Wisata Bersejarah Museum Fatahillah di Jakarta Barat

Advertisement.
Wisata Museum Fatahillah Jakarta Barat - Dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia merupakan sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 2, Jakarta Barat dengan luas lebih 1.300 meter persegi.

Gedung ini dahulu hanya sebuah Balai Kota Stadhuis :Bahasa Belanda yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah dari Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Bangunan itu mirip dengan Istana Dam yang terletak di Amsterdam Belanda, yang terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai sebuah kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara.

Dan pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.
Gedung Museum Fatahillah Jakarta Barat
Gedung Museum Fatahillah Jakarta Barat
Objek-objek yang dapat anda temukan di museum ini antara lain yaitu perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan Tarumanegara dan Pajajaran, hasil-hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 hingga 19, yang merupakan sebuah perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Cina, dan Indonesia.

Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terletak di berbagai macam ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

Terdapat juga berbagai macam koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak. Bahkan sekarang juga diletakkan sebuah patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Selain itu, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat digunakan pada zaman penjajahan Belanda.

Fasilitas di Museum Fatahillah Jakarta Barat

  1. Perpustakaan (untuk anda yang suka membaca)
  2. Kantin Museum (menyediakan makanan dan mimuman jika anda sedang lapar atau haus)
  3. Souvenir Shop (menjual cinderamata untuk kenang-kenangan dengan harga terjangkau)
  4. Sinema Fatahillah (Menampilkan Film Zaman Batavia dan Film Populer Dalam Dan Luar Negeri)
  5. Musholla (dengan perlengkapannya sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan waktu untuk sholat)
  6. Ruang Pertemuan dan Pameran (ruangan yang representatif untuk kegiatan pertemuan, diskusi, seminar dan pameran dengan daya tampung lebih dari 150 orang)
  7. Taman Dalam (Taman yang asri dengan luas 1000 meter lebih, serta dapat dimanfaatkan untuk Gathering, resepsi pernikahan, Pentas Seni)

Tempat wisata di Jakarta:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Bersejarah Museum Fatahillah di Jakarta Barat"

Post a Comment