Tahu Susu Lembang Wisata Kuliner Bandung

Advertisement.
Tahu Susu Lembang Wisata Kuliner Bandung - yoshiewafa - Setelah merasa kenyang dan puas menikati makanan yang tersaji di Kampung Daun atau Sapu Lidi, rute selanjutnya dalam paket wisata Bandung yang saya tawarkan adalah menuju Tahu Susu Lembang yang sudah cukup terkenal dan juga unik. Jika Anda baru pertama kali ke salah satu tempat wisata di Bandung yang satu ini, mungkin Anda akan mengira bahwa ini adalah sebuah POM / SPBU yang menjual bahan bakar kendaraan bermotor.

Jika Anda benar-benar berfikiran seperti itu, berarti Anda salah besar, memang benar kalau tempatnya mirip dengan SPBU, namun yang dijual di sini bukanlah bensin, namun tahu. Pada awal tahun 2008, seorang pengusaha factory outlet (FO) dan rumah makan di Bandung bernama Perry Tristianto, tertarik untuk mengembangkan makanan tahu. "Makanan tahu sangat mudah ditemukan di seluruh pelosok Indonesia, namun ya rasanya tetap begitu-begitu saja. Makanya beliau memiliki sebuah rencana untuk membuat terobosan baru dengan menciptakan makanan tahu dengan resep yang berbeda dari yang lainnya.
Tahu Susu Lembang yang di Goreng
Tahu Susu Lembang yang di Goreng
Foto oleh : infobdg.com
Hal yang pertama kali dilakukan oleh Perry adalah mencari berbagai campuran tahu yang bahannya sangat mudah untuk ditemukan di kota tempat tinggalnya. Setelah mencari, memilah dan memilih bahan, akhirnya yang beliau pilih adalah susu sapi, yang merupakan salah satu produk terkenal di Lembang. Setelah beberapa kali mengalami ujicoba, barulah dibuka sebuah usaha Tahu Susu Lembang (TSL) pada tangga 22 Desember 2008.
"Selain produk susu, kawasan Lembang juga merupakan sebuah kota tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing. Tempat ini juga dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu."
Walaupun dicampur dengan susu, bahan utama dari Tahu Susu Lembang ini tentunya masih tetap kacang kedelai. Keduanya diolah menjadi satu bersama dengan mentega, sehingga dapat menghasilkan susu yang mempunyai tekstur lebih halus dan juga lembut, serta memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.
Tahu Susu Lembang Drive Thru
Tahu Susu Lembang Drive Thru
Foto oleh : pasundan.info
Dengan keunikan akan rasanya, TSL bisa dengan mudah untuk menjadi makanan yang banyak diminati warga Bandung dan sekitarnya. Belum lagi TSL juga memiliki konsep tempat dan cara transaksi yang unik. Sewaktu Anda memasuki kawasan TSL, Anda akan disambut layaknya sedang memasuki area SPBU, namun tulisannya adalah POM Tahu. Setelah diamati, ternyata itu drive thru TSL memang menyerupai sebuah SPBU, dan maksud dari nama POM Tahu tersebut sebenarnya adalah kepanjangan dari Pusat Orang Makan Tahu.
"Memang Banyak pengunjung yang terkecoh. Sebenarnya kami tidak memiliki niat untuk menipu, akan tetapi trik ini ternyata memang cukup berhasil dan efektif untuk menarik para konsumen baru. Ha ha ha," ujar Dede sambil tertawa.
Setiap harinya, TSL ini memproduksi tahu di tempat. Jumlah produksi dari TSL sangat relatif sekali, rata-rata sekitar 5 ribu tahu setiap harinya (ketika hari biasa) dan mencapai rata-rata 20 ribu tahu pada hari libur.

Menu dan Harga Tahu Susu Lembang

Tahu goreng (berisi 10)                                   Rp. 10.000,-
Tahu bungkus, atau tahu bantal (berisi 5)         Rp. 10.000,-
Tahu cetak atau takus (berisi 10)                     Rp. 15.000,-

Ulasan dari Kepala Produksi Tahu Susu Lembang

Menurut Jamal yang merupakan seorang Kepala Produksi TSL, tahu susu ini bisa diolah menjadi beragam masakan dengan cara yang berbeda (rebus, oseng, dan lain sebagainya), jadi bukan hanya bisa digoreng saja.
"Kami membuat tekstur yang berbeda untuk tahu yang digoreng di tempat dengan yang mentah. Untuk yang bisa dimakan di sini (goreng) tahunya akan lebih lembek, namun keduanya juga sama-sama lembutnya kok," ujar Jamal.
Jamal menyarankan, jika Anda menginginkan untuk membuat tahu goreng yang crispy atau renyah, Anda harus menggoreng tahu dengan minyak yang memiliki suhu panas tinggi.
"Usahakan agar tahunya tergenang di dalam minyak. Tahu susu ini rasanya sudah asin, kok, jadi  Anda tidak perlu merendamnya kembali dengan air garam."
Lokasi TSL sangat luas. Menempati lahan seluas 2 hektar yang pada awalnya merupakan sebuah kandang kuda, dan ternyata itu tidak hanya diisi dengan POM Tahu saja, tempat untuk produksi, toko oleh-oleh, dan sarana lokasi outbound saja, namun juga terdapat sekitar 10 kios yang menjual aneka macam olahan TSL. Seperti kios kupat tahu lembang, tahu brintik, tahu mendoan, tahu kecap, tahu pletok, batagor tahu, tahu krispi, kembang tahu, dan masih banyak lagi yang lainnya.
"Jujur, sebenarnya kami sudah sangat sibuk untuk mengurusi produksi, makanya untuk olahannya kami mempercayakannya kepada sejumlah tenant kami di sini. Semua olahan tersebut juga sudah melewati berbagai proses ujicoba dari kami kok," tambah Dede.
Bentuk Kemasan Tahu Susu Lembang Seperti Kue Brownies

TSL tidak hanya memikirkan soal rasa, namun juga kemasan dari TSL diusahakan untuk tampil semenarik mungkin. Selain dapat menambah nilai jual, juga supaya sesuai dengan harganya yang tergolong relatif mahal jika dibandingkan dengan tahu yang ada di pasaran. Pilihan pun terjatuh pada sebuah kemasan kue brownies untuk tahu cetak dan kemasan besek bambu untuk tahu bantal.

Alamat dan Lokasi Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang
Foto oleh : id.openrice.com
Untuk sementara waktu ini, TSL masih tidak membuka cabang lain, selain di Jl. Raya Lembang No.177, Bandung. Kata sang pemilik, masih ingin mempatenkan resep produknya terlebih dulu. Secara legalitas, ini adalah untuk mengantisipasi supayan nasib dari TSL tidak sama seperti Tahu Sumedang, yang dapat diproduksi di mana saja.

Untuk Anda yang sedang berwisata menuju ke Kota Lembang dan tertarik untuk singgah di tempat ini, Anda dapat berkunjung setiap hari pada pukul 09.00-21.00.

Bagaimana kalau menurut Anda? mau mencobanya? sayang donk kalau sudah jauh-jauh ke lembang namun tidak mencicipi salah satu kuliner Bandung yang satu ini ^_^. Informasi tentang Tahu susu Lembang yoshiewafa.blogspot.com sadur dari sumber www.tabloidnova.com. Dan selamat mencobanya ^_^.

Tentang Bandung Lainnya.

Tempat wisata menarik di kota Bandung
Hotel murah di Bandung
Trans Studio Bandung

Subscribe to receive free email updates: