Air Terjun dan Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta

Advertisement.
Air Terjun dan Goa Cerme letaknya dekat dengan wisata Goa Cerme. Menurut cerita masyarakat, Goa Cerme ini mempunyai sejarah yang panjang sebagai salah satu tempat yang sering digunakan oleh para Sembilan Wali (Wali songo) dan juga para pemuka agama Islam untuk keperluan bermusyawarah dan mencari inspirasi.

Keberadaan dari air terjun ini kurang diperhatikan sebagai tujuan wisata, padahal memiliki potensi yang cukup besar untuk lebih memperkuat daya tarik dari Goa Cerme. Sampai sekarang, Air Terjun Goa Cerme dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk mengairi pertanian di sawah mereka mereka.

Alamat lokasinya berada di Dusun Srunggo, Desa Giritirto, Kec. Purwosari, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta‎.

Jaraknya kurang lebih sekitar 25 km jika dari kota Bantul. Untuk dapat mencapai air terjun ini Anda harus menempuh perjalanan dari bawah dan melewati jalan setapak yang ada di wilayah Dusun Srunggo.
Air Terjun dan Goa Cerme
Air Terjun dan Goa Cerme

Obyek Wisata Goa Cerme

Sekilas Sejarah Goa Cerme


Tempat wisata yang berada di bawah tanah seperti goa memang sering memacu adrenalin ketika sedang berada di dalamnya.

Suasananya yang gelap dan juga sunyi dapat menimbulkan rasa takut namun juga dapat membuat penasaran dengan isi yang ada di dalamnya.

Seperti halnya wisata Goa Cerme yang merupakan sebuah goa yang diyakini sebagai salah satu tempat berkumpulnya para Walisongo dan para ulama-ulama besar jaman dahulu.

Kata "cèrme" artinya adalah ceramah atau sebuah pembicaraan, Goa Cerme ini pada waktu dulu sering digunakan para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Sebab itulah Goa Cerme ini digunakan oleh para Walisongo untuk kepentingan pertemuan dan membicarakan berbagai macam hal mengenai Islam dan penyebarannya.

Contohnya adalah sebagai tempat untuk membicarakan pembuatan Masjid Agung Demak pada waktu itu. Goa Cerme ini sudah dikenal sebagai sebuah tempat wisata di Yogyakarta sejak tahun1980-an.

Goa Cerme sebagai objek wisata


Panjang dari Goa Cerme kurang lebih sekitar 1,5 km, Goa Cerme ini juga menembus dua wilayah. Karena hal itulah pintu masuk dari Goa Cerme ada di Dusun Srunggo, Bantul, Yogyakarta, sedangkan pintu keluarnya ada di daearah Ploso, Gunungkidul.

Goa Cerme termasuk sebuah goa yang panjang dan dalam. Karena kedalaman dari Goa Cerme ini, untuk dapat mencapai dasar goa ada anak tangga dengan panjang kurang lebih 750 meter dan sekitar 760 anak tangga.

Di dalam goa ini Anda akan dapat melihat pemandangan yang indah seperti stalagtit dan stalagmit dan juga terdapat sungai di bawah tanah, canopy, gourdam, flowstone, gordin dll.

Namun Anda harus berhati-hati jika sedang berada di dalam goa, karena disini terdapat sarang kelelawar yang ada di beberapa tempat. Selain karena itu lantai di dalam goa juga terdapat air yang menggenangi dengan ketinggian sekitar 1 - 1,5 meter.

Goa Cerme yang panjang ini memiliki banyak sekali ruangan dan sering digunakan untuk bertapa.

Nama ruangan-ruangan di dalam Goa Cerme


  • Panggung pertemuan
  • Air zam zam
  • Mustoko
  • Air suci
  • Watu kaji
  • Pelungguhan/paseban
  • Kahyangan
  • Grojogan sewu
  • Air penguripan
  • Gamelan
  • Batu gilang
  • Lumbung padi
  • Gedung sekakap
  • Kraton
  • Panggung
  • Goa lawa
  • Watu gantung

Karena banyak ruangan yang ada di dalam Goa Cerme ini, disini juga terdapat jasa pemandu untuk menyusuri goa sehingga para pengunjung tidak akan tersesat di dalam goa ini.

Selain itu, di sekitar kawasan wisata Goa Cerme juga terdapat goa-goa kecil lain yang cukup menarik untuk dilihat.

Goa Lain di sekitar Goa Cerme


  • Goa Dalang
  • Goa Ledek
  • Goa Badut
  • Goa Kaum

Goa-goa tersebut juga biasa digunakan orang-orang untuk keperluan bertapa atau bersemedi.

Harga Tiket masuk Wisata Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta


Harga tiket masuk wisata Goa Cerme kurang lebih sekitar Rp. 2.500 dan untuk biaya parkir sepeda motor akan dikenakan biaya Rp. 2000.

Jika Anda tidak membawa perlengkapan untuk masuk ke dalam gua seperti penerangan, di kawasan sini juga tersedia tempat sewa headlamp (topi senter) dengan harga sekitar Rp. 5.000.

Untuk biaya jasa pemandu goa, dipatok dengan harga minimal Rp. 30.000. Jasa pemandu goa ini biasanya diwajibkan untuk pengunjung yang bertujuan demi keselamatan dan agar tidak tersesat di dalam goa.

Lokasi Goa Cerme


Goa Cerme berada dalam kawasan dua kabupaten. Pintu masuk dari Goa Cerme ini ada di Dusun Srunggono, Desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul dan akan tembus sampai ke Ploso, Desa Giritirto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta yang merupakan sebuah pintu keluar goa.

Akses Menuju Goa Cerme


Jika Anda dari terminal Giwangan dapat menuju jalan Imogiri timur dan Anda akan menemukan sebuah papan petunjuk arah untuk menuju Goa Cerme.

Setelah Anda melewati Air Terjun Goa Cerme bantul yogyakarta yang ada di Kawasan Selopamioro, Anda akan melewati tajakan yang cukup tajam. Karena itu sebelum melakukan perjalanan ke Goa Cerme usahakan kendaraan Anda dalam konsisi yang prima.

Anda juga dapat mencapai Goa Cerme menggunakan fasilitas transportasi umum. Dari terminal Giwangan Anda bisa naik angkutan umum dengan rute Jogja-Imogiri-Cerme.

Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai ke Goa Cerme. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke Goa Cerme adalah pada waktu pagi hari karena bus yang terakhir menuju Cerme adalah sekitar pukul 14.00 WIB.

Fasilitas di Goa Cerme


Fasilitas yang ada di Goa Cerme memang tidak begitu banyak. Diantaranya yang tersedia seperti toilet, tempat pertemuan, pusat informasi dan juga warung makan.

Tips berwisata menuju Goa Cerme


  1. Karena ruangan di dalam goa yang gelap dan sangat minim penerangan, pengunjung diwajibkan untuk membawa alat penerangan seperti senter atau sebuah obor.
  2. Karena medan jalan yang cukup sulit, jangan panik ketika Anda sedang berada di dalam gua. Nikmati saja keindahan demi keindahan yang ada di setiap tempat yang Anda lalui.
  3. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan pakaian ganti karena disini banyak ruangan yang kapasitas airnya hampir mencapai atap gua. Jadi Anda sudah harus bersiap-siap untuk basah kuyup.
  4. Gunakanlah sepatu, jika diperlukan gunakanlah sepatu boot untuk melindungi kaki Anda dari bebatuan di dalam gua yang cukup tajam.
  5. Usahakan untuk jangan terlalu sering menggunakan flash pada waktu sedang mengambil gambar di dalam goa, karena cahaya dari kamera bisa menakuti hewan yang hidup dalam goa ini.
  6. Jangan memegang ornament di dalam goa yang masih hidup karena itu bisa merusak dan menghentikan pertumbuhannya.

Sekian dari ragamtempatwisata.com dan selamat liburan menuju Air Terjun dan Goa Cerme yang berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Air Terjun dan Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta"

  1. waah lengkap bangets ulasannya gan wafa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah agan Najla Aliya lagi :D... ya informasi seadanya saja gan...

      Delete
  2. sayangya goa cerme kurang terawat lokasinya

    ReplyDelete