Wahana Rekreasi Kebun Binatang Bandung

by Ahmad Wafa Aminudin , at 12:18 AM
Wahana Rekreasi Kebun Binatang Bandung - yoshiewafa - Pada mulanya kebun binatang ini dikenal dengan nama Derenten (di dalam bahasa sunda, dierentuin) yang memiliki arti kebun binatang. Kebun Binatang Bandung ini didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP) pada tahun 1930, yang dipelopori Direktur Bank Dennis, Hoogland. Kebun Binatang Bandung menjadi sebuah tempat rekreasi yang didalamnya juga terdapat wahana pergelaran seni budaya, tentunya memiliki fungsi kebudayaan, yaitu agar dapat menanamkan kesadaran serta rasa cinta pada tanah air melalui pengamatan dan juga pemahaman kekayaan budaya, beserta pengamatan dan pemahaman kekayaan flora dan fauna. Wahana rekreasi yang tersedia di Kebun Binatang ini seperti
  1. Flying fox
  2. Taman bermain
  3. Kolam untuk perahu dan perahu bebek
Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung
Foto Oleh : jabarprov.go.id
Kebun Binatang Bandung juga merupakan sebuah wahana yang bisa dimanfaatkan kalangan edukatif untuk menambah ilmu pengetahuan dan untuk menghasilkan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat dan berguna untuk kehidupan masyarakat. Kebun Binatang Bandung ini juga dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai tempat keilmuan.

Kebun Binatang Bandung juga berfungsi sebagai tempat wahana flora dan fauna dikembangkan dan dilestarikan, berkomitmen menjaga serta melestarikan berbagai macam jenis satwa flora dan fauna dengan tujuan menjaga kekayaan alam. Dan mempunyai fungsi sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat.

Lokasi Kebun binatang Bandung berdampingan dengan kampus ITB dan sungai Cikapundung. Kebun binatang ini berada di atas lahan seluas 13,5 ha yang topografinya bergelombang dengan penggunaan 18,25% untuk areal perkandangan, 55,20% untuk pertamanan dan lesehan, 4,7% untuk taman ria dan kolam perahu, dan 2,4% untuk pengolahan sampah.

Sisanya digunakan sebagai bangunan kantor, museum aquarium, dan jalan. Anda dapat menikmati berbagai macam koleksi satwa yang mencapai sekitar 213 jenis, yang terdiri dari 79 jenis satwa dilindungi dan 134 jenis satwa yang tidak dilindungi dan berasal dari dalam ataupun luar negeri. Penambahan koleksi satwa ini terus diupayakan, baik yang memiliki nilai konservasi maupun nilai estetis yang menarik bagi pengunjung, khususnya yang berasal dari Indonesia.

Tanaman yang tumbuh di area kebun selain berfungsi sebagai pelindung untuk satwa dari sengatan sinar matahari dan angin, juga melindungi tanah dari air hujan serta menjadi daerah yang berfungsi sebagai paru-paru kota Bandung. Dan erupakan salah satu paru-paru Kota Bandung.

Lokasi :  Jl. Kebun Binatang No. 6, Tamansari
Koordinat : 6° 53' 37" S, 107° 36' 29" E
Arah : Dapat dicapai dengan angkutan umum jurusan Kebon Kalapa-Dago, Cicaheum-Dago, Cicaheum-Ciroyom, Panghegar-Dipatiukur, Cisitu-Tegalega, Caringin-Sadangserang, Dago - Caringin.

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung
Materi Refrensi di lansir dari wikipedia.org dengan bantuan google.com dengan foto yang di ambil dari jabarprov.go.id. Sekian ulasan tentang salah satu wisata Bandung yang dapat Anda jadikan destinasi rekreasi, semoga bermanfaat. Selamat Liburan ^_^.

Pesan : Paket Wisata Bandung
Advertisement.
Ahmad Wafa Aminudin
Wahana Rekreasi Kebun Binatang Bandung - written by Ahmad Wafa Aminudin , published at 12:18 AM, categorized as Jawa , Jawa Barat , Wisata Bandung
Comment disabled