Tempat Wisata di Dieng Wonosobo yang Indah

Advertisement.
Tempat Wisata di Dieng Wonosobo yang Indah - yoshiewafa - Banyak tempat wisata yang menarik di Dieng dan sekitarnya yang memiliki pemandangan indah dan populer. Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, masih termasuk wilayah Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo. Lokasinya di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing.

Objek wisata Dieng berupa wisata alam, wisaa bersejarah yang dikelola secara bersama dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Kawasan Dieng adalah penghasil sayuran dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Kentang merupakan hasil utama yang ada di kawasan ini. Selain itu, wortel, kubis, dan berbagai bawang juga dihasilkan dari kawasan Dieng. Selain sayuran, Dieng juga penghasil pepaya gunung (carica) dan jamur. Namun akibat aktivitas pertanian yang berkembang pesat, kawasan hutan di puncak pegunungan hampir habis karena dijadikan lahan untuk menanam sayur.

Wisata DiengDieng, foto : pesonadieng
Wisata Telaga Warna DiengTelaga Warna Dieng
Wisata Telaga Warna DiengTelaga Warna Dieng
Berikut ini adalah beberapa objek wisata di Dieng yang menarik dan dapat Anda jadikan sebagai tempat tujuan wisata atau rekreasi bersama keluarga dan kerabat terdekat.

1. Telaga Warna - Telaga ini sering memunculkan warna merah, biru, hijau,  putih, dan lembayung
2. Telaga Pengilon - Letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna, uniknya warna air telaga ini bening seperti tidak tercampur dengan belerang. Keunikan lain, yang membatasi Telaga Warna dengan Telaga Pengilon hanya rerumputan yang terbentuk seperti rawa kecil.
3. Telaga Merdada - Merupakan Telaga yang terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Airnya tidak pernah surut sehingga dijadikan pengairan untuk ladang pertanian. Telaga ini juga sering digunakan pemancing untuk menyalurkan hobi atau wisatawan yang sekedar keliling menggunakan perahu kecil yang disewakan penduduk setempat.
4. Kawah Sikidang, Sileri, Sinila - Pernah meletus dan mengeluarkan gas beracun pada tahun 1979 dengan korban 149 jiwa
5. Kawah Candradimuka.
6. Telaga Cebong - dekat dengan desa wisata Sembungan
7. Telaga Merdada
8. Telaga Dringo
9. Telaga Nila

Wisata Bersejarah Candi di Dieng
  1. Candi Gatotkaca
  2. Candi Bima
  3. Candi Arjuna
  4. Candi Semar
  5. Candi Sembadra
  6. Candi Srikandi
  7. Candi Setyaki
  8. Gangsiran Aswatama
  9. Candi Dwarawati
Gua Wisata di Dieng
  1. Gua Semar
  2. Gua Jaran
  3. Gua Sumur
Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, sering digunakan sebagai tempat olah spiritual.

Sumur Jalatunda
Dieng Volcanic Theater - untuk melihat film tentang gunung api di Dieng.
Museum Dieng Kailasa - tempat menyimpan artefak dan informasi tentang alam (geologi, flora-fauna), keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian serta warisan arkeologi Dieng. Teater untuk melihat film tentang arkeologi Dieng, panggung terbuka di atap museum, serta restoran.
Mata air Sungai Serayu - disebut juga dengan nama Tuk Bima Lukar (Tuk = mata air).

Kawah di kawasan Gunung di Dieng
  1. Siglagah
  2. Sibanteng, berpotensi gas beracun
  3. Sikendang, berpotensi gas beracun
  4. Timbang, berpotensi gas beracun
Kurang lebihnya daftar diatas adalah pesona Tempat wisata di Dieng yang indah dan cukup menarik untuk Anda kunjungi, pesan yoshiewafa jika tempat wisata diatas berpotensi mengeluarkan gas beracun lebih baik tidak usah Anda kunjungi, untuk berjaga-jaga akan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukankah begitu?.

Kawasan Wisata Jawa Tengah Lainnya : Wisata Jogja, Wisata Solo, Wisata Semarang.

Subscribe to receive free email updates: