Wisata Museum Gajah, Museum Nasional Indonesia

by Ahmad Wafa Aminudin , at 9:13 PM
Wisata Museum Gajah, Museum Nasional Indonesia - Tempat wisata bersejarah ini terletak di jakarta pusat, Museum Nasional indonesia yang juga di sebut dengan nama Museum Gajah ini merupakan sebuah museum yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum ini didirikan pada tanggal 24 April 1778 silam, pada waktu pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Sejarah awal berdirinya museum ini bermula dari J.C.M. Radermacher, seorang ketua perkumpulan, yang menyumbang sebuah gedung di Jalan Kalibesar beserta dengan semua koleksi buku dan benda-benda budaya yang nanti akan menjadi dasar untuk pendirian sebuah museum.
Monument Gajah terlihat dari depan
Monument Gajah terlihat dari depan
Museum Gajah ini memiliki banyak koleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. seperti  arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lain dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga lainnya.
Halaman Dalam dari arah Timur
Halaman Dalam dari arah Timur
Gedung Gajah Museum Nasional
Gedung Gajah Museum Nasional
Halaman Dalam dari arah Barat
Halaman Dalam dari arah Barat
Catatan di dalam website resmi Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 menunjukkan bahwa koleksi telah mencapai sekitar 109.342 buah. Jumlah koleksi sebanyak itulah yang membuat sebuah museum ini dikenal sebagai yang terlengkap di antara yang lain di Indonesia. Pada tahun 2006 jumlah koleksi museum sudah melebihi 140.000 buah, walaupun hanya sepertiganya saja yang dapat diperlihatkan kepada khalayak atau publik yaitu sejumlah orang yang memiliki minat yang sama terhadap suatu kegemaran/ persoalan tertentu tanpa harus memiliki sebuah pendapat yang sama, dan menghendaki pemecahan masalah tanpa adanya pengalaman dalam masalah itu.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Wisata Museum Gajah, Museum Nasional Indonesia - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 9:13 PM, categorized as Wisata Jakarta
Comment disabled