Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat)

Advertisement.
Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat) - yoshiewafa - Gedung ini dirancang oleh arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintahan Negeri Belanda. Dibutuhkan tenaga sampai 2.000 orang pekerja. Di antara ribuan pekerja tersebut, terdapat kurang lebih 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu serta pemahat batu yang sangat trampil di negerinya.

Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebutkan bahwa Gedung Sate dengan rancangan kompleks Pusat Perkantoran Instansi Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung adalah sebuah maha karya besar. Sementara itu Coor Passchier dan Jan Wittenberg, dua orang arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, menyebutkan bahwa Gedung Sate adalah sebuah bangunan monumental yang anggun dan mempesona, serta mempunyai gaya arsitektur yang unik, dan gigantik.

Gedung Sate sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari “Kompleks Pusat Perkantoran Insatansi Pemerintah Sipil” yaitu hanya sekitar 5% nya saja. Hindia Belanda yang menempati lahan Bandung Utara seluas 27.000 meter persegi. Oleh penduduk tempo dulu “Gedong Sate” dinamakan “Gedong Bebe” yang kemudian menjadi lebih populer dengan nama “Gedung Sate” karena pada puncak menara gedung tersebut terdapat sebuah “tusuk sate” dengan 6 buah ornamen berbentuk jambu air.

Gedung Sate terletak di Jl Diponegoro Kota Bandung ini sudah berdiri sejak 27 Juli 1920. Dahulu pada awal dibangunnya gedung sate ini desebut dengan nama “Gouvernements Bedrijven” yang di dirikan sebagai salah satu pusat pemerintahan belanda, karena pemerintahan belanda menetapakan bahwa Kota Bandung sebagai sebuah Ibu Kota Negeri Jajahan Belanda. Pemilihan Kota Bandung sebagai sebuah Ibu Kota karena iklimnya yang sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai ibu kota, dan ketika itu Iklim di kota Bandung bagaikan senyaman perancis selatan pada musim panas.
Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung
Pesan : Paket Wisata Bandung

Subscribe to receive free email updates: