Gunung Patuha Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Advertisement.
Gunung Patuha Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat - yoshiewafa - Gunung Patuha adalah sebuah nama gunung yang berada di kota Bandung, Jawa Barat, pulau Jawa, Indonesia. Ketinggiannya mencapai 2.386 meter. Gunung patuha mempunyai sebuah kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Sebuah kawah yang terbentuk akibat letusan dari gunung patuha itu mempunyai dinding kawah serta air yang berwarna putih. Menurut legenda Gunung Patuha berasal dari nama Pak Tua - dan masyarakat lebih sering menyebutnya dengan julukan Gunung Sepuh (tua), suhu di kawasan gunung ini berkisar antara 8-22 derajat Celsius.

Perbedaan antara Kawah Putih di Gunung Patuha dengan kawah yang lain, jika dibandingkan dengan kawah yang ada di wilayah Jawa Barat. Danau Kawah Putih ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Yaitu air danau kawahnya yang selalu berubah-ubah warnanya. Terkadang berwarna hijau apel dan kebiru-biruan -ketika terik matahari dan saat cuaca sedang terang, terkadang bisa berwarna coklat susu juga, namun yang paling sering terlihat adalah warna putih dengan disertai kabut tebal pada bagian atas permukaan kawah. Bahkan, ketika sore hari, air danau kawah bisa pasang surut dengan tiba-tiba. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan yang ada di sekitarnya juga didominasi dengan warna putih. Karena itulah kawah itu di beri nama Kawah Putih.

Keajaiban alam pun akan terjadi, jika waktu malam hari Anda berkunjung ke Kawah Putih. Sekitar pukul 21.00, ketika langit cerah dengan dihiasi bintang-bintang, dari danau kawah putih akan terlihat pancaran cahaya terang berwarna kehijau-hijauan menghiasi kawah. Kemudian, dari bias cahaya yang berwarna hijau tersebut, membentuk sebuah lingkaran yang dapat menerangi seluruh lokasi kawah. Sementara itu aroma belerang pun akan mulai tercium, namun tidak terlalu keras.

Menurut penelitian Danau Kawah Putih yang berada di puncak Gunung Patuha ini tergolong aktif dan batasi oleh dinding bebatuan terjal pada bagian utara dan di sebelah barat masih terdapat pancaran kawah. Jika Anda ingin lebih dekat kawah bisa melewati pintu masuk yang ada di sebelah timur. Tidak jauh dari lokasi kawah ada sebuah gua buatan sedalam 5 meter.

Menuju lokasi danau Kawah Putih, dari pintu masuk sampai ke kawah jaraknya sekitar 5 km dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit, melewati jalan beraspal yang berkelok-kelok dengan pemandangan alam hutan tanaman Eucalyptus serta hutan alam dengan bermacam species hutan hujan tropis.

Daya tarik objek wisata Kawah Putih-Ciwidey, selain bisa ditempuh menggunakan kendaraan, dapat juga dicapai dengan berjalan kaki atau lintas jalan kaki sejauh 7 km dari objek wisata alam Punceuling, melewati jalan setapak hutan alam.
Kawah Putih Gunung Patuha
Kawah Putih Gunung Patuha
Kawah Putih Gunung Patuha
Kawah Putih Gunung Patuha
Kawah Putih Gunung Patuha
Kawah Putih Gunung Patuha
Foto oleh : Wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates: