Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Prambanan

Advertisement.
Tempat Wisata Yogyakarta - Candi Prambanan - Candi ini juga disebut dengan nama Candi Roro Jonggrang dan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dibuat dan dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Agama Hindu yaitu Brahma sebagai sang dewa pencipta, Wishnu sebagai sang dewa pemelihara, dan Siwa sebagai sang dewa pemusnah. Berdasarkan tulisan pada prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta bermakna 'Rumah Siwa'), di garbagriha atau ruang utama dari candi ini ada arca Siwa Mahadewa dengan tinggi tiga meter yang menujukkan jika di candi ini dewa Siwa yang lebih diutamakan.

Letak Candi ini di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih sekitar 20 kilometer sebelah timur Yogyakarta, 40 kilometer sebelah barat Surakarta dan 120 kilometer dari selatan Semarang, tepat di kawasan perbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Candi Prambanan Jogja
Candi Prambanan Jogja
Foto oleh : wikipedia

Candi Prambanan termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia, dan juga merupakan salah satu candi yang terindah di Asia Tenggara. Arsitektur dari bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping seperti arsitektur Hindu pada umumnya. Candi Siwa merupakan candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter yang menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi yang termegah di Asia Tenggara, Candi Prambanan menjadi daya tarik dari wisatawan dari seluruh dunia.

Menurut tulisan yang terdapat pada prasasti Siwagrha, candi ini pertama dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, yang kemudian terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram.

Hotel Murah di Yogyakarta

Subscribe to receive free email updates: