Daftar Tempat Wisata di Subang Jawa Barat

Advertisement.
Daftar Tempat Wisata di Subang Jawa Barat - yoshiwafa - Beberapa objek wisata di Subang dan sekitarnya dapat Anda jadikan tujuan wisata yang menarik bersama kerabat atau keluarga. Masih di sekitar jawa barat, setelah beberapa waktu lalu saya publikasikan wisata Ciamis, wisata Tasikmalaya dan Wisata Sukabumi, sekarang menuju tempat wisata di Subang yang tidak kalah menarik.

Diantara rimbunnya perkebunan teh, yang ada diwilayah selatan kabupaten Subang mempunyai sumber mata air panas yang terus mengalir di ciater. Sari ater adalah tujuan wisata yang amat populer dikarenakan memiliki ciri khas tersendiri serta ramai pada waktu hari liburan terlebih lagi pada waktu liburan hari raya lebaran. Tidak hanya menyediakan kolam pemandian air panas saja, namun juga tersedia penginapan - penginapan yang terjangkau serta berkualitas, sehingga amat tepat untuk keluarga yang mau berlibur.

Disini juga terdapat area spa yang letaknya dekat dengan tempat wisata sari ater. disamping itu kabupaten Subang mempunyai tujuan wisata alam air terjun dengan panorama yang amat indah, yakni Curug Cijalu. walaupun pengelolaannya tergolong masih sangat sederhana, curug cijalu mempunyai daya tarik yang luar biasa dikarenakan curug ini mempunyai tujuh curug, tetapi yang dapat didatangi oleh pengunjung cuma dua curug saja, karena letaknya yang cukup dekat. Untuk curug yang lain ada di tengah-tengah hutan rimba dan cukup jauh, namun bila Anda memiliki keinginan untuk melihat ke tujuh curug tersebut mungkin dapat menjadi sebuah pengalaman yang sangat luar biasa.

Ada juga Curug Cileat yang terletak di Kecamatan Cisalak dan Curug Cibareuhbeuy yang tidak kalah eksotisnya. Gunung berapi Tangkuban Perahu yang mempunyai keindahan alam pada kawahnya dan udaranya yang sejuk.

Di Subang bagian tengah terdapat berbagai macam wisata mulai dari Wisata kuliner sampai sejarah dan budaya seperti, Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang, Gedung Wisma Karya, Museum Daerah, dan lain-lain sebagainya. Di bagian pesisir utara Subang menyajikan wisata pantai, yakni Pantai Kalapa Patimban Subang yang setiap tahunnya mengadakan Upacara Adat Nadran.

Berikut ini adalah selengkapnya, tempat wisata di Subang yang dapat Anda jadikan tempat berlibur :

Tempat Rekreasi dan Wisata Alam di Subang

Pemandian Air Panas Ciater ( Sari Ater )
Pemandian Air Panas Ciater ( Sari Ater )
Lokasi : Jl. Raya Ciater Subang, 41281
Koordinat : 6°44,271'S 107°39,162'E
Telepon : (0260) 471700, 471800, 471900
Email : marketing@sariater-hotel.com
Arah :  Dari Terminal Ledeng (Bandung), bisa menggunakan kendaraan jurusan Ledeng - Lembang, untuk kemudian dilanjutkan dengan kendaraan Lembang - Subang. Kemudian berhenti  di Jalan Cagak Kampung Ciater, sekitar 30 menit perjalanan dari terminal Lembang.
Fasilitas : Pusat informasi, hotel, restauran, taman bermain anak, mushola, tempat parkir dan kolam renang
Informasi Lebih Lanjut : Sari Ater Hot Spring Resort

Curug Cijalu
Curug Cijalu
Lokasi : Desa Cipancar, Kecamatan Sagalaherang
Telepon : (0260) 421111
Arah : Dari kota Subang + 37 km ke arah selatan, dari Bandung + 62 km ke arah utara, dari Jakarta + 157 km arah selatan via Subang.
Informasi Lebih Lanjut : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang,  Jl. Ade Irma Suryani No. 2, Subang



Capolaga Adventure Camp
Capolaga Adventure Camp
Fasilitas dan kegiatan yang dapat mendukung kegiatan rekreasi di Capolaga Adventure Camp di antaranya :

1. Out bound
2. Outing.
3. Family atau company gathering.
4. Adventure sport.
5. Tarcking dan bird watching.
6. Tea walk.
7. Lahan perkemahan.
8. Photograhy.
9. Kolam pancing.

Jarak Waktu tempuh dari Subang menuju obyek wisata ini sekitar 45 menit, dari Bandung sekitar 1,5 jam sedang dari Jakarta via tol Sadang sekitar 3 jam. Sebagian dari Kondisi jalan masih berupa jalan berbatu.

Kawah Tangkuban Parahu
Kawah Tangkuban Parahu
Salah satu objek wisata yang berada di wilayah selatan Kab. Subang, terdapat pada ketinggian 2084 m di atas permukaan laut. Keindahan alam dengan deretan kawah yang membentang serta kesejukan udara pegunungan yang khas serta hamparan gunung lain yang tinggi menjulang mengelilinginya dan banyaknya koleksi tumbuhan serta tanaman khas hutan tropis yang subur disekitar kawah, menjadikan gunung tangkuban perahu sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik di Kabupaten Subang.

Pantai Pondok Bali
Pantai Pondok Bali
Lokasi : Desa Mayangan, Kecamatan Pamanukan
Koordinat : 6°13'30" S,107°45'7" E
Telepon : (0260) 421111      
Arah : Dari Kota Subang sekitar 50 km ke arah utara, dari kota Jakarta + 153 km kea rah timur

Informasi Lebih Lanjut : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang, Jl. Ade irma Suryani no. 2, Subang.

Curug Agung / Batu Kapur
Curug Agung / Batu Kapur
Dikenal juga dengan nama Batu Kapur, terdapat di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. Berdasarkan pengalaman para pengunjung yang datang untuk berendam di kolam air panas ini, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. Fasilitas dan Tarif Selain kolam rendam air panas, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pondokan , tempat rekreasi anak, arena perkemahan dan rumah makan. Tarif masuk Rp Rp. 2.000 /orang Aksesibilitas Kondisi jalan menuju lokasi beraspal, sehingga dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4. Untuk menuju ke lokasi dapat ditempuh melalui Kecamatan Sagalaherang atau Kecamatan Dawuan. Adapun waktu tempuh yaitu dari subang (via Kec. Dawuan) sekitar 30 menit, dari Bandung (via Sagalaherang) 90 menit sedangkan dari Jakarta (via tol Sadang) sekitar 2,5 jam.

Curug Bentang
Nikmati keindahan alam Curug Bentang. Untuk menuju air terjun ini dari Bandung, Anda bisa melakukannya dengan kegiatan rekreatif seperti offroad atau motoadventure melalui sejumlah rute yang menarik – beberapa di antaranya cukup ekstrim.

Lokasi : Desa Sanca, Kecamatan Ciater
Koordinat : -6 43.9525, 107 42.0267

  • Curug Cibareuhbeuy - Kabupaten Subang
  • Curug Cileat - Kabupaten Subang
  • Desa Wisata Sari Bunihayu - Kabupaten - Subang
  • Desa Adat Wisata Wangunharja - Kabupaten Subang
  • Kampoeng Jatimas - Kabupaten Subang
  • Wisata Air Cigayonggong - Kabupaten Subang
  • Pemancingan Lembah Gunung Kujang - Kabupaten Subang
  • Sariater Spa Spring Resort - Kabupaten Subang
  • Gunung Tangkuban Parahu - Kabupaten Subang
  • Kolam Renang Ciheuleut - Kabupaten Subang
  • Waterboom Tirta Melati (pagaden) - Kabupaten Subang
  • Planet Waterboom - Kabupaten Subang
  • Penangkaran Buaya Blanakan - Kabupaten Subang
  • Pantai Kalapa Patimban - Kabupaten Subang
  • Kolam Renang Tirta Citapen - Kabupaten Subang
Tempat Wisata Sejarah, Budaya dan Religi di Subang

Gedung Wisma Karya, Subang.
Gedung ini terletak di Jl. Ade Irma Suryani, Subang. Gedung ini dibangun ketika Masa Penjajahan Belanda. Gedung ini digunakan untuk Berdansa dan berpesta ketika jaman itu. Namun sekarang gedung tersebut digunakan untuk public space dan aktivitas masyarakat Kota Subang. Di Gedung ini juga terdapat Museum Sejarah Kabupaten Subang, salah satunya patung tuan tanah, Willem Hofland.
  1. Masjid Agung Al-Musabaqoh Subang
  2. Gedung Gede / Big House
  3. Museum Rumah Sejarah Perjanjian Kalijati
  4. Museum Daerah Kabupaten Subang
  5. Museum Amerta Dirgantara
  6. Makam Raden Aria Wangsa Goparana
Wisata Kuliner Subang
  1. Oncom Dawuan
  2. Krupuk Miskin Purwadadi
  3. Nanas Simadu
  4. Olahan Nanas
  5. Gepuk
  6. Ubi Cilembu
  7. R.M. Abah
  8. R.M. Mang Yeye
  9. Nasi Liwet Mang Aca
  10. Nasi Liwet Mang Nana
  11. Keripik Pisang 69
  12. Rambutan Kalijati
Kesenian di Subang

Subang mempunyai beberapa Kesenian yang tidak dimiliki kabupaten/kota lain. Kesenian tersebut sudah berkembang di masyarakat Subang sejak Masa Penjajahan dahulu.
Berikut Kesenian dan Kebudayaan asli Kabupaten Subang :
  1. Gotong Singa / Sisingaan
  2. Gembyung
  3. Mapag Dewi Sri
  4. Nadran
  5. Ruwatan Bumi
  6. Toleat

Cukup sekian dulu jalan-jalan ke Subang nya, menyusuri berbagai macam wisata alam, budaya, seni, kuliner, religi, rekreasi dll di subang lengkap banget rasanya. Informasi di atas yoshiewafa sadur dari berbagai sumber dengan bantuan google.com tepatnya di sadur dari id.wikipedia.org, subang.go.id, Foto Oleh : disparbud.jabarprov.go.id dan lain-lain. Original Creative Commons by : yoshiewafa blog
Sumber : Daftar Tempat Wisata di Subang Jawa Barat

Subscribe to receive free email updates: