Kebun Raya Cibodas Wisata Alam di Bogor

Advertisement.
Kebun Raya Cibodas - yoshiewafa - Merupakan salah satu tempat wisata alam di Bogor yang dapat Anda jadikan pilihan ketika liburan menuju Bogor. Lokasinya terdapat di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi dari lapangannya bergelombang serta berbukit-bukit dengan memiliki ketinggian sekitar 1.275 m diatas permukaan air laut, suhu udaranya berkisar antara 17 - 27 derajat Celcius.

Kebun ini pertama kalinya didirikan tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai salah satu cabang dari Kebun Raya Bogor yang berlokasi di kaki Gunung Gede. Dengan memiliki curah hujan 2.380 mm per tahunnya dan suhu rata-ratanya adalah 18 derajat Celsius, kebun botani ini memang dikhususkan untuk koleksi tumbuh-tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai macam tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Berbagai macam fasilitas tersedia di kawasan Kebun Raya Cibodas ini, mulai dari tersedianya lapangan untuk tempat parkir yang luas dan mampu untuk menampung puluhan kendaraan beroda empat maupun bus, ruang informasi yang sudah dilengkapi dengan dokumentasi dari Wana Wisata Cibodas, areal tempat bermain untuk anak-anak, mushola, toilet umum, pendopo, shelter, teater di alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang mampu untuk menampung sekitar 200 tenda.
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas
Lokasi Kebun Raya Cibodas ini juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata di bogor yang lainnya. Disebelah Kebun Raya Cibodas juga terdapat Bumi Perkemahan Mandala Kitri yang sekarang dikelola oleh Pramuka. Disini juga tersedia lapangan untuk bermain golf, Bandung Asri Mulya.

Pada bumi perkemahan Mandalawangi yang dikelola oleh pihak Perum Pehutani akan tampak sebuah patung dinosaurus, yang memberikan sebuah gambaran ataupun peringatan supaya kelestarian hutan ini janganlah sampai musnah seperti halnya binatang purba yang sekarang hanya tinggal sejarah tersebut.

Selain itu, Kebun Raya Cibodas ini lokasinya juga dekat dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP).
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas dimaksudkan sebagai sebuah tempat untuk melestarikan koleksi ex situ (di luar habitat) untuk tumbuh-tumbuhan yang hidup di kawasan tropis basah dataran tinggi. Yang juga termasuk didalam koleksinya adalah berbagai macam jenis pohon besar yang dilindungi seperti halnya tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam dan juga terdapat pula air terjun. Dari pintu masuk menuju ke lokasi air terjun berjarak sekitar 750 meter.

Koleksi paling khas yang ada di Kebun Raya Cibodas Bogor ini adalah seperti Taman Lumut Cibodas yang mempunyai sekitar 216 jenis lumut dan lumut hati yang berasal dari berbagai sudut Indonesia serta dunia. Dengan luas kurang lebih sekitar 2500m persegi, taman ini sudah diklaim sebagai satu-satunya yang ada di dunia yang berada di luar ruangan dan memiliki koleksi yang terbanyak.

Untuk Anda yang ingin mencapai Kebun Raya Cibodas, rute perjalanan dapat Anda mulai dari Cipanas kemudian lewat Simpang Tiga Paregrejen dengan perjalanan sejauh 5 km. Jika dari Jakarta, Bogor, dan Bandung dapat menggunakan roda dua dan empat maupun bus besar juga bisa masuk ke dalam kawasan ini.
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas
Jika Anda menggunakan bus atau colt turunlah di pertigaan Cibodas, kemudian langsung menggunakan angkutan umum dengan mengambil rute Cipanas-Rarahan, setelah sampai di Balai Taman Nasional Gede-Pangrango, selanjutnya Anda hanya tinggal berjalan kaki saja untuk menuju Kebun Raya Cibodas.

Jika dari simpang tiga (Simpang Paragajen) untuk menuju Cibodas, di kiri dan kanan jalan banyak dijual berbagai macam tanaman hias khusus untuk daerah pegunungan yang sangatlah indah, memiliki banyak sekali warna-warni serta beraneka ragam jenisnya.

Jika Anda sedang liburan menuju puncak bogor maupun the jungle atau taman safari indonesia di bogor juga dapat mampir sekalian ke Kebun Raya Cibodas. Selamat Liburan!!

Subscribe to receive free email updates: