Tempat Wisata Di Bali - Sangeh

Advertisement.
Tempat Wisata Di Bali - Sangeh - Setelah menyusuri Pura Dalem Sangsit, masih di sekitar pulau Bali saja, jika anda pergi ke pulau Bali untuk berlibur, tempat wisata mana yang akan anda dahulukan? Pantai Kuta atau mungkin Pantai Sanur? kalau saya mungkin akan lebih mendahulukan Pantai Sanur karena di sana merupakan sebuah pantai Matahari Terbit dan sebelum pulang menuju Pantai kuta dulu yang menjadi Pantai Matahari terbenam. Akan tetapi yang mana saja yang anda dahulukan itu terserah anda sendiri lebih suka yang mana, karena tiap orang kan beda selera? mau ke Nusa dua atau ke Pantai Dreamland atau mungkin menuju Pantai Lovina dahulu, suka suka saja asal have fun karena liburan kan untuk senang-senang.

Langsung saja menuju topik pembahasan kali ini adalah Objek Wisata Bali - Sangeh. Sangeh merupakan salah satu tempat pariwisata yang ada di pulau Bali dan terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.
hutan monyet di sangeh, bali
hutan monyet di sangeh, bali
Yang membuat sangeh terkenal adalah karena di sekitar desa ini monyet-monyet (beruk) yang ada di sebuah hutan berkeliaran secara bebas dan menjadi hewan keramat menurut kepercayaan penduduk setempat. Di tengah hutan juga ada sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari. Pura ini didirikan oleh Kerajaan Mengwi yang sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet yang ada di sini memiliki raja dan konon menurut ceritanya memiliki tiga wilayah kerajaan.
hutan monyet di sangeh, bali
hutan monyet di sangeh, bali
Menurut sebuah legenda setempat, adanya Pura Bukit Sari yang didirikan di tengah hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Atas kehendak beliau maka hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung bermukim kemudian pindah secara misterius pada waktu malam hari.
hutan monyet di sangeh, bali
hutan monyet di sangeh, bali
Ketika perjalanan baru saja sampai di Sangeh, kemudian ada penduduk yang melihat perjalanan misterius tersebut. Konon Hal inilah yang menjadi penyebab hutan pala tersebut tidak dapat berjalan kembali untuk menuju Mengwi dan tetap berhenti di Desa Sangeh sampai sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih.

Putra angkat Raja Mengwi yang bernama Anak Agung Ketut Karangasem. Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.

Hotel Murah di Bali

Subscribe to receive free email updates: