Curug Cimahi Sebuah Air Terjun yang Mempesona

Advertisement.
Curug Cimahi Sebuah Air Terjun yang Mempesona - yoshiewafa - Curug Cimahi berlokasi di Kecamatan Cisarua, sekitar 10 km dari Cimahi menuju arah Lembang atau dapat di tempuh dari Lembang sebelum Grand hotel, belok kiri ke arah barat. Dari pintu masuk yang terletak di sisi jalan Cimahi Lembang untuk menuju ke lokasi air terjun Anda harus melewati jalan setapak yang menurun dan curam bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit, Curug Cimahi ini biasanya dikunjungi oleh muda mudi yang menyukai lintas alam.

Ketinggian Curug Cimahi sekitar 86 m, termasuk dalam salah satu curug yang tertinggi di kawasan Bandung dan sekitarnya. Air yang jatuh dari ketinggian akan tampak seperti butiran mutiara ketika jatuh kebawah. Dengan jarak beberapa belas meter, Anda masih akan terkena cipratan dari air yang jatuh.
Curug Cimahi
Luas area ini sekitar 2 ha. Area ini juga merupakan area yang telah dikembangkan, sebenarnya area Curug Cimahi yang dikelola Perum Perhutani ini mempunyai luas sekitar 26 ha. Hanya saja, banyak tempat - tempat lain yang masih belum dimanfaatkan untuk area objek wisata. Selain curug Cimahi, disini juga ada sekitar 6 buah curug lain yang berada di kawasan area Curug Cimahi ini.
Curug Cimahi

Lingkungan di sekitar Curug Cimahi masih sangat asri, selain keindahan air terjun, Anda juga bisa menikmati udara yang sejuk dan segar, karena area ini masih sangat alami dan diselimuti oleh berbagai macam jenis pepohonan hijau yang rindang.
Curug Cimahi
Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda harus turun menggunakan tangga yang curam dan cukup banyak, kurang lebih sekitar 500+ anak tangga yang harus di lewati. Walaupun akan terasa melelahkan ketika sedang menuruni anak tangga yang cukup banyak, rasa lelah akan sedikit berkurang setelah sampai di area Curug. Anda dapat menikmati air jatuh dari atas yang akan terasa seperti embun ketika pagi hari.
Curug Cimahi

Bermain di sungai akan terasa begitu menyenangkan, terutama jika Anda datang secara rombongan. Sebuah Air terjun yang sangat mempesona ini akan memberikan Anda suatu kesan sendiri, walaupun Anda terkena jatuhan air dari atas, bukannya menghindari jatuhan air, tetapi justru ingin mendekatinya, bahkan sampai bermain air disungai.
Curug Cimahi
Akses untuk sampai ke Curug Cimahi

Anda tidak perlu bersusah payah untuk dapat sampai ke tempat wisata Curug Cimahi ini, karena gerbang wisata ini terdapat di pinggir jalan Cisarua yang sudah dilewati angkot. Terdapat juga beberapa alternatif yang dapat Anda ambil jika menggunakan kendaraan umum, dapat melalui Lembang, atau dari Cimahi melewati Cihanjuang dan Parongpong.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun travel dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri jalur Ciheudeung menuju ke Cisarua. Jika Anda dari pusat kota Cimahi bisa melewati Sersan Bajuri menuju arah Universitas Advent Indonesia kemudian menuju ke Terminal Parongpong.

Lokasi Curug Cimahi ini tergolong cukup mudah dijangkau baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan kondisi jalan umumnya bagus atau sudah beraspal.

Sumber : Curug Cimahi Sebuah Air Terjun yang Mempesona - sites.google.com
Foto Oleh : jabarprov.go.id

Subscribe to receive free email updates: