau perahu untuk mendapat hasil dari laut, hanya dengan beraktifitas dipinggir pantai, para nelayan tersebut sudah bisa mendapatkan hasil laut. Biota laut yang sering di dapatkan para nelayan darat adalah Lobster, landak laut, kerang, bintang laut dan rumput laut.
Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran
Foto oleh : flickr.com

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, sisi lain dari Gunungkidul dikenal sebagai kawasan yang tandus, kering dan cukup sering kekurangan air. Namun sisi lainnya dari Gunungkidul juga memiliki berjuta pesona keindahan pantainya yang eksotis dan cantik, salah satunya yaitu Pantai Ngobaran.

Kondisi dari Pantai Ngobaran terbilang masih alami. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih di tepi pantai, yang ditemani dengan gulungan ombak serta deretan batu karang yang berjejer, dan juga rumput laut yang hijau alami menghiasi sebagian dari pantai ini. Disini pengunjung dapat menemukan puluhan binatang laut yang terdapat di sela-sela batu karang.
Laut Lepas Pantai Ngobaran
Laut Lepas Pantai Ngobaran
Foto Oleh : flickr.com

Pantai Ngobaran mempunyai ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang juga berada di Gunungkidul. Di Kawasan pantai ini terdapat sebuah pura yang terletak diujung batu karang seperti Pantai yang berada di Pulau Bali. Ketika memasuki kawasan pantai ini Anda akan menjumpai sebuah prasasti yang berada disebelah kanan dan kirinya terdapat arca dan juga stupa.

Di sebelah selatan prasasti, Anda dapat melihat sebuah pura. Pura ini sering digunakan pengunjung untuk melihat keindahan pemandangan laut yang menakjubkan. Dekat dengan pura ada sebuah mushola yang berukuran 3 x 4 meter dan sebuah rumah joglo.
Pura di kawasan pantai Ngobaran
Pura di kawasan pantai Ngobaran
Foto Oleh : flickr.com

Jika Anda sudah puas berkeliling di kawasan pantai Ngobaran, dan ingin mencari tempat untuk makan. Di kawasan ini terdapat salah satu kuliner khas yang dapat Anda beli di warung-warung makan yang ada di sepanjang jalan menuju pantai Ngobaran, kuliner khas tersebut adalah Landak Laut Goreng. Menu yang satu ini sudah terkenal di kawasan pantai Ngobaran.

Tiket masuk menuju pantai ini bisa dikatakan cukup murah dengan harga Rp 3 ribu per orang dan dapat menikmati berbagai fasilitas yang seadanya seperti kamar mandi, tempat parkir, musholla, dan warung makan.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: