Daftar Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat

by Ahmad Wafa Aminudin , at 1:21 PM
Daftar Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat - Cianjur terkenal memiliki makanan khas yang bernama "tauco", makanan ini biasanya dijadikan oleh-oleh yang paling favorit dan dapat dengan mudah untuk Anda temukan ketika sedang berkunjung ke Cianjur, jangan sampai lupa untuk membeli tauco jika Anda belum pernah mencobanya ketika sedang berjalan-jalan atau berwisata ke Cianjur yang terletak di kawasan selatan jawa barat.

Cianjur juga dikenal dengan pameo ngaos, mamaos dan maenpo. Ngaos merupakan sebuah tradisi mengaji yang menjadi salah satu cermin dari kegiatan keagamaan. Mamaos merupakan sebuah pencerminan dalam kehidupan budaya daerah. Seperti seni mamaos Tembang Sunda Cianjuran berbibit buit berasal dari tatar Cianjur. Sedangkan maenpo merupakan sebuah seni beladiri asli Cianjur tempo dahulu yang sekarang dikenal dengan nama seni bela diri Pencak Silat.
Wisata Cianjur, Kebun Raya Cibodas
Wisata Cianjur, Kebun Raya Cibodas

Arah selatan Cianjur berhadapan langsung dengan samudera hindia, disana terdapat pantai yang indah dan masih sangat alami yaitu pantai jayanti. Sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sukabumi, pada sebelah Utara Cianjur berbatasan dengn dua kabupaten yaitu Purwakarta dan Bogor, dan sebelah timur Cianjur berbatasan dengan Garut dan Bandung.

Obyek wisata di cianjur yang terpopuler adalah Istana Presiden, Tempat wisata ini sering ditempati oleh orang nomor satu di negara Indonesia. Tempat wisata lainnya seperti wisata pantai, Situ, Gunung dan terdapat banyak wisata cianjur yang dapat Anda jadikan pilihan ketika Anda sedang berkunjung ke Cianjur.

Berikut ini adalah Daftar Tempat wisata di Cianjur yang dapat Anda jadikan tujuan Wisata Cianjur :

1. Istana Presiden - Istana ini pertama kali didirikan tahun 1740 oleh Van Heuts yang di bangun diatas tanah seluas 25 hektar. Istana Presiden Cipanas yang lebih dikenal dengan sebutan Istana Cipanas berada di kaki Gunung Gede, sekitar 105 km dari Jakarta menuju arah Bandung, dan sekitar 16 km dari kota Cianjur. Walau sekarang sudah tidak terpakai lagi, namun Istana Cipanas masih terpelihara dengan baik. Pemandangan yang ada di sekitar istana seperti tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias yang memberikan nuansa dan suasana asri. Istana megah ini dapat dikunjungi secara umum namun harus mendapatkan izin khusus dari Sekretaris Negara.

2. Curug Citambur - Curug yang sangat indah dan merupakan sebuah air terjun yang berketinggian kurang lebih 41 meter, sebagian dari air yang turun menjadi uap dan embun membuat lokasi di sekitar curug jadi sejuk. Letaknya di Kecamatan Pasirkuda yang berjarak sekitar 66 km dari kota Cianjur.

3. Gunung Gede - Merupakan sebuah tempat yang paling favorit untuk para pendaki dan orang yang suka berkemah. Hampir pada setiap pekan, ada para pencinta alam yang ingin mencoba untuk mendaki puncak Gunung Gede yang tingginya kurang lebih 3000 meter ini. Puncaknya bisa dilihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet.

4. Situs Gunung Padang - Merupakan sebuah situs megalitik yang berbentuk punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Luas dari bangunan purbakalanya mencapai 900 m2 dengan luas areal situs sekitar 3 hektar.

5. Danau Leuwi Soro - Sebuah danau yang memiliki air yang bening dan dipenuhi dengan pepohonan rindang dan indah. Danau ini adalah tempat yang tepat untuk berekreasi dan menghilangkan rasa jenuh. Letaknya di kecamatan Pagelara. Yang berjarak sekitar 66 km dari kota Cianjur.

6. Tirta Jangari - Sebuah obyek wisata Tirta yang terletak di genangan waduk Cirata yang cukup luas dan indah, terletak di desa Bobojong Kec. Mande, Berjarak sekitar 18 km dari Kota Cianjur.

7. Pantai Jayanti - Merupakan sebuah pantai yang indah dan juga menarik dan berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang serta pelabuhan nelayan. Pantai ini masih sangat alami atau natural dengan ombak yang indah dan tiupan angin yang perlahan-lahan dapat menambah nyamannya suasana ketika sedang berekreasi di pantai Jayanti. Lokasinya di kecamatan Cidaun. Yang berjarak sekitar 140 km dari Kota Cianjur.

8. Taman Cibodas - Andainya ada surga di bumi ini, maka Cibodas pasti menjadi sebagian dari surga itu. Begitulah gambaran dari rasa kagum seorang ahli fisiologi tumbuhan Dr. F.W. Went untuk keindangan Kebun Raya Cibodas. Dr. F.W. Went mungkin saja benar. Karena jika kita datang langsung ke wisata Kebun Raya Cibodas, sungguh tak terbayangkan keindahan yang ada di tempat ini. tumbuhan yang hijau terhampar di sepanjang mata memandang. Kebun Raya Cibodas ini berlokasi di desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Berjarak sekitar 86 km dari Jakarta. Sekitar 90 menit perjalnaan jika melewati jalan raya Bogor - Puncak - Cianjur. Dari pinggiran jalan raya masih harus berjalan kaki atau dapat juga naik kendaraan kurang lebih sekitar 4 km lagi untuk tiba di Kebun Raya Cibodas. Kebun ini terletak di ketinggian 1.500 m dan memiliki hawa yang sejuk, sekitar 18 derajat celcius.

9. Taman Bunga - Taman Bunga Nusantara yang memiliki luas secara keseluruhan sekitar 35 hektar terletak di sisi jalan menuju Puncak, Bogor, lebih tepatnya di Desa Kawung Luwuk, Kec. Sukaresmi (Cipanas), Kabupaten Cianjur. Selain taman bunga ada juga taman rekreasi, restoran, parkir, dan lain-lain.

10. Masjid Agung Cianjur - Merupakan sebuah Masjid yang megah dan terletak di pusat Kota Cianjur dan pertama kali dibangun pada tahun 1810 M oleh penduduk Cianjur yang namanya tidak tercatat. Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, yang merupakan Bupati Cianjur ke - 4.

11. Makam Dalem Cikundul - Kawasan makam seluas kurang lebihnya sekitar 300 meter ini, berada di atas tanah seluas 4 hektar di puncak Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kec. Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat. Berjarak sekitar 17 Km menuju arah utara dari pusat kota Cianjur.


Transportasi untuk menuju Cianjur. Untuk menuju ibukota kabupaten Cianjur dapat melewati jalur jalan nasional yaitu Jakarta - Bogor - Bandung ataupun melalui jalur yang di tempuh kereta api Jakarta - Bogor - Sukabumi - Cianjur. Jika Anda dari Jakarta ingin menuju Cianjur dapat menempuh jalur Puncak, jalur Sukabumi atau melintasi jalan alternatif yaitu lewat Jonggol. Jika dari kota Bandung untuk menuju Ibukota Cianjur dapat langsung naik angkutan Umum dengan jurusan Bandung - jakarta via Cianjur, Bandung-Sukabumi.

Tidak kalah menarik bukan? Tempat wisata di indoensia tercinta yang kita miliki sebagai bangsa negara Indonesia yang baik, kita harus menghargai tanah kelahiran kita sendiri. Budidayakan alam agar jangan sampai rusak oleh tangan manusia jahil agar keindahan alam raya Indonesia tetap ada sampai anak cucu kita nantinya. Semoga info tempat wisata di cianjur yang yosiewafa berikan di atas dapat membantu Anda yang sedang ingin berwisata ke cianjur.
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Daftar Tempat Wisata di Cianjur Jawa Barat - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 1:21 PM, categorized as Jawa , Jawa Barat , Wisata Cianjur
Comment disabled