Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Gampingan

Advertisement.
Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Gampingan - yoshiewafa - Candi Gampingan merupakan kompleks candi Budha yang terletak di dusun Gampingan, Kel. Sitimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, sebelah timur kota Yogyakarta. Menurut perkiraan para ahli, Candi Gampingan pertama kali didirikan sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada jaman Kerajaan Mataram Kuno. Ketika ditemukan pada tahun 1995 oleh seorang pembuat batu bata, dengan kondisi Candi Gmpingan yang terpendam di dalam tanah.

Meski sampai sekarang masih belum sepenuhnya selesai dipugar, kompleks reruntuhan Candi Gampingan terlihat memiliki tujuh buah candi yang tidak utuh, dengan bangunan utama yang berukuran sekitar 5m x 5m dengan tinggi sekitar 1,2 meter.
Candi Gampingan
Candi Gampingan
Foto Oleh : Wikipedia

Ketika pertama kali ditemukan, di dalam Candi Gampingan ada tiga buah arca Dhyani Buddha Wairocana yang berbahan perunggu, dua arca Jambhala dan Candralokeswara yang terbuat dari batu andesit, benda-benda yang terbuat dari bahan emas, serta beberapa benda dari keramik.

Di bagian kaki Candi Gampingan terdapat relief binatang katak dan unggas atau burung pelatuk, burung gagak, dan ayam jantan. Karena adanya arca Jambhala dan Dhyani Buddha Wairocana, diperkirakan Candi Gampingan ini adalah tempat pemujaan agama Buddha yang beraliran Mahayana.

Hotel Murah di Jogja

Subscribe to receive free email updates: