Pantai Drini dan Pulau Karang di Jogja yang Tenang

Advertisement.
Pantai Drini dan Pulau Karang di Jogja yang Tenang - yoshiewafa - Salah satu pantai di Gunungkidul Yogyakarta ini memiliki suasanya yang tenang dan nyaman untuk Anda yang suka dengan ketengangan. Disini terdapat sebuah pulau karang yang berada di bibir pantai dan membelah Pantai Drini hingga menjadi dua bagian dengan memiliki karakter yang bertolak belakang. Terlihat dari sisi Timur yang sangat tenang dan pada bagian Barat terlihat sangat garang, oleh karena itu Pantai Drini menjadi sebuah pantai yang mempunyai karakter ganda.

Aroma laut akan mulai tercium ketika Anda sudah mulai menyusuri jalanan yang mulus di pinggiran kawasan Gunungkidul, itu merupakan sebuah pertanda jika Anda sudah semakin dekat dengan pantai. Berjarak waktu sekitar dua jam jika berkendara dari Jogja akan terbayar lunas sewaktu Anda sudah sampai di Pantai Drini.

Ketika sinar matahari masih memancarkan kecerahannya, dan masih berbaik hati untuk melukis langit biru semakin menambah keindahan lukisan alam, juga akan menjadi latar untuk hamparan pasir putih yang bersih. Sementara itu terdapat sebuah pulau karang yang mengapung kesepian di tengah-tengah samudera.
Pantai Drini
Pantai Drini
Pantai Drini juga menjadi salah satu pantai yang istimewa dalam deretan pesisir pantai di Gunungkidul karena disini terdapat sebuah pulau kecil yang berada di tengahnya, dan membagi pantai Drini menjadi dua bagian. Katanya di pulau tersebut banyak ditumbuhi pohon santigi (Pemphis acidula), namun masyarakat di sini biasa menyebutnya dengan nama drini.

Itulah sebab kenapa pantai serta pulau ini dinamai drini. Pada waktu laut sedang surut, Anda dapat pergi berkunjung ke pulau Drini. Tidak perlu menjadi climber hanya untuk memanjat karang, karena terdapat tangga beton yang dapat mengantarkan pengunjung sampai atas.
Pantai Drini dan pulau karang
Pantai Drini dan pulau karang
Dari atas Pulau Drini, pandangan Anda dapat menyisiri seluruh Pantai Drini, dan bisa melihat gunungan alang-alang atap gazebo sampai dengan deretan perahu nelayan. Namun sekarang sudah tidak ada lagi pohon drini, yang ada hanya pandan laut (Pandanus tectorius) yang memenuhi di setiap jengkal tanah, berebut kehidupan dengan rerumputan.

Pulau Drini yang memisahkan sisi Timur dan Barat pantai ini dan membuatnya menjadi dua karakter yang berbeda. Seperti manusia yang memiliki kepribadian ganda, pada satu sisi sangat tenang dan lembut, sementara pada sisi lainnya begitu keras dan garang.
Pantai Drini Jogja
Pantai Drini Jogja
Di bagian timur pantai, ada tebing-tebing yang berbaris gagah, dan berdiri angkuh seolah terlihat seperti menantang sang penguasa laut. Terpadu dengan pulau karang, membuat terbentuknya sebuah laguna yang elok. Dengan terjaganya dari amukan ombak, menjadikan tempat ini nyaman untuk mandi hangat di air yang asin.

Kondisi dari air laut di Pantai Drini yang berwarna biru agak kehijauan, dengan memiliki dinding dan pulau karang yang mengelilingi, serta beratapkan langit yang biru, ditambah pandangan bebas menuju lautan lepas, merupakan sebuah gambaran dari keindahan alam yang sangat megah.
Pantai Drini Gunung Kidul
Pantai Drini Gunung Kidul
Sambil menikmati pemandangan air laut, sebuah akuarium alam yang memiliki koleksi bermacam-macam biota laut yang selalu menemani. Sekelompok gerombolan Ikan dengan jenis Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major terlihat sedang bermain petak umpet, berkejaran antara satu dengan yang lainnya di sela-sela karang, terlihat saling bersembunyi dari teman yang sepermainannya.

Pada bagian tengah pantai, satu jalur dengan arah menuju pulau Drini, terdapat sesuatu yang tampak menarik. Disitu akan terlihat kumpulan tipis dari pasir hitam yang berdiameter sangat halus menerobos dominasi dari pasir putih.

Jika mata Anda tidak terlalu awas, maka bagian ini akan terlewatkan. Menurut dari penelitian, dahulunya disini terdapat sebuah sungai di bawah tanah yang bermuara di Pantai Drini. Alirannya juga membawa pasir berwarna hitam yang sampai sekarang masih dapat dilihat.

Pada sisi bagian Barat pantai juga memiliki keindahan pesona alam yang tidak kalah eksotisnya, deretan dari perahu yang bercadik tertambat, sedang beristirahat sejenak setelah semalaman telah bergelut dengan kerasnya ombak laut Selatan.

Disini Anda juga dapat melihat beberapa nelayan yang menebarkan jala ke dalam air laut, dan berharap akan ada ikan yang mau mendatangi jala yang mereka tebarkan, menyerahkan diri untuk menyambung hidup dari keluarga para nelayan tersebut.

Pantai Drini juga menjadi kampung nelayan tradisional. Karakter dari ombak yang lebih kuat serta langsung menuju ke samudera tanpa adanya karang yang menghalangi, menjadi sebuah tempat yang tepat untuk para nelayan dan juga untuk jalur berangkat dan pulang melaut.
Pantai Drini dan Pulau Karang di Jogja
Pantai Drini dan Pulau Karang di Jogja
Setelah Anda sudah merasa lelah berkeliling pantai tempat wisata di Jogja ini, Anda dapat beristirahat di gazebo-gazebo kayu beratapkan ilalang. Disini Anda dapat menikmati kesegaran dari air kelapa muda yang dapat menghilangkan rasa dahaga sambil menunggu hasil ikan tangkapan dari para nelayan matang dibakar. Liburan ke Pantai Drini akan membuat seolah-olah sedang datang ke ahli terapi. Untuk memulihkan lelah di kaki dan di hati. Untuk Anda yang ingin liburan ke jogja, yoshiewafa memiliki beberapa daftar hotel murah di jogja yang dapat Anda jadikan referensi dan pilihan.

Subscribe to receive free email updates: