Daftar Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah

Advertisement.
Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah yang dapat Anda jadikan destinasi wisata menarik bersama dengan keluarga ataupun kerabat terdekat adalah seperti Agrowisata Salak Sodong, Curug Genting dan Curug Gombong. Kabupaten Batang ini lokasinya berbatasan dengan Kendal di sebelah timur, Banjarnegara di arah selatan, serta Pekalongan di bagian barat.

Sebagian besar dari kawasan Kabupaten Batang adalah perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah yang berada di sepanjang pantai utara tidak terlalu lebar. Pada bagian selatannya terdapat Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya yaitu Gunung Prau yang memiliki ketinggian sekitar 2.570 meter

Kabupaten Batang ini mempunyai wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam seperti hutan dan laut, sehingga membuat Kabupaten Batang ini merupakan tempat yang sangat strategis untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Beberapa objek wisata di Batang antara lain.

Agrowisata Salak Sodong
Agrowisata Salak Sodong
Agrowisata Salak Sodong
Lokasinya berada di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal yang berjarak kurang lebih sekitar 17 km dari ibu kota Kabupaten Batang. Tempat ini berada di ketinggian 600 - 800 m dari permukaan air laut. Desa Sodong mempunyai potensi alam yang masih dalam pembangunan yaitu Curug serta Agrowisata Salak Sodong, selain itu Desa Sodong juga dikenal sebagai desa penghasil kapulogo, panili, dan cengkeh. Pada tahun 1999 Salak Sodong pernah menjadi juara dari lomba buah Tingkat propinsi Jawa Tengah.

Curug Genting
Curug Genting
Curug Genting
Lokasi Curug Genting terdapat di kawasan wilayah Kecamatan Blado, yang berjarak kurang lebih 38 km menuju ke arah selatan jika dari Kota Batang. Air terjun ini sangat indah dan memiliki ketinggian 40 m dengan dikelilingi hutan pinus di sekitarnya. Dengan suhu udara yang masih segar dan alam pedesaan yang masih asri menghijau, Curug Genting ini adalah tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi yang menyenangkan bersama kerabat ataupun keluarga.

Curug Gombong
Curug Gombong
Curug Gombong
Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 13m dan membelah batuan yang berlapis rata alami (batu rai). Lokasinya berada di desa Gombong sekitar 6 km di sebelah selatan Kecamatan Subah. Sejauh ini masih belum ada investor yang ingin mengembangkan Curug Gombong untuk di jadikan obyek wisata potensial.

Pantai Sigandu
Pantai Sigandu
Pantai Sigandu

Panorama yang menawan dari pantai Kota Batang akan lebih terlihat cantik di sore hari, sementara itu perahu para nelayan yang pulang bersandar dan membongkar ikan hasil tangkapannya.

Upacara Nyadran
Upacara Nyadran
Upacara Nyadran
Di sebuah pantai yang menjadi tempat bermuaranya dari kali Sambong yang membelah kota batang diselenggarakan sebuah upacara selamatan pantai yang dinamakan (nyadran) dengan menggunakan arak-arakan serta lomba perahu dayung tradisional yang diikuti oleh seluruh nelayan di Batang. Upacara Nyadran ini diselenggarakan setiap tahun dan waktunya bertepatan dengan hari raya Idul Fitri yang diadakan sebagai rasa puji syukur kepada Tuhan YME atas rejeki yang telah dilimpahkan kepada umatNya.

Pantai Ujung Negoro
Pantai Ujung Negoro
Pantai Ujung Negoro
Pantai Ujung Negoro merupakan kawasan pantai utara yang berada di wilayah Batang, lokasinya berada sekitar 15 km menuju arah timur laut jika dari Kota Batang. Bagian tepi pantainya ada yang sampai berketinggian kurang lebih 15 m dari permukaan air laut, hal ini sangat jarang ada di sepanjang pantai utara pulau Jawa. Pada dataran pantai yang tinggi juga terdapat sebuah Gua bernama Aswotomo dan sebuah pemakaman kecil peninggalan dari Syeikh Maulana Maghribi. Di sekitar kawasan ini juga tersedia tempat yang menarik untuk bersampan dan untuk memancing.

Pantai Pelabuhan
Pantai Pelabuhan Batang
Pantai Pelabuhan Batang
Lokasinya berada di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing yang berjarak kurang lebih sekitar 50 km dari pusat kota Batang. Pantai ini sangat bagus untuk dijadikan tempat memancing dan disini juga terdapat sumber air tawar yang berada di tepi pantai.

Kurang lebihnya itulah tempat wisata di Batang yang dapat yoshiewafa ulas kali ini sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di Jawa Tengah, Pulau Jawa, Indonesia. Selamat berlibur ke Batang ^_^.

Subscribe to receive free email updates: