Tempat Wisata Paling Menarik di Banten

by Ahmad Wafa Aminudin , at 2:31 PM
Obyek Wisata Menarik di Kota Banten - Pada awalnya kawasan Banten adalah bagian dari Propinsi Jawa Barat, yang kemudian dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. yang sekarang menjadi salah satu Propisi yang ada di pulau Jawa dan pusat pemerintahan Banteng berada di Kota Serang.

Propinsi Banten terletak di ujung barat Pulau Jawa dan memiliki posisi yang sangat strategis serta mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar baik dari skala lokal, regional, nasional, bahkan skala internasional. Fasilitasi terhadap pergerakan barang dan penumpang yang dari dan ke pusat-pusat kegiatan nasional, wilayah, maupun lokal yang ada di Propinsi Banten menjadi sangat penting dalam upaya untuk mendukung pengembangan pekonomiam di kawasan Propinsi Banten.

Tempat-tempat wisata yang menarik dan dapat anda temukan di banten sudah sangat terkenal di Indonesia, berikut ini adalah tempat wisata paling menarik dan sudah terkenal di banten yang dapat anda kunjungi.

Objek wisata religi di Banten - Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia dan memiliki banyak sekali nilai sejarah. Masjid ini selalu ramai wisatawan setiap harinya dikunjungi oleh para peziarah yang datang berkunjung dan tidak hanya dari wilayah Banten dan Jawa Barat saja, akan tetapi juga dari berbagai belahan daerah di Pulau Jawa.
Masjid Agung Banten terletak di Desa Banten Lama, berjarak sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten. Beliau adalah putra pertama dari Sunan Gunung Jati.

Objek wisata Bahari di Banten - Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu taman nasional dan lokasi konservasi alam yang penting di Indonesia dan dunia. Selain mempunyai keindahan hutan tropis dataran rendah, badak bercula satu merupakan primadona dan menjadi daya tarik dari lokasi ini. Letaknya di semenanjung barat Pulau Jawa, Ciri khas dari taman nasional ini adalah berperan sebagai habitat alami dari berbagai jenis hewan yang dilindungi, seperti badak jawa, rusa, kijang, banteng, berbagai jenis primata, babi hutan, kucing hutan, kukang, dan bermacam jenis burung. Anda dapat mencapai kawasan ini melewati Pelabuan atau melalui jalan laut dengan menggunakan perahu menuju salah satu pulau yang ada. Ujung Kulon telah dilengkapi dengan berbagai macam sarana jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih. Sarana pendukung pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan sarana transportasi juga telah tersedia di kawasan ini.

Objek wisata Alam di Banten - Pulau Dua atau Pulau Burung
Pulau Dua atau Pulau Burung
Pulau Dua atau Pulau Burung

Pulau Dua atau Pulau Burung memiliki keindahan alam laut berupa gugus karang yang daya tarik utama dari kawasan ini, beragam jenis ikan laut dan berbagai jenis burung. Luas dari kawasan ini adalah sekitar 30 hektar. Pada tiap tahun antara bulan April dan Agustus, pulau ini didatangi oleh ribuan burung dengan jenis yang berbeda, ada sekitar 60 jenis burung yang berasal dari berbagai negara. Kurang lebih sekitar empat puluh ribu burung-burung tersebut terbang dari Benua Australia, Asia, dan Afrika.
Pulau Dua dapat anda capai dengan menggunakan perahu tradisional ataupun perahu motor atau anda juga dapat menempuhnya dengan berjalan kaki yang memakan waktu sekitar 15 s.d. 30 menit lewat daerah pertambakan yang ada di Desa Sawah Luhur, Kasemen. Akibat sedimentasi yang terjadi selama puluhan tahun, pulau ini sekarang telah menyatu dengan daratan pulau Jawa.

Objek wisata Pantai di Banten - Pulau Umang
Pulau Umang
Pulau Umang

Pulau Umang terletak di kawasan objek wisata Pantai Pandeglang dengan luas sekitar 5 Hektar, dekat dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Daerah pariwisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang menyediakan berbagai macam fasilitas rekreasi dan hiburan yang menarik untuk para wisatawan yang berkunjung. Di pulau ini, terdapat resor yang dirancang dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang, dan sebagainya. Selain itu, disini juga tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Perusahaan yang mengelola kawasan ini menyediakan penyewaan mobil dari Jakarta untuk menuju pulau ini, dan juga dapat dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

Objek wisata Gunung di Banten - Gunung Karakatau
Gunung Krakatau sudah masuk wilayah Propinsi Lampung dan terletak di perairan Selat Sunda. merupakan gunung yang sudah terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Suara letusan terdengar sampai ke Benua Australia, sampai awan panasnya juga menyelimuti beberapa kawasan yang ada di Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat dari Gunung Krakatau membentuk anak gunung yang sekarang dikenal dengan nama Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 dan sampai saat ini masih tetap aktif. Walaupun berada di Selat Sunda dan juga merupakan wilayah Lampung, kawasan wisata gunung alam ini lebih mudah dicapai jika dari Pantai Anyer-Carita dan izin mendarat di Pulau Gunung Api Anak Krakatau juga dapat diperoleh di kawasan ini, untuk sampai ke tujuan dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan perahu motor cepat. Lokasi parwisata ini menawarkan wisata alam pegunungan seperti halnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

Objek wisata Alam di Banten - Rawa Dano
Rawa Dano
Rawa Dano
Rawa Dano merupakan nama lain dari Cagar Alam Rawa Danau yang terletak di Kabupaten Serang, berjarak sekitar 101 km dari Jakarta. Kawasan wisata ini didominasi rawa-rawa, dan terdapat sebuah danau. Kawasan ini memiliki luas sekitar 2.500 hektar yang banyak ditumbuhi oleh bermacam jenis pohon. Pulau ini menjadi tempat bersarang dari beragam jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Ada sekitar 250 jenis burung yang bermukim di kawasan ini. Anda dapat mencapai lokasi ini melewati tiga jalur, yaitu : Jakarta-Cilegon-Anyer-Rawaadano, Jakarta-Serang-Padarincang-Rawadano, dan Jakarta-Serang-Anyer-Cinangka-Padarincang-Rawadano.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Tempat Wisata Paling Menarik di Banten - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 2:31 PM, categorized as Jawa , Jawa Barat , Tempat Wisata Menarik , Wisata Banten
Comment disabled