Candi Banyunibo di Jogja / Yogyakarta

by Ahmad Wafa Aminudin , at 5:21 AM
Candi Banyunibo di Jogja / Yogyakarta - yoshiewafa - Nama Banyunibo berasal dari bahasa Jawa yang berarti air yang jatuh / menetes. Candi ini merupakan sebuah Candi buddha yang terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, tepatnya di sebelah timur Kota Yogyakarta menuju arah Kota Wonosari. Candi ini pertama kali dibangun sekitar abad ke-9 pada jaman Kerajaan Mataram Kuno. Di bagian atas dari candi ini ada sebuah stupa yang merupakan ciri khas dari agama Buddha.

Candi Banyunibo juga terletak tidak jauh dari Candi Barong dan Candi Ijo. Di sekitar candi banyak terdapat situs candi yang berserakan yang ada di beberapa dusun sekitarnya. Candi ini ditemukan dalam keadaan runtuh yang kemudian digali dan diteliti pada tahun 1940 an.

Hiasan kaki candi. Dinding kaki Candi Banyunibo di masing-masing sisi terbaigi menjadi beberapa bidang. Bidang tersebut diisi dengan pahatan seperti hiasan tumbuh-tumbuhan yang keluar dari pot bunga. Candi utama mengarah ke barat dan berada di antara ladang tebu dan persawahan.
Candi Banyunibo
Candi Banyunibo
Foto oleh : wikipedia

Diperkirakan ada 6 buah candi perwara atau candi pendamping, yang berbentuk stupa dan mengelilingi candi utama yang ada di sebelah selatan dan timur. Sayangnya candi perwara ini tidak terbuat dari batu andesit namun terbuat dari batu putih yang sangat mudah sekali aus. Di bagian utara candi, ada tembok batu sepanjang 65 m yang membujur dari barat ke timur. Runtuhan candi perwara yang berupa stupa diperkirakan memiliki diameter sekitar 5 m.

Sumber : id.wikipedia.org

Hotel Murah di Jogja.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Candi Banyunibo di Jogja / Yogyakarta - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 5:21 AM, categorized as Candi Jogja , Jawa , Wisata Yogyakarta
Comment disabled