Wisata Bogor Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi)

Advertisement.
Wisata Bogor Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi) Masih jalan jalan di Kota Bogor, kali ini kita akan mengunjungi Taman Topi yang merupakan sebuah Taman tertua di kota Bogor dan jadi sebuah sarana berkumpul bersama dengan keluarga.

Merupakan sebuah taman yang sangat asri dan bersih dari berbagai sampah. Taman yang dapat menyejukan mata ini sering disebut dengan nama Taman Topi oleh masyarakat sekitar.

Sebenarnya nama dari taman yang lokasinya berada di stasiun Bogor ini, bukan Taman Topi, namun, Plaza Kapten Muslihat.

Tahun 1975 Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M resmikan Taman Ade Irma Suryani, dan kemudian pada tahun 1985 resmikan kembali Taman Plaza Kapten Muslihat ini dengan luas area kurang lebih sekitar 23750m2, nama dari taman-taman ini diambil dari nama pahlawan dari Bogor dan Indonesia yang sekarang biasa disebut dengan nama Taman Topi, dahulunya pada jaman pemerintahan Belanda taman ini disebut Kebun Kembang,
Wisata Bogor Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi)
Wisata Bogor Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi)
Masyarakat sekitar menyebutnya Taman Topi karena melihat adanya bangunan unik yaitu berbentuk sebuah topi, padahal kalau kita melihat secara lebih teliti hanya ada satu bangunan saja yang bentuknya topi.

Bangunan dari Taman Topi yang unik, motif, atap serta warna. Sebuah bangunan tidak hanya sekedar sebuah bangunan, bangunan ini mempunyai makna tersendiri yang sesuai dengan kota Bogor seperti halnya daun alas, daun pisang serta daun alpukat, untuk melambangkan kepahlawanan ada bangunan beratap helm seorang pejuang.

Jadi bisa dikatakan kalau bagunan unik ini menjadi salah satu identitas dari kota Bogor.

Nama dari Taman Topi yang berubah tak membuat Taman Topi ini lantas menjadi sepi, terlebih lagi pada waktu hari sabtu dan minggu karena disini akan hadir komunitas dari seluruh kawasan Bogor yang akan berlangsung pada pukul mulai 13.00-17.00 WIB.

Pada waktu hari minggu sengaja dikhususkan untuk para anak-anak dengan menghadirkan berbagai cerita dongeng yang bertujuan untuk melestarikan berbagai kegiatan anak-anak yang makin lama makin pudar.

Mengunakan nama Taman Topi ataupun nama Taman Plaza Kapten Muslihat akan tetap sama di mata masyarakat tempat wisata ini adalah sebuah tempat wisata keluarga di Bogor.

Salah satu wisata Bogor yang dapat Anda kunjungi jika sedang jalan-jalan ke kota Bogor. Selamat liburan!!

Subscribe to receive free email updates: